godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Desember 1 2020
Home / Pemerintah / Pemerintah Perpanjang Usia Pensiun PNS Eselon III Dan IV Dari 58 Th Jadi 60 Th
Ilustrasi PNS atau ASN

Pemerintah Perpanjang Usia Pensiun PNS Eselon III Dan IV Dari 58 Th Jadi 60 Th

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah mengeluarkan kebijakan perpanjangan usia pensiun bagi PNS eselon III dan IV dari 58 tahun menjadi 60 tahun. Hal ini diharpkan agar menjadi daya tarik bagi pegawai negeri sipil (PNS) untuk menduduki jabatan fungsional.

Kebijakan tersebut menyusul perampingan birokrasi yang dilakukan pemerintah dengan memangkas eselonisasi di tubuh PNS. Jabatan struktural eselon III dan IV akan dihapuskan dan menyisakan eselon I dan II saja. Selanjutnya, PNS eselon III dan IV terdampak pemangkasan akan dialihkan kepada jabatan fungsional.

Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, usia pensiun PNS eselon III yang terdampak pemangkasan akan lebih panjang dibandingkan jika tetap menduduki eselon III.

“PNS Eselon III maka akan mengalami batas perpanjangan usia pensiun, dari 58 tahun menjadi 60 tahun. Ini tentunya menjadi salah satu pilihan karier bagi bapak ibu semuanya,” kata Haryomo Dwi Putranto dalam sosialisasi kebijakan jabatan ASN yang digelar secara virtual, Kamis (13/8/2020) lalu.

Sedangkan untuk eselon IV masih berpeluang menambah usia pensiun. Karena PNS eselon IV yang akan beralih menduduki jabatan fungsional muda masih bisa naik menjadi jabatan fungsional madya yang setara dengan eselon III.

“Eselon IV yang menduduki jabatan fungsional muda masih ada kesempatan naik ke madya sehingga juga akan mengalami perubahan dari 58 tahun ke 60 tahun,” katanya.

Menurut Haryomo, masih banyak PNS yang enggan untuk menduduki jabatan fungsional. PNS Indonesia lebih tertarik pada jabatan struktural.

“Memang selama ini PNS sebagian besar lebih tertarik mengisi jabatan struktural. Mindset ini harus diubah,” Ujarnya. (bd)

Check Also

DPRD Telah Menyetujui Dan Menetapkan APBD Jombang TA 2021

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang dengan agenda Penyampaian Pendapat  Akhir Fraksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!