godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Senin , Januari 18 2021
Home / Investigasi / Proyek Siluman Muncul Di Jombang, Diduga Untuk Bohongi Rakyat
Sekitar 25 meter L-shipe yang terbuat dari beton pracetak yang sudah terpasang disaluran irigasi tesebut. Minggu (30/8/2020).

Proyek Siluman Muncul Di Jombang, Diduga Untuk Bohongi Rakyat

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pekerjaan proyek saluran irigasi yang berada di desa Ngampungan menuju ke desa Kebondalem, kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, disoroti warga setempat.

Pasalnya proyek yang sudah mulai berjalan petengahan Agustus 2020 tersebut tanpa papan nama proyek. Hal itu kemudian mendapat sorotan dari warga setempat proyek yang dibangun pemerintah dinilai proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.

Proyek saluran irigasi siluman yang tidak terpasang papan nama proyek. Minggu (30/8/2020).

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama jadi kuat indikasi ini adalah modus untuk membohongi masyarakat untuk menghindari pengawasan langsung dari masyarakat pembayar pajak. Agar masyarakat kesulitan mengakses informasi besar anggaran, sumber anggaran, pelaksana proyek.” Kata Sunarto, salah seorang warga setempat, kepada NusantaraPosOnline.Com. Minggu (30/8/2020).

Menurut Sunarto, wajar kalau masyarakat berasumsi bahwa proyek tersebut akan dijadikan lahan korupsi oleh oknum pejabat dikantor, atau dinas yang yang menangani proyek tersebut. “Wajar kalau rakyat curiga bahwa proyek ini akan dijadikan lahan korupsi, karena untuk sebuha papan nama proyek yang harganya murah saja tidak dipasang. Proyek yang dilaksanakan transparan saja masih terjadi korupsi, apalagi proyek yang siluman seperti ini.” Ujarnya.

Dia sangat menyayangkan seperti pengawasan lapangan memonitoring dan menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

Menurutnya, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

L-shipe yang terbuat dari beton pracetak merek AJ Beton, yang masih menumpuk siap untuk dipasang. Minggu (30/8/2020).

“Pemasangan papan nama proyek merupakan bagian dari azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. Dengan demikian masyarakat juga bisa mengetahui, pengunaan uang pajak yang mereka bayar kenegara. Jadi rakyat tidak hanya diperas disuruh bayar upeti atau pajak kepada negara, rakyat punya hak mengetahui pengunaan uang pajak yang dikumpulkan dari keringat mereka.” ungkap warga yang mengetahui betul tentang proyek itu.

Sunarto, juga menegaskan, pada Pasal 6 dalam Perpres No 16 Th 2018 bagian ketiga Prinsip Pengadaan Barang/Jasa harus menerapkan prinsip efesien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel. “Pada pelaksanan proyek saluran irigasi didesa Kebondalem, kecamatan Bareng, jauh sekali dari prinsip-prinsip tersebut. Ini namanya dibangun seenak perut mereka sendiri.” Tegas Sunarto.

Dari pantauan dilapangan, minggu siang 30 Agustus 2020 pekerjaan proyek saluran irigasi tersebut diperkirakan bernilai miliyaran rupiah, mengunakan bahan L-shape dari beton pracetak. Saat ini suadah ada sekitar 25 L-shipe yang terbuat dari beton pracetak yang terpasang disaluran irigasi tesebut. Pemasangan L-shape tersebut juga dipasang asal-asalan karena L-shape terkesan hanya disusun atau diletakan begitu saja. Tanpa ada perapian lantai lantai kerja

Namun tidak terlihat aktifitas pekerja, besar kemungkinan pada hari Minggu, pengerjaan proyek siluman ini libur. Tidak ada satupun, penaggung jawab lapangan atau pekerja yang bisa diminta konfirmasi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara jelas proyek siluman atau abal-abal tersebut, milik dinas atau satuan kerja apa. (Rin/Why)

Check Also

Proyek Gedung MAN 4 Denanyar Rp 5,5 M, Dikerjakan PT Cipta Prima Selaras Tanpa Papan Nama

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Proyek Pembangunan Gedung Pusat Layanan Keagamaan Terpadu MAN 4 Jombang, yang berada Jl. KH. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!