Pemdes Kedungmlati Jombang Realisasikan DD Bangun Drainase, TPJ dan Dueker

PEMBANGUNAN : Bangunan Tembok penahan jalan (TPJ) berlokasi disepanjang tepi jalan pertanian, di Desa Kedungmlati. Dibangun dari Dana Desa tahun 2024. Rabu (29/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungmlati Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, Jawa timur terus melakukan upaya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa.

Kepala Desa (Kades) Kedungmlati, Jombang, Mariyati SPd mengatakan, baru-baru ini, Pemerintah desa Kedungmlati, Jombang, melaksanakan enam paket kegiatan pembangunan fisik, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2024.

Ia merincikan enam paket kegiatan tersebut, diantaranya adalah pembangunan saluran drainase lingkungan jenis cor bertulang di Dusun Krandegan, panjang 199 meter,  anggaran Rp  92.500.000; Pembangunan saluran drainase lingkungan jenis cor bertulang di Dusun Kedungmlati, panjang  262 meter,  anggaran Rp  70.641.000; dan pembangunan TPJ (Tembok penahan jalan) 2 sisi jenis pasangan batu, panjang 48 meter anggaran Rp 43.313.000.

Proyek drainase disepanjang tepi jalan lingkungan, di Desa Kedungmlati. Yang dibiayai DD 2024. Rabu (29/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

“Selanjutnya pembangunan duiker di Dusun Krandegan, panjang 7 meter anggaran Rp 8 Juta; Pembangunan duiker di Dusun Kedungmlati, panjang 6 meter anggaran Rp 16.500.000; dan kegiatan Normalisasi saluran drainase di desa Kedungmlati volume 850 meter anggaran Rp 30 juta.” Kata Kades Mariyati. Rabu (29/5/2024).

Menurut Mariyati, enam paket kegiatan tersebut, merupakan bagian komitmen Pemdes Kedungmlati untuk meningkatkan pembanguan infrastruktur desa, untuk terus membangun Desa Kedungmlati agar lebih baik lagi.

“Pembangunan enam paket kegiatan tersebut, merupakan usulan dari masyarakat yang disampaikan melalui Musyawarah Desa atau Musdes, yang melibatkan Pemdes, BPD, RT, RW, dan unsur masyarakat. Jadi pembangunan ini juga untuk merespon aspirasi dari warga.” Ujar Kades Kedungmlati.

Proyek Tembok penahan jalan (TPJ) disepanjang tepi jalan pertanian, di Desa Kedungmlati. Yang dibiayai DD 2024. Rabu (29/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

Pengerjaan proyek drainase, TPJ, Dueker, dan kegiatan normalisasi drainase dari Dana Desa ini, dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Kedungmlati. Mulai dikerjakan awal April 2024. Saat ini pekerjaan sudah selesai 100 persen. Pengerjaan proyek ini berjalan lancar, berkat dukungan dari warga setempat.

Kades Mariyati juga menjelaskan, pembangunan proyek drainase, TPJ, Dueker serta kegiatan normalisasi drainase ini merupakan upaya Pemdes Kedungmlati untuk meningkatkan kualitas jalan lingkungan, karena keberadaannya bangunan tersebut berlokasi ditepi jalan lingkungan dan jalan pertanian.

“Keberadaan drainase, TPJ, Dueker yang kami bangun saat ini, sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan air saat musim hujan dan memperkuat badan jalan, agar memperpanjang usia penggunaan jalan lingkungan.” Terang Kades Kedungmlati.

Kades Kedungmlati, juga berharap agar pembangunan ini, dapat meningkatkan kesejateraan warganya.

Proyek drainase disepanjang tepi jalan lingkungan, di Desa Kedungmlati. Yang dibiayai DD 2024. Rabu (29/5/2024). (FOTO : Dok koran Nusantara Pos / Rurin).

“Dengan pembangunan infrastruktur desa yang baik. Kami berharap dapat membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi warga. Kami mengharapkan pembangunan ini bisa membawa banyak manfaat bagi warga.” Ungkapnya.

Sementara itu, ketua TPK Desa Kedungmlati, Soman mengatakan, pengerjaan pembangunan drainase, TPJ, dueker, dan normalisasi drainase yang dibiayai dari DD 2024 tersebut, mulai dikerjakan pada awal April 2024, dikerjakan secara bertahap. Saat ini semua pekerjaan sudah selesai 100 persen.

“Pengerjaan dilaksanakan secara swakelola, tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan warga. Alhamdulillah dari awal sampai selesai pengerjaan berjalan lancar. Hal ini berkat kekompakan TPK, Pemdes, BPD, dan dukungan warga setempat.” Ujar Soman. Rabu (29/5/2024).

Pembangunan ini disambut gembira dan tanggapan positif oleh masyarakat sekitar. Karena pembangunan ini, merupakan usulan dari warga. Berkat dana desa tahun 2024 ini. Usulan warga bisa terwujud. Imbuhnya.***

Pewarta : RURIN

Simak Vidio : Pemdes Kedungmlati Membangun Desa, Melalui DD 2024

Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungmlati Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, Jawa Timur melaksanakan 6 paket kegiatan pembangunan infrastruktur desa. Yakni : Proyek drainase jalan lingkungan sebanyak 2 titik, Tembok penahan jalan (TPJ) pertanian, Dua titik bangunan Dueker,  dan kegiatan normalisasi drainase. Kegiatan ini dibiayai dari Dana Desa 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!