Pembangunan Pasar Pon Jombang Dikebut, Pelaksana Dan Pengawas Dihimbau Kerja Dengan Baik

Pembangunan Pasar Pon JL Cakraningrat nomer 1 Kaliwungu, Kecamatan / Kabupaten Jombang. Yang masih dalam pengerjaan.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pembangunan Pasar Pon  Jombang terus dikebut.  Seiring dengan itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang, meminta kepada kontraktor pelaksana dan pengawas bekerja dengan baik.

Proyek Pembangunan pasar Pon di Jl Cakraningrat nomer 1, Kaliwungu, Kecamatan / Kabupaten Jombang ini, di menangkan oleh  CV. Satu Jaya Dengan nilai kontrak Rp 3,971 miliar.

”Minggu kesembilan ini sudah masuk progres 30 persen pekerjaan fisik. Dan minggu depan (26 September 2022) masuk minggu ke sembilan, pengerjaan dilapangan terus kita kebut. Agar pembangunan ini selesai tepat waktu dan tepat mutu.” Kata Hari Oetomo Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Jombang. Saat di hubungi nusantaraposonline.com. Sabtu (24/9/2022).

Hari menerangkan, sesuai perencanaan, nantinya wajah Pasar Pon akan mengalami perubahan cukup signifikan. Salah satunya kegiatan pembangunan puluhan kios dan los pedagang.

”Rinciannya ada 174 kios, terang Hari. Saat ini bangunan kios lama sudah rata dengan tanah. Termasuk jaringan listrik di bangunan lama juga sudah dipindahkan. Proses pembongkaran berjalan lancar. Jadi saat ini tengah fokus kepada pekerjaan fisiknya, dan kini pengerjaan dilapangan sedang berjalan.” tandas Hari.

Kami berharap kepada kontraktor pelaksana bisa bekerja dengan baik, sambung Hari, tepat waktu tepat mutu, sesuai dengan sekejul dengan mengacu kepada spek, RAB, dan rencana gambar proyek yang sudah ada.

“Selain itu kami minta kepada konsultan pengawas, agar berani tegas. Mana kala ditemukan pelaksana menyalahi spek atau bahan matrial tidak sesuai, pengawas harus berani menolak, atau menyangga atau membatalkan. Bila perlu kalau ada kesalahan fatal dibongkar. Karena itu tugas pengawas.” Tandas Hari.

Sementara itu, Yustinus Haris Eko Prasetijo, kepala Bidang Sarana Perdagangan dan barang pokok penting Disdagri Kabupaten Jombang mengatakan, pada minggu ke sembilan rencana progres 29,2 persen. Sedangkan pekerjaan dilapangan terealisasi 30 persen.

“Besok pagi yaitu Senin (26/9/2022) masuk termin pertama, progres 30 persen sehingga bisa menyerap termin pertama.” Terang Haris. Sabtu (24/9/2022).

Menurut Haris, hingga saat ini pelaksanaan di lapangan berjalan lancar sesuai target. Pedagang komoditas basah yang terdampak proyek sudah menempati lapak sementara di depan pasar Pon. Sementara pedagang hewan atau ayam sudah pindah permanen menempati pasar hewan di Kecamatan Peterongan.

“Untuk kios dipasar pon ada 174, dan untuk pedagang ayam ada sekitar 130 dan saat ini sudah pindah ke pasar hewan di Peterongan sekitar 130 pedagang, yang di pusatkan di pasar hewan Peterongan.” Ujar Haris.

Jadi untuk mengacu pada pasar sehat, dipasar Pon tidak lagi di campur dengan pedagang ayam atau yang sejenisnya, semua murni pedagang sayur mayur. Pungkas Haris.

Ditempat terpisah, pelaksana lapangan dari CV. Satu Jaya, Andi mengatakan progres pekerjaan dilapangan sudah plus 30 persen.

“Jumlah pekerja di lapangan saat ini ada 15 pekerja. Tapi, nanti jika sudah diperlukan kita akan tambah lagi pekerjanya. Sampai hari ini, pekerjaan dilapangan berjalan lancar.”  Kata Andi, dilokasi proyek. Sabtu (24/9/2022).

Andi juga menyebutkan, bahwa pihaknya, optimis bisa menyelesaikan pekerjaan pembangunan pasar pon bisa diselesaikan pada awal Desember ini. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!