godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Oktober 26 2021
Home / Agama / Waktu Dimulainya Haji Dan Hari Raya Idul Adha 2021
Umat Islam tetap menjaga jarak sosial yang aman ketika menjalankan ibadah Umrah di Masjidil Haram dima pandemi Covid-19.

Waktu Dimulainya Haji Dan Hari Raya Idul Adha 2021

JAKARATA, NusantaraPosOnline.Com-Mahkamah Agung Arab Saudi, menyebutkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini, akan dimulai pada 18 Juli 2021. Serta Hari Raya Idul Adha akan dirayakan pada 20 Juli 2021 mendatang.

Menunaikan ibadah Haji adalah merupakan salah satu dari rukun Islam yang ke 5, dan selama seumur hidup hanya diwajibkan satu kali bagi umat Islam melaksankan ibadah Haji jika mereka mampu.

Sebelum terjadi masa pandemi virus corona atau Covid-19, terdapat sekitar 2,5 juta jemaah haji berdatangan ke Mekkah, Arab Saudi, guna menunaikan ibadah haji selama lima hari.

Namun akibat pandemi Covid-19 tersebut, pemerintah Arab Saudi, memberlakukan kebijakan, yaitu tidak ada peziarah asing yang akan diizinkan untuk melakukan haji tahun ini. Kabar tesebut Dilansir dari stasiun berita Al Jazeera pada Senin, (12/72021).

Pengumuman ini seusai Arab Saudi membatasi ziarah tahunan itu (haji) sampai hanya maksimal 60.000 orang yang boleh melaksanakannya bagi warga negaranya saja, terutama yang telah divaksinasi dan berusia antara 18 hingga 65 tahun.

Pada tahun 2020 lalu, justru malah hanya 10.000 penduduk Saudi yang diizinkan untuk melakukan haji.

Tahun ini haji jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah, tepatnya di bulan kedua belas dan terakhir dalam kalender Islam. Sementara itu, Mekkah telah dikenal dengan iklim gurun yang panas dengan suhu secara teratur melebihi 42 derajat Cclcius di musim panas.

Sedangkan Idul Adha merupakan hari raya besar kedua bagi Muslim setelah Idul Fitri. Hari Raya Idul Adha biasanya dirayakan pada hari ketiga haji dan berlangsung selama tiga hari. Jadi, tahun ini umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha pada 20-22 Juli 2021 mendatang. (*)

Check Also

Polres Jombang Bersama Ribuan Ulama Dan Masyarakat Lintas Negara Ikhtiar Bathin Ketuk Pintu Langit

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Ribuan Ulama, Santri dan Masyarakat lintas Negara mengikuti doa bersama secara virtual melalui Zoom …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!