Kades Tanjungwadung Komitmen Wujudkan Desa Peduli Anak Bersama Pj Bupati Jombang

Kades Tanjungwadung Komitmen Wujudkan Desa Peduli Anak Bersama Pj Bupati Jombang Sugiat.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Upaya Pemerintah Kabupaten Jombang dalam menyiapkan generasi bangsa menuju Indonesia emas selalu digiatkan.

Guna menyukseskan misi ini, Pj Bupati Jombang Sugiat, mencanangkan Desa Peduli Pendidikan dan Penandatanganan Prasasti Sekolah Ramah Anak di SDN Tanjungwadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang pada Rabu (29/04/2024).

Hadir dalam acara ini, Pj Bupati Sugiat didampingi oleh Camat dan Forkopimcam Kecamatan Kabuh, Kepala Desa Tanjungwadung, dan Kepala Sekolah SDN Tanjungwadung, para Kepala OPD terkait lingkup Pemkab Jombang.

Kepala Desa (Kades) Tanjungwadung menyampaikan, pencanangan Desa Peduli Pendidikan merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dari elaborasi peraturan ini, Desa Tanjungwadung berusaha menciptakan Desa Peduli Pendidikan dan Sekolah Ramah Anak untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas menuju Indonesia Emas.

“Desa Peduli Pendidikan mewujudkan desa pendidikan yang berkualitas berbasis masyarakat. InsyaAllah kami akan membangun Jombang sebagai Kota Santri bersama Bapak Sugiat,” kata Kades Tanjungwadung.

Pj Bupati Jombang mengapresiasi Desa Tanjungwadung. Karena menurut Pj Bupati Jombang, Desa Tanjungwadung memiliki langkah berani dan komitmen yang kuat, menunjukkan kesungguhan untuk peduli terhadap pendidikan. Ini adalah bukti nyata bahwa seluruh pihak ingin memberikan yang terbaik bagi generasi mendatang.

“Ini ide yang bagus dari Kepala Desa, membuat desa peduli pendidikan, mewujudkan pendidikan yang berkualitas berbasis masyarakat,” kata Pj Bupati.

Seperti diketahui, Desa Peduli Pendidikan merupakan desa yang memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kemajuan pendidikan di wilayahnya. Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai program dan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa, masyarakat, dan sekolah.

Sedangkan, Sekolah Ramah Anak merupakan sekolah yang memenuhi standar tertentu dalam mewujudkan sekolah yang aman, nyaman, bersih, sehat, inklusif, ramah, dan berbudaya. Sekolah Ramah Anak diharapkan dapat menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan aman bagi anak-anak, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Satuan pendidikan ramah anak harus bisa menjamin dan memenuhi hak anak untuk dihargai dan dilindungi dari segala bentuk kekerasan. Hal-hal yang berkaitan dengan anak memiliki nilai universal kemanusiaan, dan sekolah ramah anak harus berprinsip kepada yang terbaik bagi anak, yaitu hak hidup, non-diskriminasi, dan penghargaan terhadap pandangan anak.

Sebagai wujud pemberdayaan anak yang berkualitas, siswa siswi SDN Tanjungwadung berkesempatan menampilkan drum band dan tari remo. Pertunjukkan ini diapresiasi oleh Pj Bupati Jombang Sugiat.***

Sumder : Humas Pemkab Jombang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!