godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , April 20 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Jogoroto Siap Jalankan Program CAK NGATESO, Warga Bisa Buat KK Hingga Akta Dikantor Desa
Arifin (batik abu-abu) petugas Bidang pengelolaan administrasi informasi kependudukan, Disdukcapil Jombang, mendampingi perangkat desa Jogoroto, dalam uji coba pelayanan Adminduk didesa setempat. Kamis (18/3/2021)

Pemdes Jogoroto Siap Jalankan Program CAK NGATESO, Warga Bisa Buat KK Hingga Akta Dikantor Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Jogoroto, Kecamatan Jogoroto, Jombang, mendukung dan sudah siap dalam melaksanakan program Cak Ngateso (Cetak pengajuan teko desa) dari  Dispendukcapil Pemerintah Kabupaten Jombang.

Kepala desa (Kades)  Jogoroto, Sodirin, mengatakan program Cak Ngateso, ini sangat baik, karena mempemudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada warga desa Jogoroto.

“Jadi Pemdes Jogoroto, mendukung program ini, dan kami siap melaksanakan program Cak Ngateso. Saat ini kesiapan semua infrastruktur sudah siap, dan petugas kami (perangkat desa) sudah mendapat bimtek dari Pemkab Jombang, untuk menjalankan program ini.” Kata Sodirin. Diruang kerjanya. Kamis (18/3/2021).

Kepala desa Jogoroto, Sodirin

Sodirin, menjelaskan, pelaksanaan program Cak Ngateso, awal Maret 2021 sudah mulai dilakukan ujicoba pengoperasian peralatan atau perangkat IT nya. “Pada awal Maret 2021 sudah kita lakukan uji coba atau pengecekan fungsi alat-alat IT nya. Insha Allah, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada warga desa Jogoroto, sudah bisa kita layani dikantor desa setempat.” Ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan diberlakukanya program Cak Ngateso di desa Jogoroto ini. Masyarakat sudah bisa mengurus dokumen kependudukan, seperti KK, dan akta di kantor desa. “Saat ini Pemdes Jogoroto sudah bisa mencetak dokumen kependudukan sendiri dikantor desa. Jadi warga tidak perlu lagi jauh-jauh antri mengurus akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, atau kartu keluarga di kantor Dispendukcapil Jombang. Dengan program Cak Ngeteso pelayanan pengurusan KK dan Akta semakin mudah, cepat dan dekat.” Kata Kades Jogoroto.

Semakin cepat dekat pelayanan, kami berharap kepada masyarakat tak lagi malas mengurus Adminduk kependudukan. Misal ada yang meninggal dunia atau melahirkan kami minta tolong agar segera diurus dikantor desa.

“Pemdes Jogoroto, saat ini sudah siap melayani warga yang akan mengurus KK dan akta. Program ini sudah berlaku awal Maret 2021, dan untuk waktu pelayanan Senin – Jum’at, mulai pukul 08.00 – 15.00. Kita akan lakukan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada warga.”  kata Kades. 

Suasana uji coba dan kesiapan dikantor Pemdes Jogoroto, dalam melaksanakan program Cak Ngateso. Kamis (18/3/2021)

Ditempat yang sama, Arifin, salah seorang petugas Bidang pengelolaan administrasi informasi kependudukan, Disdukcapil Jombang,  Arifin, mengatakan program Cak Ngateso, sudah dijalan kan oleh beberapa Desa di Kabupaten Jombang, untuk percontohan tahap awal setiap Kecamatan diambil dua Desa, dan khusus untuk Kecamatan Jogoroto diambil 3 Desa, salah satunya Desa Jogoroto.

“Cak Ngateso bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Dan Pemdes bisa mencetak sendiri KK dan Akta. Teknis percetakan di desa, dimulai dari pemohon hingga scan data. Kemudian di-upload dan diterima Dispendukcapil. Selanjutnya di cek Dispendukcapil, misal ada pending akan beri keterangan. Jadi semua tahapannya terlampaui semua hingga validasi di kabid, sampai nanti tanda tangan digital kepala Dispendukcapil’’ Kata Arifin.

Setelah tanda tangan digital sudah terverifikasi pusat, maka hasilnya dikirim ke desa. Baru Pemdes bisa mencetak. “Program Cak Ngateso, bisa memangkas waktu. Karena selama ini, sebelum data diterima Dispendukcapil, harus melewati Kecamatan terlebih dahulu.

“Selama ini dari desa ke kecamatan dahulu, karena masih ada proses upload. Sekarang kecamatan sudah dipangkas, dari desa dikirim ke Dispendukcapil. Cetaknya juga sudah di desa. Jadi termasuk desa Jogoroto ini, sudah menjalankan Cak Ngateso, sudah bisa mencetak sendiri KK dan akta. Dan warga bisa mengurus KK dan Akta di kantor desa.” Terang.

Suasana uji coba dan kesiapan dikantor Pemdes Jogoroto, dalam melaksanakan program Cak Ngateso. Kamis (18/3/2021)

Sementara itu Kasi pemerintah Kecamatan Jogoroto, Dra. Endang herminiati Msi, mengatakan program ini bertujuan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan desa kepada masyarakat supaya masyarakat tidak jauh-jauh untuk ke Disdukcapil dan ke Kecamatan.

“Untuk kecamatan Jogoroto, sudah ada tiga desa yang sudah menjalankan program Cak Ngateso, yaitu Desa Jogoroto, Sumbermulyo, dan Jarakkulon. Jadi saat ini warga tiga desa ini bisa mengurus Kartu keluarga, akta lahir, akta kematian, atau surat pindah dan dokumen kependudukan lainnya, dikantor desa. Dan desa sudah bisa mencetak sendiri KK dan akta.” Kata Endang, dikantor desa Jogoroto, saat mendampingi perangkat desa dalam melaksanakan program Cak Ngateso. Kamis (18/3/2021).  

Endang, menambahkan, kalau dulu warga yang mengurus KK atau akta, harus datang ke kantor desa, Kecamatan, dan Disdukcapil. Sekarang tidak lagi, warga cukup datang ke kantor desa. “Jadi ini adalah terobosan baru Pemkab Jombang, dalam mempermudah pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya.” Ujarnya. (Rin)

Check Also

Bupati Jombang Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur  menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!