Pemdes Mojongapit Jombang Tuntaskan Pembangunan Gedung Serbaguna Dan Taman Posyandu

Gedeng serbaguna Desa Mojongapit
Kades Mojongapit Mochamad Iskandar Arif (tengah) berpose bersama perangkat desa, didepan gedung serbaguna desa Mojongapit. Rabu (12/1/2022)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Mojongapit, Kecamatan / Jombang, Jawa timur, terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa.

Misalnya pada tahun 2021 Pemdes Mojongapit, Jombang, berhasil menuntaskan pengerjaan program pembangunan Gedung Serba Guna (lanjutan), dan pembangunan taman Posyandu ‘Tunas Harapan Bunda’ yang semuanya berlokasi di Jalan Cempaka Desa Setempat.

Kepala Desa (Kades) Mojongapit Mochamad Iskandar Arif mengatakan, tahun 2021 desa yang ia pimpin mendapatkan bantuan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang bersumber dari APBD Jombang TA 2021 sebesar Rp 200 juta.

Gedung Serbaguna Desa Mojongapit Jombang
Penampakan Gedung serbaguna desa Mojongapit setelah selesai dibangun. Dengan BKK tahun 2021. Rabu (12/1/2022)

“Setelah melalui musyawarah desa, kita sepakati bantuan BKK ini untuk melanjutkan program pembangunan fisik yang belum selesai karena kendala anggaran yang minim. Terlebih pada tahun 2020 dan 2021 anggaran desa banyak yang terserap untuk penanganan pandemi Covid-19. Dan bantuan BKK tahun 2021 sebesar Rp 150 juta kita fokuskan untuk penyelesaian pembangunan gedung serba guna Rp 150 juta, dan untuk pembangunan taman Posyandu Tunas Harapan Bunda sebesar Rp 50 juta.” Kata Kades Iskandar.

Iskandar menjelaskan, pembangunan gedung serba guna dilakukan secara bertahap sudah dimulai sejak 2018 lalu. Dan pada tahun 2021 kita anggarkan Rp 150 juta, untuk pembangunan tahap terakhir dan (finishing). Pekerjaan dilapangan meliputi penataan lantai, penataan bagian atap, Plester dinding / tembok bangunan, pintu masuk depan, jendela, pendempulan tembok, pengecatan dan lain-lain.

Gedung Serbagauna Desa Mojongapit Jombang
Penampakan gedung serbaguna desa Mojongapit saat sedang dalam pengerjaan.

Sedangkan pekerjaan pembangunan taman Posyandu, pekerjaan dilapangan meliputi : Rehab atap bangunan, penambahan gazebo depan bangunan, finishing tembok, pengecatan dan lain-lain.

“Pelaksanaan pembangunan lanjutan gedung serbaguna dan taman Posyandu tahun 2021, kita laksanakan secara swakelola, melibatkan tenaga kerja dari warga setempat. Pengerjaan kita mulai pada Oktober 2021 dan pada awal Desember 2021 pembangunan sudah selesai 100 persen. Alhamdulilah berkat bantuan BKK 2021 bangunan gedung serbaguna dan taman Posyandu saat ini sudah selesai.” Ungkap Kades Iskandar.

Iskandar menyebutkan, bangunan gedung serbaguna sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena warga banyak yang mengeluhkan luas lahan yang di miliki tidak cukup untuk mengadakan acara atau hajatan terutama saat menampung tempat parkir.

Jadi dengan adanya gedung ini warga setempat yang ingin mengadakan acara atau hajatan besar yang terkendala oleh kapasitas lahan bisa menyewa gedung serbaguna milik desa Mojongapit.

Gedung taman Posyandu Desa Mojongapit
Penampakan gedung taman Posyandu setelah dibangun dengan BKK 2021. Rabu (12/1/2022)

“Disamping itu, gedung ini bermanfaat, untuk kegiatan olahraga seperti badminton dan senam. Bahkan sebelum bangunan ini selesai, hampir setiap malam warga banyak yang memanfaatkan gedung serbaguna ini untuk olahraga batminton. Dan untuk kegiatan senam ibu-ibu PKK. Jadi selain untuk tempat olahraga, gedung ini kita sewakan untuk masyarakat umum atau warga luar desa, yang ingin mengadakan acara atau hajatan. Dan untuk khusus warga asli Mojongapit akan mendapat tarif lebih murah dibandingkan masyarakat luar desa.” Ujar Iskandar.

Kades Iskandar juga menjelaskan, tujuan pembangunan gedung taman Posyandu, yakni bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan bangunan Taman Posyandu ini adalah  bentuk nyata dari pemerataan kesehatan bagi ibu dan juga balita dengan bangunan yang layak diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada warga.

“Saya berharap pembangunan ini bisa membawa banyak manfaat bagi warga, dan bisa memajukan Desa Mojongapit dalam segala bidang.” Pungkas Kades Iskandar.

Sementara itu, Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Mojongapit Supriyanto, mengatakan pembangunan lanjutan gedung serbaguna dan pembangunan gedung Taman Posyandu ini total menelan biaya Rp 200 juta, bersumber dari BKK (APBD Jombang 2021).

Gedung Taman Posyandu Desa Mojongapit Jombang
Penampakan gedung taman Posyandu saat dalam pengerjaan dibangun

“Kita (TPK) selaku pelaksana kegiatan, dalam melaksanakan pekerjaan sudah kami lakukan semaksimal mungkin. Dengan mengedepankan kualitas dan mutu hasil pekerjaan. Agar bangunan kuat dan masa pengunaan bangunan juga bisa bertahan lama.” Kata Supriyanto.

Supriyanto, menyebutkan pembangunan mulai dikerjakan pada Oktober 2021 dan sebelum akhir Desember 2021 pengerjaan sudah selesai 100 persen. “Mulai dari awal pengerjaan, hingga selesai dikerjakan, berjalan lancar hal ini berkat kerjasama yang baik dan kekompakan TPK, Pemdes, BPD dan berkat dukungan masyarakat setempat.” Terangnya.

Supriyanto juga menambahkan, warga sangat senang atas pembangunan ini, karena mendapatkan pelayanan kesehatan yang nyaman untuk anak-anaknya. Dan bagi warga yang memiliki tempat pekarangan yang sempit saat mengelar hajatan, sekarang bisa menyewa gedung serbaguna milik desa Mojongapit. Imbuhnya. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!