Program Perbaikan RTLH DAK di Jombang Sasar 51 Rumah Warga 3 Desa di Kecamatan Kudu

Salah satu RTLH milik warga dikecamatan Kudu, yang sudah berhasil direhab melalui program perbaikan RTLH DAK 2022.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) DAK di Kabupaten Jombang terus berlanjut. Kali ini, program ini menyasar 51 rumah warga di 3 desa di Kecamatan Kudu.

Kegiatan ini didanai dari Dana alokasi khusus (DAK) bidang perumahan tahun 2022 dari Kementrian PUPR.

Kepala Dinas Perkim Jombang, Heru Widjajanto menjelaskan, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Jombang tetap berkomitmen dalam melaksanakan rehab RTLH, baik melalui program DAK, bidang perumahan maupun Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Yang di dalamnya mensyaratkan tersedianya dana sharing yang bersumber dari APBD Kabupaten Jombang untuk menunjang pelaksanaan program tersebut antara lain untuk upah tenaga pendamping lapangan, fasilitasi kegiatan, biaya umum, dan lain sebagainya,” ungkapnya, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan pada tahun anggaran 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Jombang mendapatkan DAK bidang perumahan yang ditujukan untuk melakukan rehab sebanyak 51 rumah warga tidak mampu, yang memenuhi syarat sebagai penerima bantuan.

“Lokasinya tersebar di 3 desa di Kecamatan Kudu. Pertama Desa Katemas sebanyak 16 unit, Desa Kudubanjar sebanyak 19 unit, dan Desa Sumberteguh sebanyak 16 unit.” terangnya.

Heru menyebut, alokasi anggaran rehab tiap unit rumah pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yaitu dari Rp20 juta menjadi Rp35 juta untuk tiap unit.

“Untuk kebutuhan material sebesar Rp32,5 juta, serta upah pekerja dipatok sama dengan tahun sebelumnya yaitu Rp2,5 juta,” paparnya.

Heru mengaku, pada saat ini, proses pelaksanaan fisik atau pembangunan secara swadaya oleh penerima bantuan telah mencapai 100 persen. “Saat ini sedang kami laksanakan monitoring terhadap hasil pembangunan tersebut yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan pencairan upah tahap akhir,” Terang Heru. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!