Pemandu Wisata Asal Jember Tewas di Bukit Kingkong Bromo Saat Antar Turis Prancis

Jasad pria pemandu wisata yang tewas di Bukit Kingkong, kawasan Gunung Bromo. Foto: dok Polsek Tosari.

PASURUAN, NusantaraPosOnline.Com-Seorang pemandu wisata Adi Kusno (55) warga Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, itu ditemukan tewas di Bukit Kingkong, kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur, saat mengantarkan rombongan turis asal Prancis. Senin (2/10/2023) pagi.

Kapolsek Tosari, AKP Dedy Suryo Cahyono mengatakan bahwa berdasarkan laporan saksi, Adi dalam kondisi tak sadarkan diri sekitar pukul 04.30 WIB. Adi ditemukan tergeletak di depan warung di Bukit Kingkong atau Bukit Kedaluh, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Pria paruh baya itu ditolong petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dengan membawa ambulans untuk dibawa ke Puskesmas Tosari.

“Setelah dilakukan observasi oleh petugas Puskesmas Tosari, korban sudah dinyatakan meninggal dunia,” ujar Dedy.

Setelah meminta keterangan sejumlah saksi, didapati bawah Adi sebelumnya sempat mengantarkan empat turis asal Prancis pada Minggu (1/10/2023) sore.

Selain mengantar berkeliling wisata di kawasan TNBTS, Adi juga sempat mengantar empat turis itu menginap di Villa Bromo Tanjung, di Desa Baledono, Kecamatan Tosari, pada malam harinya.

Esok harinya, pemandu wisata dijemput sopir jip hardtop untuk kembali mengantarkan rombongan turis asal Prancis menuju arah Bukit Kingkong. “Rombongan lalu turun menuju view sunrise, lalu menemukan korban ditemukan di depan warung dalam keadaan pingsan,” jelasnya.

Meskipun begitu, polisi memastikan bahwa tidak ada bekas tanda kekerasan di tubuh Adi. Adi diduga meninggal akibat sakit yang dideritanya. “Diduga korban meninggal karena serangan sakit jantung,” Terangnya.***

Pewarta : Agus W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!