2 Nenek di Ngawi Jadi Korban Pencurian, Pelaku Nyamar Petugas Bansos

Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Agung Joko Haryono

NGAWI, NusantaraPosOnline.Com-Dua nenek di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur menjadi korban pencurian oleh seorang pria asing yang berpura-pura menjadi petugas penyalur bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten setempat. Seluruh uang dan perhiasan milik keduanya raib dicuri dari tempat penyimpanan yang diduga sudah diketahui oleh pelaku sebelum beraksi.

Kedu nenek-nenek yang menjadi korban tersebut, mereka adalah : Rukmini, warga Desa Karangbanyu, Widodaren. Nenek 78 tahun itu kehilangan uang Rp 1,3 juta dan kalung emas seberat 10 gram, Kamis (13/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kemudian, tiga hari sebelumnya yakni 10 Oktober 2022 lalu, kasus serupa dialami korban Ngatiyem, asal Desa Pengkol Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Nenek berumur 60 tahun ini kehilangan duit Rp 480 ribu dan gelang emas serta cincin emas total seberat 13,5 gram milik.

Kedua korban ini kehilangan uang dan perhiasan, setelah rumahnya didatangi seorang pria asing yang mengaku penyalur Bansos.

Sumanto, kepala Desa Karangbanyu, Sumanto, mengungkapkan kejadian ini berawal korban Rukmini didatangi seorang pria asing yang mengaku penyalur bansos. Awalnya, pelaku melakukan pendataan dengan menanyakan seputar identitas kependudukannya. Lalu, mengambil foto korban dan kondisi rumahnya.

“Pelaku menyuruh nenek Rukmini keluar rumah. Nah, saat lengah itu pelaku mengambil uang dan kalung emas dari tempat penyimpanan.” Kata Sumanto. Senen (17/10/2022).

Menurut Sumanto, kejadian serupa juga menimpa Ngatiyem. Ia kehilangan barang berharga setelah didatangi pria asing yang juga mengaku petugas penyalur bansos. Tanpa menaruh curiga, Ngatiyem menyerahkan kartu keluarga (KK) dan KTP-nya untuk proses pendataan sebagai calon penerima bantuan. Kemudian, wajahnya beserta rumahnya difoto oleh pelaku.

“Nah, setelah selesai pendataan, uang dan perhiasan milik Ngatiyem yang disimpan di dalam tas raib. Kejadian ini sudah dilaporkan kepihak kepolisian.” Ujarnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Agung Joko Haryono menyampaikan bahwa Rukmini dan Ngatiyem telah melaporkan kasus pencuriannya masing-masing.

Berdasarkan penyelidikan sementara, pihaknya mengendus adanya modus yang sama dari kedua laporan tersebut. Yakni, pelaku mengaku penyalur bansos dengan korbannya lansia. “Kasusnya ini masih dalam penyelidikan polisi.” Terang Agus. (Edy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!