Pemdes Pengampon Jombang Relisasikan Dana Desa Bangun Jalan Dan TPT

Suasana kekompakan Kades Pengampon Walujo, bersama perangkat desa. Berpose bersama dikantor desa setempat.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus meningkatan infrastruktur Desa demi menunjang kelancaran aktifitas masyarakat Desa Pengampon berupa Rabat Beton dan Tembok penahan tanah (TPT).

Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dibangun tersebut berlokasi di tepi jalan di dusun Seco ,dengan volume bervariasi 2,50m x  0,90 x 30,00 m dan 1,50m x 0,70m x 5,00 m menggunakan Cor Beton dan Beso Beton dengan anggaran Rp 186.600.000 juta sedangkan Jalan Rabat Beton berlokasi di Dusun Kambingan, volume 198,6 m x 3,5m x 0,15 m ada pengembangan sekitar 6,4 m jadi panjang 205 M dengan anggaran Rp 199 juta.

Kepala desa (Kades) Pengampon Walujo mengtakan, bahwa Dana Desa  (DD) tahun 2023 untuk bangunan fisik, digunakan untuk membangun TPT dan jalan lingkungan berupa jalan Rabat Beton.

TPT yang di bangun tersebut berlokasi di jalan dusun Karena jalan tersebut tanahnya masih labil, dan agar jalan tidak longsor dan tergerus air. Maka Pemdes Pengampon membangun TPT.

“Dibangunnya TPT tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilan tanah nantinya jalan dibangun tidak lagi ada longsor dan jadi lebih mudah dalam pengerjaannya karena sudah dirapikan melalui tembok penahan dan saluran airnya pun jadi lancar.” Kata Walujo. Kamis (24/8/2023).

Walujo juga menjelaskan, pembangunan jalan rabad beton, tersebut juga merupakan kebutuhan warga. Sebelumnya jalan sudah rusak parah tidak nyaman untuk dilewati kendaraan. Oleh karena itu tahun ini kita bangun jalan rabad beton. Tujuanya untuk memperlancar aktifitas perekonomian warga.

“Dengan dibangunnya jalan rabat beton lingkungan menjadi bagus, kita harapkan bisa untuk menunjang aktifitas perekonomian masyarakat, atau aktifitas warga sehari-hari. Dengan pembangunan jalan ini, kita harapkan aktifitas perekonomian, pendidikan, pertanian, dan lain-lain. Bisa berjalan lancar, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga desa Pengampon.”Terangnya.

la menyebutkan dengan anggaran Dana Desa ini bisa memperlancar roda perekonomian dengan dibangunnya infrastruktur, dengan dana desa ini juga, saya membangun TPT dan Rabat Beton jalan desa.

“Jadi harapan saya dengan di bangunnya jalan ini bisa dirasakan masyarakat dan bisa mempermudah dalam peningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Kades Pengampon pun, mengaku bersyukur pelaksanaan pembangunan Rabat beton ini dari awal pembangunan hingga selesai berjalan lancar, sesuai dengan perencanaan awal. Dan pembangunan ini juga mendapat dukungan dari warga setempat.

“Pembangunan jalan Rabad Beton dan TPT ini semuanya bersumber dari Dana Desa (DD)

tahun anggaran 2023. Pelaksanaan pembangunan saat ini sudah selesai 100 persen dan sudah dilakukan Monitoring Dan Evaluasi (Monev) oleh Dinas DPMD Kabupaten Jombang.” Kata Kepala Desa (Kades) Pengampon Walujo.

Sementara itu, ditempat terpisah Ketua Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Pengampon, Sarjono mengatakan, pelaksanaan pengerjaan jalan rabat beton, mulai di kerjakan diawal Mei 2023 untuk Pembangunan TPT dan Rabat Beton menjelang akhir Juli pembangunan sudah selesai.

Sarjono menjelaskan, dalam mengerjakan proyek jalan ini, pihaknya mengutamakan kualitas hasil pekerjaan. Supaya, jalan yang di bangun bermutu bagus, dan masa penggunaan bangunan juga bisa bertahan lama.

“Pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara swakelola, tenaga kerja diambilkan dari warga setempat. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga, untuk membantu warga dalam bentuk upah kerja.” Pungkas Sarjono. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!