godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Juni 20 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Kauman Bangun Saluran Irigasi, Melalui Program Jombang Berkadang 2020
Suasana saat pengerjaan saluran irigasi di dusun Sekaru, Desa kauman, yang dibiayai dari program ‘Jombang Berkadang 2020.

Pemdes Kauman Bangun Saluran Irigasi, Melalui Program Jombang Berkadang 2020

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Program Jombang Berkadang (Berkarakter dan Berdaya Saing)  yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Jombang, mulai membuahkan hasil. Salah satu contohnya dapat dilihat di Desa Kauman, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Pemerintah desa (Pemdes) tersebut, berhasil membangun saluran irigasi mengunakan dana program Jombang Berkadang 2020.

Suasana saat pengerjaan saluran irigasi di dusun Sekaru, Desa kauman, yang dibiayai dari program ‘Jombang Berkadang 2020.

Kepala Desa (Kades) Kauman, Riyanto, menjelaskan tahun 2020 desa Kauman mendapat bantuan program Jombang Berkadang, yang bersumber dari APBD Jombang 2020, sebesar Rp 96.480.000. Dana tersebut kita gunakan untuk membangun saluran irigasi sepanjang 138 meter, ketingian 160 Cm (termasuk pondasi).

“Bangunan saluran irigasi ini untuk melancarkan pengairan lahan pertanian di Dusun Sekaru, desa Kauman. Bangunan terbuat dari bahan cor bertulang, jadi bangunan tersebut sangat kuat.  Pengerjaan dimulai, pada 2 Desember 2020, karena dana bantuan tersebut baru cair akhir November 2020, dan pada awal Januari 2021 bangunan sudah selesai 100 persen.” Terang Riyanto. Senin (4/1/2021).

Riyanto memastikan, bahwa pekerjaan dilaksanakan secara swakelola, dan seluruh pekerja yang dikerahkan untuk membangun saluran irigasi itu merupakan warga asli Desa Kauman. “Kami memperkerjakan warga kami yang memang tidak mampu, dan mempunyai tekad membangun desa agar lebih baik. Ini dilakukan secara swakelola sebagai wujud pemberdayaan warga,” ucap Riyanto kepada NusantaraPosOnline.Com.

Bangunan saluran irigasi di dusun Sekaru, Desa kauman, yang sudah selesai dikerjakan, dibiayai dari program ‘Jombang Berkadang 2020’. Senin (4/1/2020)

Riyanto mengaku merasakan langsung manfaatnya program Jombang Berkadang 2020 dari APBD Jombang. Menurut dia, selain untuk membangun infrastruktur desa, adanya bantuan dana melalui program Padat Karya Tunai ini juga menumbuhkan kesadaran warga untuk membangun desa secara mandiri.

Dia berharap pada tahun mendatang pemerintah tetap memberikan bantuan untuk kembali membangun saluran irigasi di sejumlah titik lain. “Kami masih fokus pada saluran irigasi yang rencananya akan kami bangun di beberapa lokasi lain, karena di desa Kauman mayoritas warganya menggantungkan hidup dari bertani.” ucap dia.

Program Jombang ‘Berkadang’ 2020 ini bertujuan untuk membantu desa melalui mekanisme bantuan keuangan, yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dengan bentuk pembangunan fisik / belanja fisik jides (jaringan irigasi) desa dari Pemkab Jombang.

“Atas nama Pemdes Kauman, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, dinas Pertanian Jombang, dan dinas terkait lainya, yang telah memberikan bantuan program Jombang ‘Berkadang 2020’ bantuan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktifitas lahan pertanian. Karena bisa membantu mengatasi kekurangan pasokan air dilahan pertanian.” Ujarnya.

Suasana saat pengerjaan saluran irigasi di dusun Sekaru, Desa kauman, yang dibiayai dari program ‘Jombang Berkadang 2020.

Saya berharap agar pembangunan saluran irigasi ini bisa membawa manfaat bagi pertanian warga, dan bisa memakmurkan warga. Imbuhnya.

Sementara itu, ketua Panitia pelaksanaan program ‘Jombang Berkadang 2020’ Desa Kauman, Jumadi, mengatakan pelaksanaan pembangunan mulai dilaksanakan 2 Desember 2020 sudah menjelang akhir tahun 2020, karena dana bantuan baru cair menjelang akhir tahun. Oleh karena itulah kita kerjakan diakhir tahun 2020. Dan pada awal Januari 2020 bangunan sudah selesai 100 persen.

“Pengerjaan pembangunan kita mengutamakan mutu hasil pekerjaan. Bangunan tersebut mengunakan bahan cor bertulang. Agar bangunan bisa kuat dan bisa tahan lama. Untuk tenaga kerja kita ambilkan dari warga setempat. Agar upah kerja yang besarnya kisaran 30 persen dari nilai proyek, bisa dinikmati warga desa Kauman sendiri. Apalagi saat ini masih masa pandemi Covid-19 warga sulit mencari kerja.” Kata Jumadi.

Menurut Jumadi, program ‘Jombang Berkadang 2020’ ini disamping bisa bermanfaat untuk lahan pertanian desa Kauman, juga bisa menyerap tenaga kerja dari warga setempat. Jadi bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga desa Kauman. Ujarnya. (Ris/Snt)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!