godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 7 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Menganto Jombang Bangun Jalan Aspal Lapen Dari DD
Kades Menganto Yunus Ardiansyah (paling tengah) berpose bersama perangkat desa. Di pendopo kantor desa setempat. Senin (15/6/2020)

Pemdes Menganto Jombang Bangun Jalan Aspal Lapen Dari DD

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, terus mengenjot pembangunan infrastruktur desa, Pemdes tersebut baru saja melaksanakan kegiatan pembangunan jalan lingkungan, berupa pembangunan jalan aspal lapen. Hal ini dilakukan untuk melancarkan aktifitas perekonomian masyarakat.

Kepala Desa Menganto Yunus Ardiansyah SPd, menerangkan, pada tahun 2020 ini salah satu kegiatan pembangunan fisik baru saja kita laksanakan, yaitu pembangunan jalan lingkungan berupa aspal lapen yang berlokasi di dua dusun, yakni di Dusun Menganto Selatan RT 03 RW 07 sepanjang 695 M dan lebar 3 M menelan biaya Rp 163,2 juta, dan di Dusun Menganto Utara RT 10 RT 12  panjang 390 M dan lebar 3 M menelan biaya Rp 92,5 juta.

“Sumber dana pembangunan jalan lingkungan tersebut semuanya dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2020. Untuk pelaksanaan pembangunan, dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Dana desa, desa Menganto yang diketuai Sai’in.” Kata Yunus. Senin (15/6/2020).

DESA MENGANTO : Jalan aspal lapen didesa Menganto yang sudah selesai dikerjakan, dibiayai dari DD 2020. Senin (15/6/2020)

Menurut Yunus, pembangunan jalan lingkungan desa sudah sangat mendesak mengingat jalan adalah sebagai kebutuhan masyarakat desa,  dikarenakan jalan sebelumnya sudah banyak mengalami kerusakan yang parah dapat menghambat aktifitas perekonomian warga.

Oleh karena itu, perbaikan atau pembangunan jalan perlu dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Menganto. Jalan ini punya peran penting untuk mendorong ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat petani yang ada di wilayahnya.

“Indikasi kesejahteraan masyarakat salah satunya yakni masyarakat harus memiliki akses jalan yang memadai untuk pendistribusian hasil bumi para petani sehingga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Menganto. Jadi oleh karena itulah, Dana Desa 2020 ini ada yang diprioritaskan untuk pembangunan jalan,” ujarnya.

Warga senang dengan adanya pembangunan ini, karena pembangunan jalan ini sudah lama dinanti-nanti warga. Berkat DD tahun 2020, penantian warga tersebut dapat terlaksana. Jadi DD sangat membawa manfaat bagi masyarakat.

“Dengan adanya bantuan DD Pemerintah Desa sangat terbantu, karena pembangunan disetiap pelosok desa menjadi tersentuh, sehingga pemanfaatan pembangunan ini sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Menganto.” Tuturnya.

Ditempat terpisah ketua TPK DD Desa Menganto M Sai’in, mengatakan pembangunan jalan tersebut kita laksanakan pada awal Mei 2020 lalu, dan pada akhir Mei 2020 bangunan jalan tersebut sudah selesai 100 persen, dan kini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

DESA MENGANTO : Jalan aspal lapen didesa Menganto yang sudah selesai dikerjakan, dibiayai dari DD 2020. Senin (15/6/2020)

“Untuk tenaga kerja, kita ambilkan dari warga setempat dan ada juga tenaga kerja luar desa Menganto. Karena untuk mengerjakan jalan aspal lapen ini butuh keahlian khusus atau tenaga kerja yang berpengalaman, oleh karena itulah ada tenaga kerja dari luar desa yang sudah berpengalaman mengerjalan pengaspalan jalan. Dalam mengerjakan jalan kita mengutamakan kualitas hasil pekerjaan agar usia pemakaian jalan bisa bertahan lama.” Kata Sai’in. Senin (15/6/2020).

Kami berharap bangunan jalan ini bisa berfungsi secara maksimal, dan banyak membawa manfaat bagi warga. Imbuhnya.

Wawan salah seorang warga, ia mengaku sangat senang dengan adanya pembangunan jalan lapen tersebut. “Sebelum dibangun kondisi jalan sudah rusak parah, sekarang jalan sudah diperbaiki oleh Pemerintah desa. Kami sangat senang, sekaligus berterima kasih atas pembangunan ini. Berkah pembangunan jalan akan memudahkan warga dalam beraktifitas mencari nafkah,” Kata Wawan. Senin (15/6/2020) petang. (Ris/Snt)

Check Also

6 Pejabat Lingkup Pemkab Jombang Dilantik Dan Disumpah

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, melantik  6 ASN untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!