godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 7 2021
Home / Pemerintah / Program Kotaku 2020 Senilai Rp 2 Miliar Di Kab Jombang Akan Segera Direalisasikan
Acara rapat kordinasi program Kotaku 2020 Cluster 02 Jombang

Program Kotaku 2020 Senilai Rp 2 Miliar Di Kab Jombang Akan Segera Direalisasikan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2020 yang melibatkan 2 desa dan di Kabupaten Jombang, Jawa timur, dengan anggaran Rp 2 Miliar, akan segera direalisasikan.

Program Kotaku merupakan program yang berkelanjutan untuk menyelesaikan penanganan Kawasan kumuh oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kementrian PUPR RI). Adapun fokus dan target strategis program Kotaku tahun 2020 adalah :

  1. Luas lokasi tuntas kumuh dengan tingkat pelayanan pada 5 infrastruktur utama (air bersih, sanitasi, jalan, drainase, persampahan min 80% bertambah 2.887 Ha di tahun 2020 dan 4.330 Ha tahun 2021.
  2. Prioritas investasi di sektor watsan dalam mendukung pencapaian target key performance indicator (KPI) secara menyeluruh.
  3. Mendukung pemenuhan target penanganan permukiman kumuh pada RPJM N  2020 -2024 melalui penyusunan baseline permukiman kumuh (Basis Permen PUPR No.14/2018) dan investasi penanganan kumuh di 2.000 Ha.
  4. Pilot model pengembangan infrastruktur permukiman yang berkelanjutan melalui kolaborasi BKM dengan Pemda Kota / Kabupaten dan swasta.
PROGRAM KOTAKU : Pembekalan tenaga fasilitator program Kotaku 2020 Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas Perumahan dan permukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Jombang, Ir Heru Widjajanto. M.Si, mengatakan, program Kotaku tahun 2020 ini secara garis besar diperuntukkan untuk Pengurangan permukiman kumuh seluas 2.000 Ha melalui integrasi investasi BPM dan kolabarasi (Skor kekumuhan <16).

“Pelaksanaan program Kotaku tahun 2020 ini juga berbeda dengan tahun 2019 karena langsung dibawah koordinasi Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Timur. Karena langsung dibawah Balai, sehingga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) akan langsung dijabat oleh personil Satuan Kerja dibawah Balai.” Kata Heru, melalui pernyataan tertulis, yang diterima NusantaraPosOnline.Com. Senin (8/6/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini Dinas Perkim hanya sebagai Tim Monitoring namun tetap diharapkan perannya dalam keikutsertaan dalam fasilitasi kelancaran program Kotaku di wilayah Kabupaten Jombang.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 176 / KPTS / M / 2020 tanggal 5 Maret 2020, Kabupaten Jombang mendapatkan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) sebesar Rp. 2 miliar. “BPM tersebut  diperuntukan untuk dua desa, yakni Desa Dukuhmojo Kecamatan Mojoagung, dan Desa Candimulyo Kecamatan Jombang dengan nilai BPM masing masing Rp. 1 Miliar.” Terangnya.

PROGRAM KOTAKU : Acara rapat kordinasi program Kotaku 2020 Cluster 02 Jombang

Menurut Heru, program Kotaku tahun 2020 saat ini sedang dalam tahap proses penyusunan Rencana Kerja Masyarakat, diharapkan pertengahan pada Juni atau paling lambat awal Juli 2020, kegiatan fisik Kotaku sudah bisa dilaksanakan secara swakelola / padat karya.

“Program ini sangat bermanfaat dalam upaya memberikan pelayanan untuk hidup sehat dan memiliki keperdulian terhadap lingkungan, dan saya berharap untuk tahun berikutnya program Kotaku dapat kembali dilaksanakan di Jombang.” Ujarnya.

Program ini sangat bagus, dan kedepan semoga kita tetap bisa berkolaborasi dalam membangun Kabupaten Jombang, karena tanpa ada kolaborasi dan kerjasama dari tingkat desa sampai pusat maka pembangunan tidak akan maksimal. (Ris/Snt/ Dinas Perkim Jombang)

Check Also

6 Pejabat Lingkup Pemkab Jombang Dilantik Dan Disumpah

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, melantik  6 ASN untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!