Ekobis  

Pj Bupati Jombang Salurkan Bantuan Hibah Isi Lumbung Di Wilayah Utara Brantas

Pj Bupati Jombang Sugiat, salurkan bantuan hibah isi lumbung di wilayah Utara Brantas.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pj Bupati Jombang Sugiat secara simbolis menyerahkan Bantuan Hibah Isi Lumbung Tahun Anggaran 2024 kepada kelompok lumbung pangan ‘Marmoyo’ Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh  pada (29/5/2024) di Balai Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh.

Bantuan hibah isi lumbung ini tidak hanya diberikan kepada kelompok lumbung pangan Marmoyo, tetapi juga kepada beberapa kelompok lumbung lainnya, antara lain: lumbung pangan Berkah Makmur Desa Jipurapah Kecamatan Plandaan, Lumbung Pangan Cupak desa Cupak Kecamatan Ngusikan, lumbung pangan Tempuran desa Klitih Kecamatan Plandaan

Selanjutnya lumbung pangan Usaha Maju Desa Klitih Kecamatan Plandaan, lumbung pangan Seger Waras desa Made Kecamatan Kudu, lumbung pangan Tawang desa Made Kecamatan Kudu, dan lumbung pangan Tunas Harapan Desa Made Kecamatan Kudu.

Masing-masing kelompok lumbung menerima bantuan senilai 4 ton gabah kering giling.

Pj Bupati Jombang Sugiat berharap dengan adanya bantuan hibah isi lumbung ini,  kelompok lumbung dapat menyisihkan gabah untuk cadangan pangan, serta melakukan simpan pinjam gabah antar kelompok lumbung, sehingga kelompok lumbung dapat berkembang dan mandiri secara ekonomi.

“Selain itu, saya ingin menegaskan bahwa pemberian bantuan ini sejalan dengan peraturan yang telah ditetapkan, yakni Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2023 tentang pengalokasian dana desa penyaluran dan penggunaan dana desa tahun anggaran 2024, yang menetapkan bahwa paling tidak 20% dari total dana desa harus dialokasikan untuk ketahanan pangan. Hal ini juga ditegaskan dalam Peraturan Bupati Jombang Nomor 102 Tahun 2023 tentang cadangan beras pemerintah daerah”, tegasnya.

Dalam Peraturan Bupati tersebut, setiap desa diwajibkan memiliki cadangan beras pemerintah desa minimal 500 kg atau setara dengan gabah kering giling sejumlah 781 kg yang berasal dari anggaran dana desa.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan menanggulangi krisis pangan di daerah, dengan memastikan ketersediaan pangan pokok berupa beras atau gabah yang cukup dan berkualitas di setiap desa.

Disampaikan Pj Bupati Sugiat bahwa dalam konteks pembangunan dan kemajuan, ketahanan pangan menjadi salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan. Sebuah masyarakat yang memiliki ketahanan pangan yang baik, akan mampu menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun politik.

“Melalui pemberian bantuan hibah isi lumbung ini, kami berharap dapat mendukung upaya-upaya pemerintah daerah dan masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Jombang”, tuturnya.

“Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kelompok lumbung dan masyarakat sekitarnya”, pungkasnya.***

Editor : RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!