Penetapan Dan Pengundian Nomer Urut Calon KDAW Desa Karangpakis Jombang Tahun 2022

pemilihan kepala desa antarwaktu desa karangpakis jombang 4
Suasana pelaksanaan tahapan pengesahan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW desa Karangpakis, yang berjalan aman dan tertip. Senin siang (3/1/2022)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Proses tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, sudah memasuki tahapan penetapan calon kepala desa dan pengundian nomor urut calon kepala desa.

Pada Senin Siang (3/1/2022) panitia pemilihan KDAW Desa Karangpakis, melaksanakan rapat terbuka pengesahan calon KDAW dan pengundian nomor urut calon KDAW, di pendopo Balai Desa Karangpakis.

Acara penetapan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW ini, dihadiri oleh Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) yakni Camat Kabuh Anjik Eko Saputro SH.M.si, Kapolsek, Danramil, 4 Bakal Calon KDAW, Ketua dan anggota BPD, Babinkamtibmas, Babinsa, Pj Kades Karangpakis Solikin dan tokoh masyarakat sebanyak 150 orang.

Ketua panitia pemilihan KDAW Desa Karangpakis, Galuh Radinka Tristiana S.TP menuturkan, pemilihan KDAW Desa Karangpakis tahun 2022 ini, diikuti 4 orang Bakal Calon yang sudah mengikuti tahapan tahapan seleksi administrasi pendaftaran Bakal Calon KDAW.

pemilihan KDAW Desa Karangpakis Jombang
Suasana pelaksanaan tahapan pengesahan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW desa Karangpakis. Senin siang (3/1/2022)

“Berdasarkan peraturanan Bupati Jombang Nomer 34 tahun 2021, tentang tata cara pelaksanaan pemilihan KDAW. Untuk menetapkan calon KDAW paling sedikit 2 orang dan paling banyak 3 orang. Untuk itu, panitia Pemilihan KDAW telah melakukan seleksi tambahan dengan melakukan perangkingan terhadap berkas bakal 4 orang bakal calon KDAW.” Kata Galuh, Senin siang (3/1/2022).

Galuh menjelaskan, penilaian seleksi tambahan berkas bakal calon KDAW tersebut meliputi : Pengalaman kerja mengenai Pemerintah Desa, tingkat Pendidikan, dan penilaian lain-lain. Untuk penilaian lain-lain ini dinilai dari lama pengalaman kerja sebagai Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa (RT, RW. PKK, Karang taruna, Posyandu, dan LPMD).

“Berdasarkan hasil seleksi tambahan maka ditetapkanlah Bakal Calon KDAW desa Karangpakis 2022 menjadi Calon KDAW yang berhak dipilih dengan Keputusan Panitia pemilihan yakni atas nama : Sdr Hariadi SH ; Sdr Joko Rusdianto SE; dan Sdr Sutopo.” Tegas Galuh ketua panitia pemilihan KDAW desa Karangpakis.

pemilihan kepala desa antarwaktu desa karangpakis jombang 6
Suasana pelaksanaan tahapan pengesahan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW desa Karangpakis. Senin siang (3/1/2022)

Ia menjelaskan, acara yang dilaksanakan hari ini Senin 3 Januari 2021 adalah tahapan penetapan Bakal calon menjadi Calon, dan pengundian nomor urut calon KDAW. Yakni  Sdr Hariadi SH, mendapat nomor urut 1(satu); Sdr Joko Rusdianto SE, nomor urut 2 (dua), dan Sdr Sutopo nomor urut 3 (tiga).

“Pengundian nomor urut di lakukan secara terbuka dan menggunakan bola yang di dalamnya ada kertas masing-masing kertas sudah ada tertulis angka 1, 2 dan 3. Calon satu persatu mengambil bola yang ada di dalam wadah kaca. Pengundian disaksikan secara terbuka oleh semua yang hadir dalam acara ini.” Ungkapnya.

“Kami bekerja sesuai dengan herarki peraturan perundang-undangan yang ada. Dalam melaksanakan pemilihan KDAW ini mengacu kepada Undang-undang nomor 72 tahun 2020 tentang pemilihan kepala desa, dan Peraturan Bupati Jombang nomor 34 Tahun 2021 tentang pemilihan kepala desa. Jadi semua tahapan pelaksanaan pemilihan KDAW desa Karangpakis, kami laksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.” Terang Galuh.

Ia menambahkan, pelaksanaan pemilihan KDAW desa Karangpakis tahun 2022, mulai dari tahapan pendaftaran, seleksi adminstrasi bakal Calon, Seleksi tambahan, penetapan bakal calon / pengesahan calon yang hari ini sedang dilaksanakan. Kami laksanakan sesuai peraturan yang ada, dan Alhamdulillah berjalan lancar.

pemilihan kepala desa antarwaktu desa karangpakis jombang 5
Suasana pelaksanaan tahapan pengesahan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW desa Karangpakis. Senin siang (3/1/2022)

“Setelah penetapan calon hari ini, tahapan berikutnya akan dilanjutkan Musyawarah desa (Musdes) dengan agenda pemilihan KDAW yang akan dilaksanakan pada hari Kamis 6 Januari 2022. Dan tahapan terakhir pelantikan Calon KDAW yang terpilih dalam Musdes.” Ujar Galuh.

Galuh berpesan, kepada peserta Musdes yang akan digelar tanggal 6 Januari 2022 nanti, agar mengunakan hak pilih sebaik-baiknya. Untuk memilih pemimpin (Kades) desa Karangpakis kedepan, untuk meneruskan pembangunan desa agar lebih baik lagi. Tutur Galuh.

Sementara itu, Camat Kabuh Anjik Eko Saputro SH, M.Si, mengatakan hari ini telah di laksanakan pengesahan bakal calon KDAW menjadi calon KDAW.

“Untuk syarat-syarat dan kelengkapan bakal calon KDAW tahun 2022. Hal ini sudah diatur dalam Perbub Jombang Nomer 34 tahun 2021. Jadi calon KDAW yang ditetapkan hari ini, adalah calon yang memenuhi syarat berdasarkan Perbub tersebut.” Tutur Camat Kabuh.

Dalam pemilihan KDAW ada aturan dan syarat-syarat yang harus ditaati oleh para bakal calon KDAW, semua sudah dituangkan dalam Perbub Jombang.

“Saya berharap kepada bakal Calon KDAW desa Karangpakis yang tidak masuk atau tidak lolos penetapan calon KDAW karena tidak memenuhi syarat administrasi. Bisa legowo dan lebih sportif.” Ungkap Camat Anjik.

pemilihan kepala desa antarwaktu desa karangpakis jombang 8
Suasana pelaksanaan tahapan pengesahan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW desa Karangpakis. Senin siang (3/1/2022)

Ketua BPD Karangpakis, Anis Sanjaya, dalam sambutanya ia menyampaikan agar pelaksanaan pemilihan KDAW ini bisa berjalan tertib dan lancar.

“Hari ini adalah moment yang sangat mendebarkan yaitu pengesahan calon KDAW desa Karangpakis dan pengundian. Kita (BPD) Bersama panitia pemilihan KDAW sudah berusaha melaksanakan sosialisasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya sehingga di perjalanan kita nanti tidak terjadi permasalahan untuk menentukan sikap kita bersama dalam memilih kepala Desa karangpakis untuk 4 tahun kedepan” Ujarnya.

Sementara itu, Pj Kades Karangpakis Solikin, mengatakan pihaknya berharap tahapan demi tahapan pemilihan KDAW desa Karangpakis dapat berjalan aman dan kondusif. Ia juga berharap kepada panitia untuk tetap menjaga netralitas.

Pemilihan KDAW Desa Karangpakis Jombang
Suasana pelaksanaan tahapan pengesahan calon dan pengundian nomer urut calon KDAW desa Karangpakis. Senin siang (3/1/2022)

“Alhamdulillah, tahapan penetapan dan pengundian nomor urut sudah selesai hari ini. Ia berharap pelaksanaan pemilihan KDAW ini bisa berjalan kondusif hingga sampai pada tahapan pemilihan (Musdes) dan pelantikan Kades terpilih. Kami harap juga panitia tetap menjaga netralitas.” Tuturnya.

Sebagai informasi, Desa Karangpakis, mengelar pemilihan KDAW, dikarenakan Kepala desa sebelumnya meninggal dunia, dengan 4 tahun sisa masa jabatan.

Berdasarkan hal tersebut maka Desa Karangpakis mengelar pemilihan KDAW, dan saat ini proses pemilihan KDAW sedang berjalan, sampai pada tahapan penetapan calon KDAW. Dengan demikian pelaksanaan pemilihan KDAW desa Karangpakis tinggal, dua langkah atau tahapan lagi, yakni tahap Musdes (pemilihan), dan tahap pelantikan. Desa Karangpakis akan segera memiliki pemimpin yang baru. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!