godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Kamis , November 26 2020
Home / Pemerintah / Ratusan Warga Desa Alang-Alang Caruban Jombang, Hari Ini Terima Sertifikat PTSL
Sekda Kab Jombang Akhmad Jazuli, melakukan penyerahan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga desa Alang-alang caruban. Kamis (19/11/2020)

Ratusan Warga Desa Alang-Alang Caruban Jombang, Hari Ini Terima Sertifikat PTSL

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-BadanPertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jombang, Kamis (19/11/2020) membagikan 700 sertifikat tanah kepada warga Desa Alang-Alang Caruban, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur, yang mendaftarkan tanahnya melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan sertifikat tersebut, dilaksanakan di kantor desa setempat.  Yang dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Jombang Dr. H. Akhmad Jazuli SH, MSi  Kepala BPN Jombang Tutik Agustiningsih S.H Mhum, Forkopimcab Kecamatan Jogoroto, dinas terkait lainnya, dan warga setempat penerima manfaat PTSL.

Kepala BPN Jombang Tutik Agustiningsih, melakukan penyerahan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga desa Alang-alang caruban. Kamis (19/11/2020)

Kepala desa (Kades) Alang-alang Caruban, Zuniati, yang membuka acara tersebut, dalam sambutanya mengatakan bahwa sertifikat yang dibagikan hari ini adalah, hasil pelaksanaan PTSL tahun 2019 lalu.

“Tahun 2019 desa Alang-alang caruban, mendapat bantuan atau jatah 3.000 bidang sertifikat PTSL dari BPN Jombang. Setelah dibuka pendaftaran di desa, ada 1.650 bidang tanah warga yang diajukan warga, dari jumlah tersebut, sudah kita ajukan ke kantor BPN Jombang. Alhamdulillah hasilnya hari ini sudah 700 sertifikat yang jadi, dan kita bagikan hari ini. Sedangkan sisanya, masih dalam proses di BPN Jombang.” Kata Zuniati, kades yang menjabat tiga periode.

Atas nama pemerintah desa Alang-alang caruban, dan atas nama masyarakat, mengucapkan terima kasih, kepada kepala BPN Jombang, Pemkab Jombang, yang telah memfasilitasi dan memberikan bantuan program PTSL di desa Alang-alang caruban. Karena program ini sangat membantu warga setempat.

Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia PTSL desa Alang-alang caruban, yang telah bekerja keras agar pelaksanan PTSL di Desa Alang-alang caruban, berjalan lancar.

Camat Jogoroto, melakukan penyerahan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga desa Alang-alang caruban. Kamis (19/11/2020)

“Saya juga berpesan, kepada warga yang telah menerima sertifikat tanah hari ini, agar menjaga sertifikat tanahnya dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai diberikan kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena sertifikat tanah adalah bukti otentik, yang syah menurut hukum, atas kepemilikan tanah.” Ujar Kades.

Disamping itu, sertifikat tanah termasuk aset berharga, karena bisa dijadikan untuk jaminan pinjama modal usaha di Bank.  “Pinjam uang di Bank dalam artian positif yaitu untuk modal usaha, bukan uantuk biaya hidup sehari-hari. Oleh karena itu jagalah baik-baik, sertifikat tersebut.” Kata Zuniati, menghimbau, warganya.

Kepala BPN Jombang, Tutik Agustiningsih, dalam sambutanya, mengatakan bahwa jumlah sertifikat tanah yang diajukan warga desa Alang-alang caruban, melalui PTSL yang sudah masuk ke BPN sebanyak 1.650 bidang tanah. Dari jumlah tersebut sebanyak 700 bidang tanah yang sertifikatnya sudah jadi. “Sertifikat yang sudah jadi sebanyak 700 sertifikat, kita serahkan hari ini, sedangkan sisanya akan kita serahkan pada tahun 2021.” Kata Tutik.

Menurut, Tutik, pelaksanaan PTSL di desa Alang-alang caruban dari awal sampai hari ini termasuk berjalan baik, dan lancar. Oleh karena BPN Jombang, akan memberi tambahan kloter baru untuk tahun depan atau tahun 2021 untuk warga desa Alang-alang caruban.

Kades Alang-alang caruban Zuniati, melakukan penyerahan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warganya. Kamis (19/11/2020)

“Jadi bagi warga desa Alang-alang caruban, yang belum mendaftar pengajuan sertifikat PTSL, masih ada kesempatan untuk mendaftar. Karena sampai tahun depan kita akan selesaikan sampai tuntas. Tapi kalau masyarakatnya kurang bisa diajak berkomunikasi, maka kloter untuk desa Alang-alang caruban akan kami alihkan kedesa lain.” Kata Tutik.

Saya mengucapkan terima kasih, kepada semua lapisan masyarakat yang telah membantu kelancaran pelaksaanan PTSL yang merupakan program pemerintah pusat sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki  secara adil dan merata. Tuturnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli, mengatakan Program PTSL ini sangat bermanfaat bagi warga Jombang, terutama mereka yang belum memiliki sertifikat tanah. Kinerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang dan BPN terbilang cukup baik menyukseskan program PTSL ini.

Kepemilikan sertifikat tanah sangat penting bagi warga apalagi jika di desa, beberapa masih belum memiliki sertifikat tanah. Dengan adanya program ini, hak kepemilikan atas tanah jelas dan ada otentiknya yaitu sertifikat tanah sehingga tidak akan menimbulkan kerugian. Misalnya, pengakuan hak kepemilikan tanah yang sudah lama ditempati, namun belum ada sertifikat tanah yang jelas. 

“Bapak, ibu saya berpesan, sertifikat milik Bapak Ibu semua. Harus disimpan dengan baik, bisa dipakai sebagai aset, investasi, kalaupun dipergunakan untuk mendapatkan pinjaman, gunakan untuk hal yang produktif misalnya jualan, berdagang.” Tuturnya. 

Suasana penyerahan sertifikat PTSL di Kantor desa Alang-alang caruban. Kamis (19/11/2020)

Pesan disampaikan bupati untuk memberikan semangat pada warga dan manfaat akan sertifikat tanah yang menunjukkan kepemilikan. Tanah semakin lama akan semakin mahal, menjadikannya aset yang harus dijaga dan dipergunakan sebaik-baiknya.” Kata Sekda Jombang.

Usai acara sambutan, kemudian acara dirangkai dengan penyerahan sertifikat kepada warga, yang ditandai dengan penyerahan sertifikat tanah secara simbolik yang dilakukan Sekertaris Daerah (Sekda) Jombang Dr. H. Akhmad Jazuli, Kepala BPN Jombang Tutik Agustiningsih S.H Mhum, Camat Jogoroto, dan Kades Alang-alang caruban Zuniati, kepada perwakilan warga desa setempat.

Kemudian dilanjutkan dengan pembangian sertifikat kepada warga. dengan menerapkan protokol Covid-19 dengan membagi jadwal menjadi beberapa dua tahap, memakai masker serta mengatur jarak.

Termin pertama pembagian 300 sertifikat dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB, kemudian termin kedua pembagian 400 sertifikat, dimulai 11.00 – selesai. (Ris/Snt)

Check Also

PT Pos Indonesia Mulai Salurkan Bansos Tunai Tahap 8, Realisasi Capai 31 Persen

Penyaluran BANSOS TUNAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!