godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , November 25 2020
Home / Pemerintah / Tingkatkan Infrastruktur Desa, Pemdes Randuwatang, Bangun Jalan Dan TPT Dari Dana Desa
Kades Randuwatang Syamsudin (celana hitam) bersama Kaur perencanan Bayu (kaos hijau) berada di lokasi bangunan jalan rabad beton, yang dibiayai dari DD 2020.

Tingkatkan Infrastruktur Desa, Pemdes Randuwatang, Bangun Jalan Dan TPT Dari Dana Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Randuwatang Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang Jawa timur, saat ini sedang melaksanakan pembangunan infrastruktur desa yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

Kepala Desa (Kades) Randuwatang, Syamsudin, mengatakan saat ini pihaknya baru saja merealisasikan tiga kegiatan pembangunan infrastruktur desa. Tiga kegiatan tersebut yakni : Pembangunan jalan rabad beton volume 150 m x 4 m didusun Randuwatang lor, anggaran Rp 132.875.500; Pembangunan jalan Paving, volume 217 m x 2 m, di dusun Randuwatang Kidul, anggaran Rp 86.098.848; dan pembangunan talut atau Tembok penahan tanah (TPT), Volume 410 m, di dusun Sraten,  anggaran Rp 149.995.150.

MEMBANGUN DESA : Bangunan talud tembok penahan tanah, berlokasi disepanjang tepi jalan lingkungan di desa Randuwatang, yang dibiayai dari Dana desa tahun 2020.

“Bangunan tersebut semuanya dibiayai dari Dana Desa tahun 2020, dan pelaksanaan pembangunan dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK). Dengan skema padat karya tunai, dimana tenaga kerjanya kita ambilkan dari warga setempat. Sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga. Agar ongkos kerja (ongkos tukang) yang besarnya kisaran 30 persen dari nilai proyek bisa dinikmati oleh warga desa Randuwatang.” Kata Syamsudin. Senin (1/6/20).

Ia menjelaskan, jalan rabad beton, dan jalan paving tersebut adalah jalan lingkungan. Sedangkan bangunan talud tersebut berupa TPT berlokasi disekitar tepi jalan untuk menahan badan jalan agar tidak longsor, tidak tergerus air. Tujuan pembangunan ini untuk meningkatkan perekonomian warga. “Jadi dengan adanya infrstruktur jalan lingkungan yang baik akan memudahkan atau melancarkan aktifitas perekonomian warga. Saya berharap bangunan tersebut bisa membawa manfaat yang besar bagi warga.” Ujarnya.

DESA RANDUWATANG : Bangunan jalan paving di desa Randuwatang, yang dibiayai dari DD tahun 2020.

Kades menyebutkan dengan adanya program DD dari pemerintah pusat, pemerintah desa sangat terbantu. Sejumlah pembangunan infrastruktur di desanya semakin maju. Oleh karenanya mereka sangat mendukung adanya DD ke desa.

Ditempat terpisah Kaur Perencanaan Pemerintah desa Randuwatang, Bayu, ia mengatakan pelaksanaan pembangunan jalan paving, jalan rabad beton, dan talut atau TPT, berjalan lancar sesuai dengan perencanaan. “Awal pengerjaan dimulai pada Februari dan pada Mei akhir semuanya sudah selesai. Dan saat ini bangunan tersebut sudah difungsikan. Pengerjaan proyek berjalan lancar, berkat kerja sama TPK, pemerintah desa, BPD dan masyarakat.” Kata Bayu. Senin (1/6/20).

Bayu menambahkan, pembangunan ini disambut baik oleh warga, karena pembangunan ini berasal dari usulan dari warga. Oleh karena itulah berkat Dana Desa 2020, Alhamdulillah pembangunan jalan yang diusulkan warga saat ini bisa terlaksana dengan baik. (Why)

Check Also

Dinas PUPR Jombang Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Perkembangan jasa konstruksi di Indonesia berkembang cukup pesat. Tingkat kebutuhan akan tempat tinggal, sarana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!