godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Februari 16 2020
Home / Pemerintah / Pemdes Sumbermulyo, Rintis Desa Wisata Berhasil Bangun Kolam Pancing Dari DD
TERUS DIKEMBANGKAN : Kepala desa Sumbermulyo, Fuad, dilokasi tempat wisata kolam pancing di Dusun Semanding, Desa Sumbermulyo. Senin (13/1/2019) siang. (Foto : Sinta. NusantaraPos)

Pemdes Sumbermulyo, Rintis Desa Wisata Berhasil Bangun Kolam Pancing Dari DD

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Program Dana Desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat berhasil mengubah perekonomian warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Murni Jaya, pemerintah desa berhasil membangun tempat wisata kolam tempat pemancingan.

Kepala desa Sumbermulyo, Fuad, mengatakan kami melihat banyak warga suka memancing, kemudian kami buat perogram kerja untuk merintis desa wisata untuk sarana hiburan masyarakat yang memiliki nilai ekonomis, selanjutnya DD kita alokasikan untuk membangun kolam pancing.

MEMBANGUN DESA : Tempat wisata kolam pemancingan yang ada di Dusun Semanding, Desa Sumbermulyo. Yang sedang fokus terus dikembangkan Pemdes setempat. Senin (13/1/2019) siang. (Foto : Sinta. NusantaraPos)

“Tahun 2018 kita alokasikan DD sebesar Rp 210 juta, untuk membangun tempat wisata kolam pancing. Setelah pembangunan 2018 selesai dilaksanakan, kolam pancing mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat, kolam pancing berjalan lancar. Selanjunya tahun 2019 kita gelontorkan lagi DD sebesar Rp 100 juta, untuk pembangunan mushola, kamar mandi, dan gudang dilokasi kolam pancing.” Kata Fuad. dilokasi wisata kolam pancing di Dusun Semanding, Desa Sumbermolyo. Senin (13/1/2019).

Menurut Fuad, tahun 2019 tempat wisata kolam pancing mendapat bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT)  sebesar Rp 50 juta. “Bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan 3 kolam untuk pembesaran ikan. Jadi dana DD, ada yang kita infestasikan untuk pembangunan tempat wisata kolam pancing. Alhamdulillah saat ini wisata tersebut sudah berjalan lancar. Dan sudah bisa mendongkrak penghasilan BUMDes Murni Jaya.” Kata Fuad.

Fuad menjelaskan, pengelolaan tempat wisata ini dikelola oleh BUMDes Murni Jaya, desa Sumbermulyo. Tempat ini terbuka untuk umum, buat masyarakat dari manapun, dipersilahkan untuk berkunjung untuk berekreasi ataupun memacing di tempat wisata kolam pancing Dusun Semanding Desa Sumbermulyo.” Kata dia.

MEMBANGUN DESA : Tempat wisata kolam pemancingan yang ada di Dusun Semanding, Desa Sumbermulyo. Yang sedang fokus terus dikembangkan Pemdes setempat. Senin (13/1/2019) siang. (Foto : Sinta. NusantaraPos)

Untuk pemantik niat berkunjung warga untuk berekreasi ketempat ini, kedepanya kita berencana akan membangun fasilitas pendukung lainnya yaitu kolam renang, dan tempat untuk kuliner ikan bakar. Kami berharap Kabupaten dan pusat mendukung langkah pemerintah desa Sumbermulyo, dan BUMDes Murni Jaya.” ungkap Fuad.

Fuad menambahkan, dengan adanya DD pihaknya sangat terbantu mengembangkan potensi desa yang dipimpinnya. Pemerintah desa juga sangat terbantu dalam membangun infrastruktur desa.
 
“Imbas ke masyarakat sangat luar biasa. Potensi masyarakat dapat meningkat lewat pembangunan tempat wisata desa.” Imbuhnya.

Direktur BUMDes Murni Jaya, Desa Sumbermulyo, Basarudin, mengatakan tempat wisata kolam pancing desa Sumbermulyo ini buka setiap hari. Fasilitas dilokasi kolam pancing juga sudah memadai, terdapat tempak duduk untuk bersantai, musholah, kamar mandi. Tempat ini kita buka untuk umum.

“Tempat wisata kolam pancing ini sudah beroperasi dengan normal, dan pengunjung yang datang untuk memancing sudah mulai lumayan banyak.” Kata Basarudin. (Ris/Snt)

Check Also

Program BSPS Didesa Munungkerep, Berhasil Perbaiki 77 Rumah Warga Miskin

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam rangka mengimplementasikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal dengan istilah bedah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *