godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Ngumpul Bangun Jalan Hotmix Dan Saluran Irigasi Dari DD 2020
Suasana saat pengerjaan jalan aspal hotmix di dusun Ngumpul. Dibiayai DD 2020

Pemdes Ngumpul Bangun Jalan Hotmix Dan Saluran Irigasi Dari DD 2020

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintahan Desa (Pemdes) Ngumpul, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur, baru-baru membangun jalan aspal lingkungan berupa pembangunan jalan aspal Hotmix, dan membangun saluran irigasi yang dibiayai dari Dana desa (DD) tahun 2020.

Kepala Desa (Kades) Ngumpul, Zainal Arifin, tahun ini Pemdes Ngumpul, melaksanakan kegiatan pembangunan jalan aspal hotmix, dan pembangunan saluran irigasi. Jalan aspal hotmix yang dibangun tersebut sepanjang 243 meter x 3,5 meter, merupakan jalan lingkungan yang menghubungkan Dusun Ngumpul Meduran, dan dusun lainnya. Pembangunan jalan menelan dana Rp 137.074.000.

Kades Ngumpul Zainal Arifin (Masker merah), bersama ketua TPK Sobirin (masker hitam), dan warga, dilokasi bangunan jalan aspal Hotmix, di Desa Ngumpul. Dibiayai DD 2020.

Sedangkan pembangunan saluran irigasi sepanjang 36 meter, berlokasi di Dusun Ngumpul. Menelan biaya Rp 52.530.400.

“Pembangunan tersebut semuanya dibiayai dari DD tahun 2020. Pembangunan ini berdasarkan usulan dari warga, yang telah dibahas melalui Musyawarah desa (Musdes). Tujuan pembangunan jalan, yaitu untuk melancarkan aktifitas warga. Agar jalan nyaman dilewati, dan untuk memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian.” Kata Zainal Arifin.

Sedangkan pembangunan, saluran irigasi, untuk meningkatkan produktifitas lahan pertanian warga. Dengan pembangunan saluran irigasi, diharapkan dapat melancarkan pasokan air kelahan pertanian warga. “Tujuanya tidak lain, untuk mensejahterakan warga. Karena dengan sarana jalan yang baik, dan saluran irigasi yang baik akan melancarkan perekonomian warga.” Ujarnya.

Kades Ngumpul, menjelaskan, pengerjaan jalan  dan saluran irigasi dimulai pada Oktober 2020, dan pada akhir Nopember 2020, bangunan sudah selesai 100 persen. Jadi saat ini semua bangunan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga. Pengerjaan semuanya dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Ngumpul. Dikerjakan secara swakelola.

Suasana saat pengerjaan jalan aspal hotmix di dusun Ngumpul. Dibiayai DD 2020

“Pembangunan ini disambut baik oleh warga setempat, karena memang pembangunan ini berdasarkan usulan dan keinginan warga. Dan kami berharap bangunan jalan dan saluran irigasi ini, banyak membawa bermanfaat, bagi warga setempat.” Kata dia.

Kades Ngumpul, menghimbau, agar warganya dapat sama-sama menjaga bangunan infrastruktur desa yang sudah ada. Agar bangunan awet, dan bisa bertahan lama dalam pengunaannya.

Ditempat terpisah, ketua TPK Desa Ngumpul, Sobirin, mengatakan, pelaksanaan pembangunan jalan aspal hotmix dan saluran irigasi, yang dibangun dari DD 2020, pelaksanaanya berjalan lancar dan selesai tepat waktu dan tepat mutu. Sebelum akhir Desember 2020 semua bangunan itu, sudah berhasil diselesaikan, dan saat ini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Pelaksanaan pembangunan berjalan lancar, berkat kerjasama yang baik, dan kekompakan TPK, Pemdes, BPD setempat, dan dukungan dari warga. Setiap pembangunan kita laksanakan secara transparan, dan memperhatikan usulan, dan kebutuhan dari warga. Oleh karena itulah pembangunan ini berjalan lancar.” Kata Sobirin.

Ketua TPK desa Ngumpul Sobirin, menunjukkan saluran irigasi, didusun Ngumpul, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai DD 2020. Senin (4/1/2021)

Sobirin, menjelaskan pelaksanaan proyek jalan aspal hotmix dan saluran irigasi ini, kita kerjakan sesuai RAB yang sudah dibuat. Tak hanya itu TPK juga mengedepankan kualitas atau mutu hasil pekerjaan. Agar bangunan bisa kuat, pengunaan bangunan juga bisa lama. “Semoga bangunan yang dibangun ini bisa berfungsi maksimal, dan bisa membawa kesejahteraan warga.” Imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga mengaku, sangat senang. Sebab, dengan jalan bagus akses transportasi, dan aktifitas bisa lancar dan aman. ”Kami sangat senang dengan adanya pengaspalan ini. Sebab, jalan ini merupakan jalan yang sering di lalui masyarakat untuk mengantar anak sekolah membawa hasil pertanian dan lain-lain,” kata Bambang, dilokasi bangunan, jalan dusun Ngumpul.

Ia berharap, program pembangunan itu bisa terus berjalan agar apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terwujud. ”Mudah-mudahan pemerintah bisa terus memperhatikan masyarakatnya,” Kata Dia. (Ris/Snt)

Check Also

Polres Jombang – BTN, Tandatangani MoU 400 Unit Rumah Bersubsidi Untuk Anggota Polri

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepolisian Resor Jombang (Polres Jombang) – Bank BTN (Persero) tbk dan pengembang PT Sinar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!