godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Juni 22 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Kauman Jombang Bangun Jalan Rabad Beton Dari Dana Desa
PEMDES : Suasana kekompakan Kades Kauman Riyanto, berpose bersama perangkat desa setempat. Foto : Sinta

Pemdes Kauman Jombang Bangun Jalan Rabad Beton Dari Dana Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Kauman, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, membangun jalan rabad beton yang dibiyai dari Dana Desa (DD) tahun 2019.

Kades Kauman, Riyanto, mengatakan sejak akhir tahun 2019 hingga awal 2020 Pemdes kauman membangun jalan rabad beton, berlokasi di empat titik atau lokasi, yakni dua titik berlokasi di Dusun Sekaru, yakni : Titik pertama sepanjang 206 m dan lebar 4,2 m; dan  untuk titik kedua sepanjang 76,5 m dan lebar  3 m, menelan biaya Rp 298 juta.

FOKUS JALAN : Suasana saat pengerjaan jalan rabad beton di Dusun Kauman, yang dibiayai dari DD tahap tiga tahun 2019. Foto : Sinta

Sedangkan yang dua titik berada di Dusun Njlumpang, sepanjang 181 dan lebar 4,2 m anggaran Rp 238 juta; dan di Dusun Kauman sepanjang 219 m x 4,2 m anggaran Rp 250 juta. “Pembangunan jalan tersebut bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi warga masyarakat serta memperlancar aktifitas warga masyarakat sekitar.” Kata Riyanto.

Riyanto mengaku, pembangunan tersebut berdasarkan usulan dan hasil musyawarah warga. Jadi warga sangat senang dengan adanya pembangunan jalan tersebut. Karena warga sudah lama mengharapkan pembangunan jalan tersebut.

FOKUS JALAN : Salah satu titik Jalan rabad beton di Dusun Kauman, yang dibiayai dari DD tahap tiga tahun 2019. Foto : Sinta

“Berkat DD 2019 pembangunan dapat terwujud. Saya sangat berharap pembangunan jalan ini bisa banyak membawa manfaat untuk warga. Atas nama pemerintah desa Kauman, kami mengucapkan terima kasih, kepada pihak terkait yang telah mengalokasikan DD kedesa Kauman. Bantuan DD ini sangat membantu pemerintah desa dan masyarakat dalam membangun infrastruktur di desa. Selain itu kami juga berharap pemerintah terus mengulirkan program DD ini.” Ujarnya.

Sementara itu ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) DD desa Kauman, Didik, mengatakan pengerjaan jalan tersebut sempat terhambat, karena DD tahap tiga 2019 baru cair diakhir tahun 2019. “Oleh karena itulah kita terpaksa mengerjakan diakhir tahun. Untuk pengerjaan memakan waktu sekitar dua bulan. Saat ini bangunan jalan tersebut sudah rampung, dan sudah digunakan oleh warga.” Kata Didik.

FOKUS JALAN : Suasana saat pengerjaan jalan rabad beton di Dusun Kauman, yang dibiayai dari DD tahap tiga tahun 2019. Foto : Sinta

Pengerjaan proyek dilaksanakan dengan sestim swakelola, dan Padat karya tunai, dalam artian tenaga kerja kita ambilkan dari warga setempat. Ini sebagai wujud pemberdayaan masyarakat. “Dilakukan sistem padat karya tunai, agar upah kerja yang nilanya kisaran 30 persen dari nilai proyek dapat dinikmati warga.” Ucapnya.

Lebih lanjut Didik, mengajak kepada warga, agar sama-sama menjaga bangunan infrastruktur desa yang sudah ada. Agar masa pengunaannya bisa bertahan lama. (Snt/Ris)

Check Also

Covid-19 Meningkat, Pemprov DKI Jakarta Akan Tindak Kegiatan Lewat Pukul 9 Malam

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan akan menindak pihak yang melakukan kegiatan di DKI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!