godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Rayakan HUT RI, Pemdes Karangdagangan Gelar Lomba Penataan Lingkungan Dan Lampu Hias
Kades Karangdagangan, Tambit (pakai masker hijau) bersama tim penilai dari Humas Pemkab Jombang. Jum’at malam (20/8/2021)

Rayakan HUT RI, Pemdes Karangdagangan Gelar Lomba Penataan Lingkungan Dan Lampu Hias

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam rangka memperingati HUTKemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun, warga di Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang memeriahkan dengan cara unik.

Semua RT di desa tersebut bersaing menghias jalan kampung dan gapura dalam lomba menata dan menghias lingkungan yang digelar Pemdes setempat.

Semarak lomba menghias kampung antar RT itu sangat terlihat. Hampir di semua RT di Karangdagangan ini, kini tampak bersih sangat gemerlap. Ada tiga Dusun yang mengikuti lomba ini, yaitu Dusun Karangturi, Karangasem, Karangrejo, yang terdiri dari 9 RT 3 RW yang mengikuti lomba.

Kades Karangdagangan, besama istri, dan ibu-ibu PKK desa Karangdagangan. Jum’at malam (20/8/2021)

Pancaran pernak-pernik lampu hias, lampion, taman selfie, mural tembok pagar rumah serta hias gapura pintu masuk, menjadi pemandangan yang mewarnai hampir semua sudut lingkungan RT di desa Karangdagangan.

Kepala Desa Karangdagangan, Tambit, mengatakan lomba menghias kampung itu digagas oleh Pemerintah Desa Karangdagangan. Lomba menata lingkungan dan lampu hias ini bertujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT RI Ke-76 tahun di 2021, dan sekaligus kita jadikan momen untuk menata lingkungan, agar rapi dan bersih.

“Penilaian lomba penataan lingkungan dan lampu hias dilakukan mulai tanggal 10 – 20 Agustus 2021 dan hasil lomba akan diumumkan pada 26 Agustus mendatang. Dalam perlombaan ini ada tiga kriteria yakni Kreativitas Kebersihan, kreativitas Keindahan lingkungan, dan Kreatifitas visual yang didominasi warna merah putih.” Kata Tambit. Jum’at malam (20/8/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, kebetulan pada tanggal 26 Agustus nanti akan diadakan peringatan HUT RI yang dipusatkan di lapangan didesa setempat. “Nanti sekaligus digelar rutinan pengajian yang diperuntukkan bagi warga setempat,” terang Kades.

Suasana lomba penataan lingkungan dan lampu hias dalam rangka menyemarakan HUT RI Ke 76 tahun di Desa Karangdagangan. (20/8/2021)

Tambit menyebutkan, lomba menata lingkungan dan lampu hias ini memang baru kali pertama digelar didesa Karangdagangan.

“Dimasa pandemi Covid-19 ini Pemdes Karangdagangan mengisi kegiatan peringatan HUT RI dengan kegiatan lomba yang tidak menimbulkan kerumunan warga, karena untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu kita adakan lomba penataan lingkungan dan lampu hias. Alhamdulillah lomba ini disambut antusias warga, hal ini terbukti warga besemangat membersihkan dan menata lingkungan, juga menghiasai lingkungan dengan lampu hias di sepanjang gang jalan dan lorong yang ada.” Ujarnya.

Kades Karangdagangan menambahkan, untuk tim penilai lomba diambilkan dari tim independen dari Pemkab Jombang. “Untuk penilaian lomba kita meminta Pemkab Jombang yang memberi penilaian. Kebetulan tim penilaian lomba ini adalah dari Bagian Humas Pemkab Jombang.” Imbuhnya.

Sumadi (37) warga dusun Karangasem, mengatakan lomba ini disambut antusias oleh warga, meski baru pertama kali dilakukan adanya lomba penataan lingkungan dan lampu hias.

Kades Karangdagangan, Tambit, bersama anak-anak pelajar SD desa Karangdagangan. Jum’at malam (20/8/2021)

“Warga bersemangat mengikuti lomba ini, warga rela bekerja keras memoles habis lingkungannya dan rela merogoh dana ratusan ribu demi menjadi yang terbaik dalam lomba. Lomba ini sangat berdampak positif, karena lingkungan terliat bersih dan rapi, dan nampak keindahan pancaran warna-warni lampu yang menghiasi di sepanjng jalan desa gang, dan gapura desa dan Dusun. Sehingga momen peringatan HUR RI tahun ini sangatlah berkesan bagi warga.” Kata Sumadi.

Sumadi menambahkan, Kades Karangdagangan ini, juga rela merogo uang dari kocek pribadinya untuk menyemarakan peringatan HUT RI di Desa Karangdagangan, hal ini menambah semangat warga. “Kades Karangdangan ini rela berkorban uang pribadi yang penting heppy (acara sukses)” Ujar Sumadi sambil tersenyum-senyum.

Sementara itu, menurut  H Suhardi, yang akrap disapa pak Deh, tokoh masyarakat setempat, mengatakan kegiatan lomba yang digelar oleh Pemdes Karangdagangan ini, sangat baik, dalam rangka menyemarakan HUT RI, karena berdampak positip untuk penataan lingkungan. Dan momen peringatan HUT RI di desa Karangdagangan meski ditengah masa pandemi Covid-19 tetap berjalan meriah.

Suasana lomba penataan lingkungan dan lampu hias dalam rangka menyemarakan HUT RI Ke 76 tahun di Desa Karangdagangan. (20/8/2021)

“Warga sangat antusias dan mendukung kegiatan ini, karena lomba seperti ini bisa meningkatkan semangat warga untuk terus kuat bertahan dimasa pandemi sekarang ini. Disamping itu lingkungan jadi bersih dan indah.” Ujarnya.

Untuk menambah semangat warga dalam lomba penataan lingkungan dan lampu hias ini, Pemerintah desa Karangdagangan, juga menyediakan hadiah berupa uang. Untuk juara 1 akan mendapat hadiah uang tunai Rp 2 juta dan satu ekor kambing; Juara 2 uang Rp 1,5 juta + 1 Kambing; dan juara 3 uang Rp 1 juta + 1 Kambing.

Selanjutnya bagi RT yang tidak mendapat juara tetap mendapatkan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp 500 ribu + 1 Kambing. (Why/May)

Berikut ini suasana lomba penataan lingkungan dan lampu hias dalam rangka menyemarakan HUT RI Ke 76 tahun di Desa Karangdagangan. Jumat malam (20/8/2021) :

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!