godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Pelabuhan Jombang Alokasikan Dana Desa Untuk Bangun Jalan Dan TPT
Suasana kekompakan Kades Plabuhan, Aminatus Solikhan, berpose bersama perangkat desa dalam suatu acara.

Pemdes Pelabuhan Jombang Alokasikan Dana Desa Untuk Bangun Jalan Dan TPT

JOMBANG, Nusantara PosOnline.com-Pemerintah desaDesa (Pemdes) Plabuhan,  Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, Jawa timur, terus giat membangun desa. Tahun ini Pemdes tesebut mengalokasikan Dana desa (DD) tahun 2020 untuk pembangunan jalan lingkungan, dan pebangunan Tembok penahan tanah (TPT).

Kepala Desa (Kades) Plabuhan Aminatus Solikhan, mengatakan tahun 2020 ini Pemdes Plabuhan, mengalokasikan Dana desa tahun 2020 untuk pembangunan jalan lingkungan, berupa jalan Paving block, dan pembangunan TPT.

Bangunan jalan Paving di desa Plabuhan yang dibiayai dari Dana desa tahun 2020

“Dana desa tahun 2020 ini untuk kegiatan fisik kita realisasikan untuk pembangunan jalan Paving jalan paving block berlokasi di dusun Plabuhan RW 7, volume pekerjaan (8 Cm x 3,02 m x 91 m) dan (8 Cm x 3,12 m x 110 m) menghabiskan anggara Rp 107,204 juta. Selain itu Dana desa digunakan untuk pembangunan TPT  sepanjang 28 m, berlokasi didepan sekolah SDN dusun Sumberpalas, dengan anggaran Rp 87,820 juta.” Kata Aminatus Solikhan.

Dijelaskannya, tujuan pembangunan jalan Paving bolock tersebut, untuk melancarkan aktipitas warga, dan agar layak dilewati kenderaan. Jalan yang dibangun tesebut semula hanya jalan tanah biasa, tapi berkat Dana desa tahun ini berhasil kita bangun jalan Paving block.

Sedangkan bangunan TPT yang dibangun didepan SDN disun Sumberpalas, bertujuan untuk untuk menstabilkan Kondisi tanah sekolahan, sekaligus menahan tanah pada halaman sekolahan agar tidak longsor. “Kondisi tanah halaman sekolahan SDN Sumberpalas, agak betebing, tebinyapun lumayan tinggi. Hah agar halaman tidak sekolah tidak lonsor kita bangun TPT.” jelasnya.

Semua pekerjaan pembangunan jalan paving blok, dan TPT sesuai dengan musyawarah rencana pembangunan desa, yang melibatkan semua unsur masyarakat didalamnya.

“Semua pekerjaan dilaksanakan secara profesional oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Dana desa, dan tenaga kerja diambilkan dari masyarakat sekitar, dengan tujuan selain memberikan lapangan pekerjaan bagi yang menganggur juga dapat membantu perekonomian masyarakat” katanya.

Bangunan Tembok penahan tanah (TPT) di desa Plabuhan yang dibiayai dari Dana desa tahun 2020.

Ia berharap agar bangunan tesebut, bisa bermanfaat secara maksimal untuk kesejateran warga setempat. “Semoba pembangunan ini bisa membawa banyak manfaat bagi warga, dan bisa meningkatkan perekonomian warga.” Ibuh Kades Plabuhan.

Ditempat terpisah Ketua TPK Dana desa, desa Plabuhan, Madya kinto wibisono, mengtakan pengerjaan pembangunan jalana Paving block, dan TPT tersebut, mulai dilaksanakan pada Juni 2020 dan pada Agustus 2020 bangunan sudah selesai 100 pesen.

“Dalam melaksanakan pekerjan, kami utamakan kulitas, agar masa pengunaan bangunan bisa bertahan lama. Untuk tenaga kerja kita ambilkan warga setempat, dengan tujuan sebagai pemberdayaan warga setempat, dan memberikan lapngan kerja kepada warga yang kurang mampu.” Kata Madya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pembangunan dari awal pengerjan, hingga selesai berjalan lancar, berkat kekompakan TPK, Pemdes Plabuhan, BPD, dan warga setempat, dalam membangun desa. “Kami mengucapkan terimaksih kepada Pemerintah pusat, dan pihak terkait lainya, yang telah mengalokasikan Dana desa kedesa kami. Bantuan sangat bermanfaat untuk membangun desa kami.” Ucapa Madya. (Ris/Snt)

Check Also

Polres Jombang – BTN, Tandatangani MoU 400 Unit Rumah Bersubsidi Untuk Anggota Polri

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepolisian Resor Jombang (Polres Jombang) – Bank BTN (Persero) tbk dan pengembang PT Sinar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!