godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Pemerintah / Pemdes Plosokerep Sukses Bangunan Jaringan Irigasi Melalui Program T3-TGAI
Suasana kekompakan Kades Plosokerep Bambang Hermanto, berpose bersama Ketua HIPPA, dan perwakilan Dirjen SDA BBWS Brantas, dilokasi proyek jaringan irigasi yang baru selesai dibangun dengan P3-TGAI 2020.

Pemdes Plosokerep Sukses Bangunan Jaringan Irigasi Melalui Program T3-TGAI

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jatim, sukses laksanakan bangunan saluran irigasi melaluiProgram Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Kesuksesan ini dibuktikan dengan terselesainya pembangunan jaringan irigasi yang dikerjakan dengan skema Padat Karya Tunai (PKT).

Kades Plosokerep, Bambang Hermanto S.Sos, mengatakan tahun ini desa Plose kerep, mendapat bantuan P3-TGAI yang berasal dari Dirjen SDA Kementrian Pekerjaan umum dan perumahan rakyat (Kementrian PUPR) sebesar Rp 195 juta. “Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan pembangunan jaringan irigasi sepanjang 268 meter kanan dan kiri (268 meter x 2 = 536 meter) berlokasi di Dusun Ploso kerep.” Kata Bambang.

Pelaksanaan pembangunan, dilaksanakan oleh Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) ‘Makmur Margo tirto’ Desa Plosokerep. “Pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan irigasi di Desa Plosokerep. Sebagai upaya untuk mengatasi kekurangan pasokan air dilahan pertanian warga.” Ujarnya.

Bangunan saluran irigasi di Desa Plosokerep yang dibangun dengan P3-TGAI

Ia berharap, dengan terlaksananya program ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan hasilnya dari kegiatan ini dapat mendorong tumbuh kembang perekonomian warga, khususnya petani didesa Plosokerep.

“Pembangunan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan infrastruktur yang baik dan memadai sehingga diharapkan dapat mendorong tumbuh kembangnya kesejahteraan petani.” Pungkasnya.

Atas nama pemerintah desa, dan petani desa Plosokerep kami mengucapkan terimakasih kepada Kementrian PUPR, Dirjen SDA BBWS Brantas, Pemkab Jombang, Dinas Perkim Jombang, yang telah memberikan bantuan P3-TGAI kedesa kami. 

“Selain itu kami juga mengucapkan terimakasih kepada anggota DPR RI Hj Sadarestuwati, yang telah mengupayakan agar desa Plosokerep, mendapatkan bantuan P3-TGAI 2020. Kami berharap tahun depan desa kami masih diberikan bantuan P3-TGAI atau program yang sejenisnya.” Tutur Bambang.

Ditempat terpisah Ketua HIPPA ‘Makmur margo tirto’ Desa Plosokerep,  Jainul Arifin, mengatakan, pelaksanaan pengerjaan jaringan irigasi tersebut, kita laksanakan sesuai gambar dan RAB proyek yang sudah dibuat sebelumnya. 

Bangunan saluran irigasi di Desa Plosokerep yang dibangun dengan P3-TGAI

“Masa pengerjaan 90 hari kalender. Mulai dikerjakan pada Juli 2020 dan pada akhir Oktober 2020 bangunan sudah rampung 100 persen. Sedangkan tenaga kerja diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan warga kurang mampu. Dengan tujuan agar anggaran untuk ongkos tukang/ pekerja, bisa dinikmati oleh warga setempat. Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 warga kesulitan mencari pekerjaan. Jadi program P3-TGAI disamping untuk peningkatan kualitas jaringan irigasi, juga bermanfaat menyerap tenaga kerja.” Kata Jainul.

Kami meminta agar warga sama-sama menjaga dan merawat bangunan ini, agar masa pengunaan bangunan bisa bertahan lama. Apalagi untuk mendapatkan program P3-TGAI ini tidak mudah, dan tidak semua desa mendapatkan program ini. Pungkasnya. (Ris/Snt)

Check Also

Polres Jombang – BTN, Tandatangani MoU 400 Unit Rumah Bersubsidi Untuk Anggota Polri

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepolisian Resor Jombang (Polres Jombang) – Bank BTN (Persero) tbk dan pengembang PT Sinar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!