godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Desember 4 2020
Home / Pemerintah / Pemdes Tinggar Salurkan Bansos Kepada Ratusan Warga Terdampak Covid-19
Kades Tinggar Moh Madram SSos (Tengah Kemeja putih) diacara penyerahan Bansos BLT dari Kemensos RI, kepada warga desa Tinggar, dikantor desa Setempat. Rabu (13/5/2020)

Pemdes Tinggar Salurkan Bansos Kepada Ratusan Warga Terdampak Covid-19

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Tinggar, Kecamatan Bandar kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa timur kembali menyalurkan bantuan sosial, kali ini Pemdes tersebut menyalurkan Bansos program Bantuan lansung tunai (BLT) Rp 600 ribu kepada 236  Kepala Keluarga (KK) yang terdampak pandemi virus covid-19. Rabu (13/5/2020).

Penyerahan bansos BLT dilakukan dikantor desa Tinggar, yang dihadiri perwakilan tiga pilar (Pemerintah kecamatan, Polsek, Koramil) setempat.

Kepala Desa Tinggar Moh Madram, SSos, mengatakan bansos yang disalurkan hari ini berasal dari program  BLT dari Kementrian sosial (Kemensos) atau dari APBN pusat.  

DESA TINGGAR : Suasana penyaluran Bansos Kemensos, dikantor desa Tinggar. Rabu (13/5/2020)

“Bantuan BLT Kemensos ini akan berlangsung tiga bulan, yaitu bulan Mei, Juni, dan Juli 2020. Yang kami salurkan hari ini adalah bantuan tahap pertama. Besarnya bantuan Rp 600 ribu / bulan.  Jumlah warga desa Tinggar yang mendapatkan bantuan Bansos BLT Kemensos, sebanyak 236 Kepala keluarga.” Kata Madram. Rabu (13/5/2020).

Dijelaskan Madram, bahwa penyaluran Bansos BLT Kemensos kepada 236 KK di desa Tinggar, disalurkan dengan dua cara, pertama sebanyak 190 KK disalurkan PT Pos Indonesia (Kantor Pos), kedua 46 KK disalurkan melalui bank.

“Untuk Bansos BLT Kemensos yang disalurkan melalui Kantor Pos  sebanyak 190 KK, perwakilan dari Kantor Pos datang langsung kekantor desa Tinggar menyerahkan uang Bansos BLT kepada warga penerima manfaat.” Terang Madram.

Dan sebanyak 46 KK disalurkan melalui Bank, yaitu melalu BTN sebanyak  2 KK, BRI sebanyak 35 KK, dan BNI 9 KK, jadi total keseluruhan Bansos BLT yang disalurkan melalui Bank sebanyak 46 KK. “Bansos BLT untuk 46 KK langsung diterima atau masuk kedalam rekening penerima manfaat berupa saldo Rp 600 ribu.”  Terang Madram.

Ia berharap, agar Bansos ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan bulan suci Ramadhan, dan bisa sedikit meringankan beban warganya dalam menghadapi cobaan yaitu pandemi covid-19 yang sedang mewabah.

DESA TINGGAR : Suasana penyaluran Bansos, di dikantor desa Tinggar. Rabu (13/5/2020)

Madram mengucapkan, terima kasih kepada pihak PT Pos Indonesia, yang telah datang langsung kekantor desa Tinggar menyerahkan uang BLT kepada warga penerima manfaat. Sehingga warga tidak perlu jauh-jauh datang kekantor pos untuk mencairkan Bansos BLT Kemensos ini. “Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan tiga pilar kecamatan Bandar kedungmulyo, yang telah membantu, mengawal dan mengatur agar penyaluran Bansos BLT dari Kemensos, didesa Tinggar hari ini berjalan lancar.” Ucap madram.

Madram juga menjelaskan, bahwa selain Bansos BLT dari Kemensos, warga desa tinggar juga mendapatkan bantuan program Bansos lain, dengan perincian yaitu Bansos PKH sebanyak 183 KK, Bansos BPNT 358 KK Bansos BPNT reguler 111 KK, Bansos BLT APBD Jombang  222 KK,  Bansos APBD Provinsi Jatim 91 KK, dan Bansos BLT Dana Desa Desa Tinggar.

“Dari bansos ini yang sudah realisasi atau sudah dicairkan yaitu Bansos PKH, BPNT, BLT APBD Jombang. Dan yang belum cair adalah Bansos dari APBD Jatim, dan Bansos BLT DD Desa Tinggar.  Untuk Bansos Provinsi Jatim kata masih menunggu, karena yang buat kebijakan adalah pihak Pimprop Jatim.” Terangnya.

Sedangkan Bansos DD desa Tinggar, rencananya akan dicairkan bersamaan dengan Bansos APBD Provinsi Jatim. “Untuk Bansos BLT DD desa Tinggar, rencananya akan kita cairkan bersamaan dengan Bansos APBD Provinsi.” Pungkasnya.

Dari pantauan dilapangan penyaluran Bansos BLT dari Kemensos, hari (13/5/2020) di Desa Tinggar berjalan lancar, dan menerapkan standar protokol kesehatan, misalnya dengan menjaga jarak, mengunakan masker, dan warga mencuci tangan sebelum memasuki ruang pertemuan kantor desa Tinggar, saat pengambilan jatah bansos. (Snt/Ris)

Check Also

Dinilai Curang, Pelantikan Perangkat Desa Ngogri Jombang Didemo Warga

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepala desa Ngogri Kecamatan Megaluh, kabupaten Jombang, Agus Lishartatik, didemo warganya sendiri. Sabtu (28/11/2020). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!