godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Desember 5 2021
Home / Pemerintah / DPMD Jombang Sosialisasikan Juknis BKK
Sosialisasi Juknis BKK yang dilaksanakan DPMD Kabupaten Jombang. di Ruang Bung Tomo, pada Jumat (22/10/2021).

DPMD Jombang Sosialisasikan Juknis BKK

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bantuan Keuangan Khusus (BKK) bidang sarana dan prasarana desa, yang bersumber dari PAPBD Kabupaten Jombang, yang dialokasikan kepada 191 Desa Di Kabupaten Jombang akan segera cair.

Anggaran BKK dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jombang menggelar sosialisasi petunjuk teknis (Juknis) Bantuan Keuangan Khusus (BKK) desa di Ruang Bung Tomo, pada Jumat (22/10/2021). Sosialisasi Juknis BKK ini diikuti, para Camat dan Kepala Desa penerima bantuan.

Kepala DPMD Jombang Sholahuddin Hadi Sucipto, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang, tahun ini akan memberi bantuan BKK bidang sarana dan prasarana, kepada 191 desa di Kabupaten Jombang.

“Sesuai SK Bupati Jombang nomor 188.4.45/350/415.10.1.3/2021 tanggal 13 Oktober 2021 tentang Daftar Penerima Besaran BKK Bidang Sarpras. Sudah dilakukan evaluasi DPMD. Total BKK yang akan diglontorkan sebesar Rp 23.880.473.800 yang bersumber PAPBD 2021.” kata Sholahuddin.

Sholahuddin merincikan, bantuan tersebut untuk membiayai 108 kegiatan penguatan infrastruktur jalan, jembatan dan bangunan air. Serta 145 kegiatan  untuk belanja bidang sarpras desa.

“Dengan adanya sosialisasi kami berharap kepada 191 desa penerima bantuan, dan pihak lain yang terlibat penerimaan bantuan dan memahami teknis dan aturan pelaksanan bantuan. Agar bantuan ini tepat sasaran.” Tuturnya.

Selain itu Sholahuddin, berpesan agar bantuan digunakan sebaik-baiknya dilakukan sesuai aturan yang sebenarnya dan dengan hati-hati.

“Tujuan dari pemberian BKK bidang sarana prasarana ke 191 desa tersebut, salah satu upaya dari Pemkab Jombang dalam meningkatkan pembangunan ditingkat pedesaan dengan disasarkan pada aspirasi yang diperoleh dari masyarakat, untuk percepatan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, serta penanggulangan kemiskinan. Sehingga diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan pembangunan di tingkat desa” Ujarnya.

Sholahuddin menambahkan, BKK ini bersifat khusus, dalam artian peruntukan, lokasi dan besaran bantuan ditetapkan oleh Pemkab Jombang, yang diberikan untuk desa, untuk membangun infrastruktur tingkat desa sesuai kewenangan desa.

“Bantuan ini dimaksudkan bisa mempercepat akselerasi pembangunan di desa dalam menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan atau peningkatan infrastruktur,” Imbuhnya. (Ris/Snt)

Check Also

Program PAMSIMAS Disperkim Jombang Bangun Jaringan Air Bersih Di Desa Jatimlerek

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Berbagai Program Nasional (Pronas) telah dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!