godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Februari 26 2021
Home / Pemerintah / Senyum Ceria Warga Warnai Pembangunan Jalan Baru Pemdes Kedunglumpang
Kepala Dusun Kedunglumpang, Ardianto (Paling kanan), Tim teknis Yuliadi (kaos biru), Ketau TPK Armi (kaos garis-garis) dan warga, dilokasi pembangunan pengerasan jalan baru, yang sudah selesai dibangun. Kamis (4/2/2021)

Senyum Ceria Warga Warnai Pembangunan Jalan Baru Pemdes Kedunglumpang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Warga Dusun / Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, tersenyum ceria, setelah Pemerintah desa Kedunglumpang, membangun jalan di dusun tersebut dengan mengunakan Dana Desa 2020.

Jalan yang dibangun didusun Kedunglumpang tersebut, berupa pembukaan jalan baru dengan panjang 760 meter. Yang melibatkan masyarakat setempat.

Kepala Desa Kedunglumpang, Juprianto, mengatakan dimasa pandemi Covid-19 ini membuat semua anggaran desa memprioritaskan untuk penanganan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, dan untuk membantu warga melalui BLT Dana Desa. Akibatnya pembangunan fisik baik itu infrastruktur jalan maupun irigasi jadi terhenti sementara.

Bangunan Jalan didusun Kedunglumpang, yang sudah selesai dibangun, dibiayai Dana Desa 2020. Kamis (4/2/2021)

Meski demikian Pemdes Kedunglumpang, tetap menyisihkan Dana Desa tahun 2020, untuk pembangunan fisik, berupa pembangunan / pembukaan jalan baru didusun Kedunglumpang dengan panjang 536 meter, ditambah pengembangan 224 meter, dengan lebar variasi 3,5 meter dan 4 meter.

“Pembangunan atau pembukaan jalan baru tersebut dibiayai Dana Desa 2020 sebesar Rp 141.500.000. Adapun pekerjaan dilapangan berupa meliputi pembersihan lokasi yang akan dibangun jalan baru, perkerasan/makadam berupa urugan tanah tras dan sirtu, dengan ketebalan 1 meter.”  Kata Juprianto. Kamis (4/2/2021).

Pembangunan ini dilakukan, untuk melancarkan aktifitas warga sehari-hari, dan melancarkan aktifitas perekonomian warga. Dengan dibangun jalan baru ini diharapkan bisa mengerakan perekonomian warga agar lebih baik lagi.

“Pembukaan jalan baru ini, berdasarkan usulan dari warga setempat. Jadi sebelum dilakukan pembangunan kita sudah melakukan musyawarah desa yang melibatkan BPD, RT, RW, pemuka agama, tokoh masyarakat setempat.” Tuturnya.

Bangunan Jalan baru didusun Kedunglumpang, yang sudah selesai dibangun, dibiayai Dana Desa 2020. Kamis (4/2/2021)

Menurut Juprianto, pembukaan jalan baru ini adalah kebutuhan mendesak warga, karena sudah lama menginginkan pembangunan jalan baru, berkat DD tahun 2020 ini kita dapat wujudkan keinginan warga tersebut.

Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) desa Kedunglumpang, Amri, mengatakan, pengerjaan pembangunan kita mulai pada pada awal Desember 2020 dan pada akhir Desember 2020 pembangunan sudah selesai 100 persen. “Pengerjaan dilakukan secara swakelola, melibatkan warga setempat, tenaga kerja 10 – 15 orang. Sekarang jalan baru, yang dibangun dengan DD sudah dapat digunakan warga. Pembangunan berjalan lancar, berkat dukungan Pemdes, BPD, dan warga setempat.” Kata Amri. didampingi tim teknis, Yuliadi. Kamis (4/2/2021).

Ditambahkan pula oleh teknis pembangunan, Yuliadi, ia menjelaskan, pengerjaan jalan memakan waktu sekitar satu bulan, karena pekerjaan yang berat adalah pembersihan lokasi yang akan dibangun jalan. “Dilokasi pembangunan jalan banyak pohon bambu, dan pohon lainya. Pembersihan pohon tersebut dilakukan secara manual, oleh karena itulah memakan waktu hingga satu bulan.” Terang Yuliadi.

Tak hanya itu, untuk mengangkut material jalan bagian jalan ada yang amblas, hingga terpaksa material bangunan ada yang harus diimbal (diangkut secara manual). Kendati demikian, pembangunan berjalan lancar. Ujarnya.

Suasana musyawarah di Dusun Kedunglumpang, menjelang pelaksanaan pengerasan jalan di Dusun Kedunglumpang.

Kepala Dusun Kedunglumpang, Ardianto, mengatakan pembangunan jalan baru, ini sudah lama ditunggu-tunggu warganya, berkat Dana Desa 2020, harapan warga dapat terwujud. “Warga merasa senang atas pembangunan jalan ini. Karena jalan ini sangat penting bagi warga dusun Kedunglumpang. Saya berharap kepada masyarakat agar senantiasa memelihara dan juga memanfaatkan hasil kegiatan fisik  DD ini untuk bisa meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat dan mudah-mudahan program seperti ini dapat terus dijaga dan terus dilaksanakan” harapnya.

Sementara itu Abdul Kholik (50) warga Dusun Kedunglumpang, ia mengaku sangat senang dengan pembangunan / pembukaan jalan baru tersebut. “Jalan yang dibangun ini sangat kami butuhkan. Biasanya kami melewati jalan tanah kecil dan jika musim hujan banyak lubang, nah sekarang kami bisa memiliki jalan yang lebar dan sudah nyaman dilewati. Kami berharap tahun berikutnya jalan ini bisa di rabat beton (jalan rabat beton), atau di Paving.” Kata Abdul Kholik.

Hal senada juga diungkapkan Tukini, warga dusun Kedunglumpang, dulu disekitar jalan ini cuman tanah biasa, banyak pepohonan, yaitu pohon bambu. Kini setelah dibangun jalan jadi bagus. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah desa, yang telah membangun jalan didusun Kedunglumpang. Semoga kedepan jalan ini bisa di Cor, atau di pasang paving.” Kata Tukini, nampak gembira. (Ris/Snt)

Check Also

Realisasikan DD 2020, Pemdes Bakalanrayung Bangun Jalan Rabat Beton

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Pemerintah Desa Bakalanrayung, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!