Pemdes Kabuh Jombang Bangun Jalan Rabat Beton Dari BKK 2023

Jalan lingkungan jenis rabat beton Dusun Ngepung, desa Kabuh, Kabupaten Jombang, yang sudah selesai dibangun. Dengan BKK dari APBD Jombang 2023.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Kabuh, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, tahun 2023 ini membangun jalan lingkungan berupa jalan rabad beton, yang dibiayai dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari APBD Jombang tahun anggaran 2023.

Jalan yang dibangun tersebut berlokasi di Dusun Ngepung, desa Kabuh, Kabupaten Jombang, dengan panjang 158 meter, tebal 15, lebar 3 meter. Akses jalan yang dibangun ini, untuk mendukung aktifitas perekonomian warga.

Kepala Desa Kabuh Budiono mengatakan Pembangunan jalan tersebut, menelan dana sebesar Rp 100 juta, bersumber dari BKK dari APBD Jombang tahun 2023. Pengerjaan dimulai pada awal Mei 2023, dan pada akhir Mei 2023 bangunan sudah selesai 100 persen, dan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara swakelola, dengan skema Padat karya tunai (PKT), tenaga kerja diambilkan dari warga sekitar. Jadi proyek jalan ini bisa menyerap tenaga kerja dari warga setempat. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam bentuk upah kerja.” Kata Budiono. Jumat (7/7/2023).

Suasana saat pengerjan jalan rabat beton Dusun Ngepung, desa Kabuh, Kabupaten Jombang, yang sudah selesai dibangun.

Ia menjelaskan, tujuan pembangunan jalan rabad beton itu, untuk menunjang aktifitas warga sehari-hari, mulai dari aktifitas perekonomian, pertanian, perdagangan, pendidikan dan lain-lain.

“Saya berharap, semoga pembangunan ini, dapat mensejahterakan masyarakat khususnya warga desa Kabuh, dan dapat memajukan desa dalam segala bidang.” Ujarnya.

Kades Kabuh pun, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya yang telah memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa yang ia pimpin.

Selain itu Budiono, juga mengucapkan terimakasih kepada Kartiyono anggota DPRD kabupaten Jombang dari Partai PKB dapil 5. Yang telah mengupayakan agar desa Kabuh mendapat Bantuan Keuangan Khusus (BKK) selama 3 tahun berturut-turut, yakni sejak 2021 – 2023 ini.

“Bantuan BKK ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, untuk pembangunan infrastruktur di desa Kabuh agar terus meningkat.” Ujarnya.

Terpisah, ketua TPK Desa Kabuh, Fuad Wijaya mengatakan, pembangunan jalan rabad beton tidak lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Desa Kabuh.

“Dalam mengerjakan proyek jalan ini, kami mengutamakan kualitas hasil pekerjaan, agar jalan yang kita bangun bermutu bagus, dan masa pengunaan bangunan juga bisa bertahan lama.” Ujarnya.

Fuad mengaku pembangunan ini disambut positif oleh warga setempat, warga merasa senang atas pembangunan jalan tersebut.

Karena, sebelumnya jalan tersebut tidak nyaman untuk dilewati, namun berkat bantuan dari program BKK tahun ini jalan tersebut bisa dibangun, menjadi bagus. Ujar Fuad.

Sementara itu, Kartiyono anggota DPRD Kabupaten Jombang mengatakan, ia membawa program BKK ke Desa Kabuh selama 3 tahun berturut-turut, hal ini berdasarkan usulan atau aspirasi, dan kebutuhan warga Desa Kabuh.

Dikatakanya, untuk memastikan realisasi bangunan fisik di Desa Kabuh, yang dibiayai dari BKK ini agar tepat sasaran, dirinya selalu melakukan pemantauan langsung kelapangan.

“Meninjau langsung ke lokasi pembangunan itu penting saya lakukan. Untuk memastikan program BKK di Desa Kabuh ini, dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan standar operasional (SOP) yang telah ditetapkan, dan dapat di pertanggungjawabkan.” Kata Kartiyono, saat meninjau langsung  hasil pembangunan jalan rabat beton di Desa Kabuh. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!