godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Januari 16 2021
Home / Pemerintah / Dua Desa Di Jombang Terima Aset BPM Program Kotaku 2020
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, menandatangani prasasti kegiatan BPM tahun 2020 Desa Dukuhmojo.

Dua Desa Di Jombang Terima Aset BPM Program Kotaku 2020

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Sebanyak dua desa dikabupaten Jombang, Jawa timur, mendapat aset Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2020.

Yakni Desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung, dan Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang kota. BPM tersebut berupa bangunan drainase, jalan paving, jalan aspal serta ruang terbuka hijau atau taman di dusun Wonoayu Desa Dukuhmojo Mojoagung.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, melakukan penguntingan pita, sebagai tanda peresmian pemanfatatan bangunan yang dibiayai program Kotaku 2020. Di Desa Dukuhmojo.

Acara serah terima aset BPM program Kotaku tahun 2020, dilaksanakan pada hari Senin (26/10/2020) bertempat di pendopo Kantor desa Dukuhmojo, dihadiri oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jatim Rekyan Puruhita, ST, M.Sc, Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati, dan Dinas terkait lainya.

Dalam kesempatan itu, perwakilan BPPW Jatim, Rekyan Puruhita, ST, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, ia berharap, dengan adanya pembangunan infrastuktur ini bisa bermanfaat buat warga. Dan nantinya warga juga bisa menjaga dengan baik.

“Semoga pembangunan Kotaku di Dusun Wonoayu ini bisa membawa manfaat yang besar bagi warga sekitar. Harapan saya program  Kotaku ke depannya kembali bisa hadir di Kabupaten Jombang, karena jika kita lihat manfaatnya cukup besar,” Ucapnya.

Tim program Kotaku Kabupaten Jombang, berpose bersama Bupati Jombang, Forkopimcab Mojoagung, usai acara serah terima dan peresmian, bangunan yang dibiayai program Kotaku 2020.

Bupati Jombang, Hj Munjidah wahab, dalam sambutanya, mengatakan, kami selaku pemerintah daerah dan masyarakat melalui kesempatan ini, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan turut menyukseskan program Kotaku di Kabupaten Jombang.

Khususnya kepada BPPW Jatim, Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 1 Jatim, Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinas Perkim) Jombang, pendamping dan konsultan program Kotaku Jombang, pemerintah desa serta Badan keswadayaan masyarakat (BKM), atas segala upaya dan dukungannya selama ini sehingga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujudkan dan bisa kita saksikan saat ini.

’’Program ini sangat bermanfaat, karena program Kotaku merupakan salah satu upaya strategis untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh di perkotaan dan mendukung gerakan 100-0-100. Yaitu 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.”  Tutur Bupati Munjidah.

Suasana acara serah terima dan peresmian bangunan di desa Dukuhmojo, yang dibiayai program Kotaku tahun 2020,

Bupati Munjidah, menjelaskan, tahun ini, di Kabupaten Jombang ada dua desa yang mendapatkan BPM program Kotaku , yaitu Desa Dukuhmojo dan Candimulyo. Untuk kegiatan pembangunan infrastruktur di dua desa ini diploting anggaran Rp 2 miliar, masing-masing desa sebesar Rp 1 miliar. “Pelaksanaan program Kotaku di dusun Wonoayu, desa Dukuhmojo, berupa drainase lingkungan RT 19, jalan paving, jalan aspal serta ruang terbuka hijau atau taman di dusun.” Ujarnya.

Selain itu Bupati juga mendorong pengembangan potensi Dusun Wonoayu yang sangat besar berupa pohon sawo.

“Saya tadi melihat banyak pohon sawo. Ini kalau dikelola dengan baik, saya yakin sawo asal Dusun Wonoayu bisa go internasional. Untuk itu tahun depan saya berharap ada pembagian bibit sawo gratis untuk Dusun Wonoayu,” ujar Mundjidah.

Dirinya berharap tahun depan Jombang mendapatkan lagi program Kotaku ini. ’’Semoga anggota komisi V DPR RI bisa memperjuangkan untuk desa-desa lainnya agar tahun depan juga dapat program yang sangat bagus ini.” lanjutnya.

Tim program Kotaku Kabupaten Jombang, berpose bersama Bupati Jombang, Forkopimcab Mojoagung, usai acara serah terima dan peresmian, bangunan yang dibiayai program Kotaku 2020.

Selanjutnya, Bupati Munjidah berpesan agar proyek dari progam Kotaku benar-benar dirawat dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. ’’Demi kemaslahatan masyarakat. Khususnya melalui kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP),’’ tegasnya.

Sementara itu, anggota komisi V DPR-RI Hj. Sadarestuwati, dalam sambutanya mengatakan bahwa program Kotaku di Kabupaten Jombang, telah berjalan dengan baik, dan nantinya bisa dirawat dengan maksimal karena uang yang digunakan ini adalah uang pajak dari rakyat, jadi masyarakat harus bisa menjaga bangunan yang dibangun dari uang rakyat. “Hal inilah yang harus kita pahami bersama agar rasa memiliki ada dihati setiap masyarakat.” Kata Estu.

Ia juga menyampaikan, untuk tahun depan ada 3 desa di kabupaten Jombang yang mendapatkan program Kotaku yakni Desa Budug Sidorejo kecamatan Sumobito, Desa Mojokerep, dan Desa Katemas kecamatan Kudu. Imbuhnya.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Jombang, Heru Widjajanto, mengatakan program Kotaku, merupakan program dari Kementrian PUPR,  dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota / kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainnya. Dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah Kabupaten / kota sebagai pelaku utama (nahkoda).

Ruang terbuka hijau atau taman di dusun Wonoayu Desa Dukuhmojo Mojoagung, yang dibiayai program Kotaku 2020.

Sehingga dari kerja kolaboratif tersebut pelaksanaan program Kotaku 2020 di kabupaten Jombang, dapat berjalan lancar, selesai tepat waktu, tepat mutu dan hasilnya bermanfaat bagi warga dan lingkungan.

“Untuk itu, setelah diterimanya hasil pembangunan fisik dari BKM kepada Satker dan dari Satker kepada pemerintah desa penerima manfaat, kami berharap kepada kepala desa untuk dapat memelihara sarana prasarana tersebut.” Kata Heru.

Ia menambahkan, pihaknya selalu berkomitmen mengawal kelancaran dan kesuksesan program Kotaku. Diantaranya dengan memberikan fasilitasi program Kotaku.

’’Dinas Perkim Jombang juga telah memfasilitasi pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat (PKM) pelaksana program Kotaku pada 30 Juni hingga 1 Juli 2020 di ruang rapat Dinas Perkim Jombang,” Terangnya.

Usai sambutan, cara dirangkai penggutingan pita, serta penandatangan prasasti kegiatan BPM tahun 2020 oleh Bupati Jombang, Hj Munjidah Wahab, dan serah terima penyelesaian pekerjaan kegiatan BPM kepada Satker dan dari Satker kepada pemerintah desa penerima manfaat, serta dilanjutkan peninjauan kelokasi bangunan yang ada di Desa Dukuhmojo. (Ris/Snt)

Check Also

Untuk Melancarkan Aktifitas Warga, Pemdes Tejo Bangun Jembatan Dengan Dana Desa

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Tejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Sukses membangun jembatan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!