godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Juni 20 2021
Home / Pemerintah / Tunjang Produktifitas Pertanian, Pemdes Bareng Bangun Jaringan Irigasi
Saluaran irigasi di dusun Kedungpring, Desa Bareng, yang dibangun dengan P3-TGAI tahun 2020. Yang sudah selesai dikerjak. (foto : Shinta)

Tunjang Produktifitas Pertanian, Pemdes Bareng Bangun Jaringan Irigasi

JOMBANG, Nusantara PosOnline.Com-Saluran irigasi sangat penting sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Hal itu disadari betul oleh pemerintah Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa timur, tahun ini pemerintah desa tersebut membangun saluran irigasi sepanjang 254 meter. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memperlancar pasokan air bagi petani di desa setempat.

Kepala desa Bareng, Kasiyanto mengatakan, tahun ini didesa Bareng melaksanakan pembangunan saluran irigasi, bangunan tersebut berlokasi di wilayah Saluran irigasi di dusun Kedungpring, Desa Bareng.

Kepala desa Bareng, Kasiyanto (foto : Shinta)

“Pembangunan saluran irigasi tersebut, dibiayai dari Dirjen SDA Kementerian Pekerjaan umum perumahan rakyat (PUPR) melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI), yang bersumber dari APBN 2020 sebesar Rp 195 juta.” Kata Kasiyanto. Senin (2/11/2020).

Pelaksanaan pembangunan dilaksanakan secara swakelola oleh  kelompok Partisipasi petani pemakai air (P3A) “Sumber Tirto” desa Bareng. Bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan, dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi.

Kasiyanto, juga menyampaikan bahwa pembuatan sarana saluran irigasi ini memang sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan. Menurutnya, dengan adanya saluran irigasi yang baru ini dapat memberikan kemudahan dan kelancaran saat petani mengairi lahan persawahan warga.

Dirinya berharap dengan adanya saluran irigasi yang baru ini, pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar, dan sudah siap untuk menampung debit air saat musim penghujan agar air tidak meluber ke area lahan persawahan maupun lingkungan pemukiman warga.

“Saya mewakili pemerintah desa Bareng, dan semua petani desa Bareng menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya atas bantuan program P3 TGAI ke desa Kami. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada anggota komisi V DPR RI, Sadarestuwati, yang telah mengupayakan agar desa Bareng, mendapatkan bantuan P3-TGAI dari Kementrian PUPR RI.” Ucap Kasiyanto.

Saluaran irigasi di dusun Kedungpring, Desa Bareng, yang dibangun dengan P3-TGAI tahun 2020. Yang sudah selesai dikerjak. (foto : Shinta)

Sementara itu ketua P3A “Sumber Tirto” Desa Bareng, Tarmin, mengatakan kami yang tergabung dalam P3A ‘Sumber Tirto’ desa Bareng, selaku pelaksana kegiatan pembangunan saluran irigasi yang dibiayai dari P3 TGAI, atau dari APBN 2020.

“Kami (P3A Sumber Tirto) memiliki tanggung jawab melaksanakan kegiatan pembangunan saluran irigasi dengan baik, oleh karena itu dalam pengerjaan bangunan kami mengutamakan kualitas hasil bangunan, agar dapat menunjang pasokan air petani lancar dan lebih maksimal.” Kata Tarmin.

Tarmin, menyebutkan besarnya bantuan P3 TGAI dari Kementrian PUPR sebesar Rp 195 juta, dana bantuan tersebut sudah kami realisasikan untuk pembangunan saluran irigasi yang terbuat dari pasangan batu. Saluran irigasi yang berhasil dibangun sepanjang 254 meter kanan kiri (254 meter x 2 = 508 meter), menghabiskan anggaran Rp 195 juta. Waktu pelaksanaan 110 hari kerja, pada Akhir Oktober 2020 bangunan ini rampung 100 persen.

Dengan adanya pembangunan irigasi ini kami berharap dapat meningkatkan kinerja irigasi desa, dengan tujuan untuk memberikan pasokan air yang bagus kelahan pertanian warga, dan untuk mensejahterakan petani.

“Bantuan P3 TGAI ini sangat membawa manfaat bagi pertanian warga, program ini termasuk wujud dari partisipasi pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan di Jombang,” Ucap Tarmin. (Ris/Snt)

Check Also

Penyaluran BST Mei-Juni Nggak Jelas, Mensos Bungkam

PONOROGO, NusantaraPosOnline.Com-Belasan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Tunai (BST) di Kabupaten Ponorogo, Jawa timur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!