godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , Juli 15 2020
Home / Daerah / Pemprov Sumsel Kucurkan Rp37 Miliar untuk Tangani Kebakaran Hutan
Ilustrasi kebakaran hutan Sumsel

Pemprov Sumsel Kucurkan Rp37 Miliar untuk Tangani Kebakaran Hutan

PALEMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemprov Sumatra Selatan telah mengucurkan dana sebanyak Rp 37 miliar untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di provinsi tersebut.

Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan antisipasi dan penanganan karhutla secara matang, termasuk pendanaan. “Sudah kami kucurkan Rp 37 miliar. Ini dimanfaatkan untuk pencegahan dan penanganan karhutla pada tahun ini,” katanya, Kamis (18/6/2020).

Menurut Gubernur, jumlah tersebut dapat ditingkatkan menjadi Rp 50 miliar jika memang nantinya dibutuhkan. saat ini pihaknya telah membuat posko dan membentuk satuan tugas untuk penanganan karhutla.

Daru mengaku, sudah menetapkan status siaga pada 20 Mei lalu, meski di tengah anomali hujan yang masih tinggi.

“Status siaga ini kita keluarkan, bertujuan agar semua pihak bisa bergerak menjalankan tugas dan fungsinya. Bukan hanya unsur pemerintah namun juga TNI dan Polri serta pihak lain yang terlibat,” ujarnya.

Ia menjelaskan itik panas yang telah terpantau sejak Januari 2020 hingga kini mencapai 1.721 titik. Titik panas terlihat di Musi Banyuasin, Lahat, Banyuasin, Prabumulih, OKI dan Muara Enim. 

“Yang menjadi fukus perhatian utama memang daerah tersebut karena didominasi lahan gambut. Tahun ini kita tambah luasan daerah rawan karhutla karena kita berkaca dari tahun lalu,” kata dia.

Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori, menjelaskan dengan sudah ditetapkan status siaga darurat maka pemerintah pusat sudah mengucurkan bantuan penanganan karhutla untuk Sumsel, berupa helikopter dan pesawat. 

“Saat ini Pimprov sudah menerima tiga bantuan dari pusat untuk antisipasi karhutla, yakni 2 unit helikopter untuk patroli dan waterbombing dengan kapasitas 5.000 liter dan satu unit pesawat untuk patroli,”Ujarnya. (Iw)

Check Also

BLT Bawa Petaka, Massa Bentrok Dengan Polisi, Mobil Dinas Wakapolres Dibakar

MANDAILING NATAL, NusantaraPosOnline.Com-Ratusan warga Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal (Madina), menggelar unjukrasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!