godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Maret 9 2021
Home / Pemerintah / Untuk Memperlancar Aktifitas Warga, Pemdes Kebondalem Bangun Jalan Lapen
Jalan aspal lapen di Dusun Plosorejo – Bulusari, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKDesa APBD Jombang 2020.

Untuk Memperlancar Aktifitas Warga, Pemdes Kebondalem Bangun Jalan Lapen

JOMBANG, NusantaraPoaOnline.Com-Untuk mendukung aktifitas perekonomian warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Kebondalem, Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memanfaatkan Bantuan Keuangan Desa (BKDesa) dari APBD Kabupaten Jombang 2020 yang mereka terima untuk membangun jalan aspal lapen.

Kades Kebondalem Faisol Zakariya

Kepala Desa (Kades) Kebondalem, Faisol Zakariya, mengatakan, jalan aspal lapen yang baru  dibangun dengan menggunakan BKDesa dari APBD Jombang 2020, sepanjang 583 meter x 3 meter, ditambah pengembangan 100 meter x 3 meter, jalan ini merupakan jalan poros desa penghubung Dusun Plosorejo dengan Dusun Bulusari, dan dusun lainnya.

“Total dana BKDesa yang diterima Desa Kebondalem tahun 2020 sebesar Rp 150 juta, dana BKDesa ini setelah dilakukan rapat dengan warga sepakat digunakan untuk membangun jalan aspal lapen. Jadi sebelum pembangunan dilakukan kita lakukan Musdes terlebih dahulu, agar pelaksanaan BKDesa ini tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan warga.” katanya.

Untuk pelaksanaan pembangunan dilakukan secara swakelola, oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Kebondalem, bangunan mulai dikerjakan pada awal Desember 2020 dan pada pertengahan Desember 2020 bangunan jalan sudah rampung 100 persen.

Jalan aspal lapen di Dusun Plosorejo – Bulusari, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKDesa APBD Jombang 2020.

“Jalan yang dibangun tersebut sebelumnya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Dan warga minta agar jalan diperbaiki, berkat BKDesa pada tahun 2020 Pemdes Kebondalem, bisa membangun jalan tersebut dengan aspal lapen. Jadi BKDesa 2020 ini sangat bermanfaat bagi warga, dan warga sangat senang dengan adanya pembangunan ini.” Kata Faisol.

Kades Kebondalem, menjelaskan, pembangunan jalan lapen ini bertujuan untuk, melancarkan aktifitas perekonomian warga. “Dengan adanya perbaikan jalan ini kami mengharapkan, bisa melancarkan aktifitas warga dalam mencari nafkah. Dengan infrastruktur jalan yang baik, pasti akan memudahkan aktifitas warga, semoga jalan ini dapat bermanfaat secara maksimal, dan dapat mensejahterakan warga.” Ujar Kades Kebondalem.

Selain itu, Kades Kebondalem, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, khususnya kepada Wakil Bupati Jombang Sumrambah, yang telah memberi perhatian dan memperjuangkan agar desa Kebondalem, ini mendapat bantuan BKDesa. “Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga. Kami juga memohon, agar tahun 2021 desa kami diberi bantuan kembali, karena masih banyak jalan poros desa, yang butuh perbaikan. Mengingat jalan punya peran penting untuk mendorong ekonomi masyarakat, dan melancarkan aktifitas warga sehari-hari.” Ujarnya.

Menurut dia, indikator kesejahteraan masyarakat salah satunya yakni masyarakat harus memiliki akses jalan yang memadai untuk pendistribusian hasil bumi para petani sehingga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Kebondalem. Jadi oleh karena itulah kami mohon desa kami diberi bantuan kembali.

Jalan aspal lapen di Dusun Plosorejo – Bulusari, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKDesa APBD Jombang 2020.

Sementara itu, ketua TPK desa Kebondalem, Saroni, ia menjelaskan, pihaknya selaku pelaksana kegiatan sudah berusaha semaksimal mungkin melaksanakan pembangunan jalan aspal lapen tersebut. “Dalam pelaksanaan pembangunan kami mengutamakan kualitas hasil pekerjaan, agar masa pengunaan jalan bisa bertahan lama. Pengerjaan kami mulai pada awal Desember 2020 dan pada pertengahan Desember 2020 pekerjaan sudah 100 persen selesai.” Kata Saroni.

Saroni menjelaskan, menurut RAB proyek jalan aspal lapen tersebut panjangnya 583 meter x 3 meter, namun ada pengembangan sepanjang 100 meter x 3 meter. Pelaksanaan pembangunan dari awal sampai selesai berjalan lancar. “Ini berkat kerjasama yang baik TPK, Pemdes, dan dukungan masyarakat.” Imbuhnya.

Anggota TPK Desa Kebondalem, Arifin, mengatakan warga sangat senang, atas pembangunan jalan tersebut. Karena warga sudah lama menantikan perbaikan jalan. “Berkat BKDesa 2020 penantian warga tersebut bisa terwujud. Jadi BKDesa ini sangat membawa manfaat bagi warga.” Kata Arifin. (Rin)

Check Also

Bupati Jombang Serahkan BLT-DD Tahun 2021 Di Desa Mayangan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!