godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Juni 20 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Gongseng Jombang Sukses Laksanakan BSPS 2020
Suasana kekompakan Pemdes Gongseng. Kepala desa Gongseng, Ahmad Supriyadi (duduk nomor dua dari kiri) berpose bersama perangkat desa, didepan kantor desa setempat.

Pemdes Gongseng Jombang Sukses Laksanakan BSPS 2020

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Meski ditengah masa pandemi COVID-19 pelaksanaan program Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2020 atau bedah Rumah tidak layak huni (RTLH) didesa Gongseng, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa timur tetap berjalan lancar, dan sukses dilaksanakan.

Hal ini terbukti, terdapat 70 RTLH milik warga setempat berhasil diperbaiki, atau direhab dengan program BSPS 2020.

Salah satu rumah warga dusun Gongseng II, desa Gongseng yang telah selesai direhab atau dibangun dengan program BSPS 2020. Selasa (3/11/2020)

Kepala desa Gongseng, Ahmad Supriyadi, mengatakan tahun ini Desa Gongseng, mendapat alokasi BSPS atau bantuan bedah rumah, yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan.

“Tahun ini Desa Gongseng mendapat bantuan bedah rumah, untuk 70 rumah warga tidak layak huni menjadi layak huni. Bantuan ini melalui program BSPS tahun 2020 dari Kementerian PUPR. Adapun nilai bantuan sebesar Rp 17,5 juta / unit rumah. Didesa Gongseng mendapat jatah 70 unit RTLH dengan sumber dana APBN.” Kata Ahmad Supriyadi. Selasa (3/11/2020)

Lebih lanjut ia menjelaskan, bantuan BSPS sebesar Rp 17,5 juta tersebut, perincianya Rp 15 juta untuk bahan material, dan Rp 2,5 juta untuk biaya ongkos tukang. Pencairan bantuan bedah rumah tersebut langsung masuk kerekening penerima bantuan. “Penerima bantuan mendapatkan buku rekening dari bank yang sudah ditunjuk, yang telah terisi saldo sebesar Rp 17,5 juta. Uang tersebut tidak bisa dicairkan secara tunai oleh penerima bantuan, uang bantuan BSPS hanya bisa dibelanjakan ditoko material bangunan yang sudah ditunjuk.” Ujarnya.

Pelaksanaan bedah rumah, di desa Gongseng saat ini sudah selesai 100 persen, 70 RTLH yang dibangun tersebut sudah  bisa dirasakan manfaatnya oleh warga penerima bantuan.

“Program BSPS ini sangat bagus, untuk peningkatan kualitas rumah warga dan membangun baru rumah masyarakat. Warga penerima bantuan sangat senang telah mendapatkan bantuan bedah rumah. Sehingga rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni. Tak hanya itu program BSPS dari Kementrian PUPR ini juga memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat desa Gongseng, yang berpenghasilan rendah yang terdampak Pandemi COVID-19. Karena program ini menyerap tenaga kerja, atau tukang bangunan.” Tuturnya.

Salah satu rumah warga desa Gongseng I yang telah selesai direhab atau dibangun dengan program BSPS 2020. Selasa (3/11/2020)

Ahmad Supriyadi, mewakili pemerintah desa Gongseng, dan warga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait, yang telah memberikan bantuan BSPS untuk warga desa Gongseng.

Khususnya kepada Kementrian PUPR, Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Jombang, dan kepada anggota komisi V DPR RI Hj. Sadarestuwati, yang telah mengupayakan desa Gongseng, untuk mendapatkan program BSPS 2020.

Selain itu Kades Gongseng, juga berharap tahun depan desa Gongseng, mendapatkan BSPS atau yang sejenis. “Karena didesa Gongseng masih banyak RTLH yang belum tesentuh program bedah rumah.” Ujarnya.

Sementara itu Tolib, warga dusun Gongseng II yang juga penerima BSPS 2020, ia mengatakan bantuan BSPS yang ia terima sebesar Rp 17,5 juta, sudah ia terima, dan sudah direalisasikan untuk pembangunan rumah.

“Saya tidak menyangka akan mendapatkan BSPS. Dengan bantuan BSPS ini saya bisa membangun rumah, yang tadinya tak layak huni, kini berkat BSPS saya dan keluarga bisa tinggal dirumah yang layak huni dan sehat.” Kata Tolib.

Tolib, mengaku warga penerima bantuan sangat senang, atas bantuan bedah rumah tersebut. “Kami penerima bantuan, sangat senang, dan berterima kasih kepada Pemdes Gongseng, dan dinas terkait lainya, yang telah memberi kami bantuan untuk bedah rumah. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi keluarga kami.” Ujarnya. (Snt/Ris)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!