godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 29 2020
Home / Pemerintah / Pemdes Jarak Kulon Gunakan Dana Desa Tahap Tiga Bangun Infrastruktur Pertanian Dan LPJU
Kepala dusun Santren M.Romadhon, dilokasi proyek saluran irigasi, yang dibiayai DD 2019 tahap tiga. Foto : Sinta

Pemdes Jarak Kulon Gunakan Dana Desa Tahap Tiga Bangun Infrastruktur Pertanian Dan LPJU

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa Jarak kulon, Kecamatan Jogoroto, kabupaten Jombang, Jawa timur, memanfaatkan Dana desa (DD) tahap tiga tahun 2019 untuk membangun infrastruktur pertanian, berupa saluran irigasi, dan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Kades Jarak kulon Ihwan muslimin, bersama istri, dalam suatu acara. Foto : Dok Desa Jarak Kulon

Kepala desa (Kades) Jarak kulon, Ihwan Muslimin, mengatakan pihaknya memfokuskan pengunaan DD tahap tiga tahun 2019 untuk membangun infrastruktur pertanian berupa saluran irigasi di dusun Jarak.

“Setiap hujan lebat dengan intensitas tinggi menyebabkan banyak genangan air hujan di pemukiman warga, sehingga membuat warga tidak nyaman, oleh karena itu DD tahap tiga kita gunakan untuk pembangunan saluran irigasi.” Kata Ihwan Muslimin.

Menurutnya, pembangunan saluran irigasi tersebut bertujuan untuk mengalirkan genangan air hujan dipemukiman warga, dan untuk melancarkan saluran irigasi menuju kelahan pertanian milik warga, agar air hujan tersebut dapat bermanfaat buat mengairi lahan pertanian atau sawah warga.

MEMBANGUN DESA : Kepala dusun Santren M.Romadhon, dilokasi proyek saluran irigasi, yang dibiayai DD 2019 tahap tiga. Foto : Sinta

Selain membangun saluran irigasi, DD tahap tiga 2019 tersebut juga digunakan untuk pengadaan dan pemasangan LPJU yang berlokasi dua lokasi, yaitu di tepi jalan desa Jarak sebanyak 43 titik, dan di Dusun Dongeng sebanyak 10 titik.

“Pembangunan saluran irigasi tersebut menelan Dana desa Rp 152.100.000, dan untuk pengadaan dan pemasangan LPJU menelan dana Rp 97 juta, termasuk pajak. Kami mengunakan DD berdasarkan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat, seperti pembangunan saluran irigasi,  dan pengadaan dan pemasangan LPJU yang tersebar di Desa Jarak kulon, ini sangat di butuh kan oleh masyarakat desa kami dan juga dapat menunjang di bidang pertanian dan perekonomian petani.” Tuturnya.

Lebih lanjut Ihwan Muslimin, mengatakan, dengan adanya pembangunan saluran irigasi bisa mengurangi genangan air hujan di pemukiman warga, dan air hujan bisa dialirkan kelahan pertanian bisa bermanfaat bagi pertanian warga.

LPJU : Kepala dusun Santren M.Romadhon, dilokasi proyek LPJU di tepi jalan desa Jarak kulon, yang dibiayai DD 2019 tahap tiga.

Sekertaris desa Jarak kulon,  Firqoh Al Aini, mengatakan pelaksanaan pengerjaan saluran irigasi, dan pengadaan juga pemasangan LPJU dilaksanakan secara swakelola, dengan skema padat karya tunai. “Pelaksanaan dilapangan dilaksanakan oleh ketua Tim pengelola kegitan (TPK) yaitu kepala dusun masing-masing. Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar, pada awal 2020 bangunan saluran irigasi dan LPJU sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga setempat.” Kata Firqoh Al Aini, di kantor desa Jarak kulon.

Ia menambahkan, tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas bantuan DD tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat maupun kabupaten Jombang, yang telah mengulirkan DD bantuan ini banyak membawa manfaat, untuk pembangunan infrastruktur desa kami.” Kata Firqoh Al Aini. (Ris/Snt)

Check Also

Pemdes Jogoroto Salurkan BLT Rp 600 Ribu Dari Dana Desa, Kepada 148 KK

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pendemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Jogoroto, Kecamatan Jogoroto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!