godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Februari 28 2021
Home / Ekobis / Arak Minta Pemkab Jombang Hentikan Izin Alfamart Dan Indomart !

Arak Minta Pemkab Jombang Hentikan Izin Alfamart Dan Indomart !

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Koordinator Lsm Aliansi rakyat anti korupsi (Lsm Arak) Safri nawawi, meminta Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa timur, menghentikan pengeluaran izin usaha Alfa mart dan Indomaret yang sudah menjamur hingga ke pelosok kelurahan.

Hal tersebut bertujuan untuk menyelamatkan rejeki pedagang kecil, sekaligus untuk melindungi pasar-pasar tradisional atau pedagang kecil.

Dagangan kue basah, gorengan, di salah satu Indomaret, di Jombang.

“Saat ini Alfamart dan Indomaret di Jombang sudah menjamur sampai ke kampung-kampung, merebut rejeki pedagang kecil. Alfa mart dan Indomaret menerjang kedai-kedai buah di pinggir jalan yang menjadi tumpuan hidup orang kampung dilabrak habis. Warung-warung rokok, warung kopi digulung jadi kayu bakar. Bahkan rejeki tukang nasi bungkus dan pedagang Siomay keliling ikut digulung oleh Alfamart dan Indomart.”  Kata Safri. Selasa (23/2/2021).

Safri menyebutkan, keberadan Alfamart dan Indomaret yang menjamur di Kabupaten Jombang, bisa kita saksikan bersama kadang hanya berjarak sekitar 500 antara Alfamart dan Indomaret, dan sudah merambah hingga kepelosok-pelosok desa dan Kecamatan.

“Alfamart dan Indomaret, di Jombang menjual barang dagangan yang lengkap misalnya rokok, kondom, sempak, kaos dalam, alat-alat masak, sabun, minuman kemasan, dll.  Tak hanya itu Alfamart dan Indomaret juga menjual makanan seperti warung, jual nasi, Siomay, kopi, Es bungkus, dan makanan tradisional. Fenomena ini pasti akan berdampak pada pasaran tradisional, dan pedagang kecil. Bisa kita saksikan semua rumah toko (ruko) dan kegiatan bisnis di pasar legi banyak yang ditingalkan pembeli (Pembeli berkurang). Bahkan rejeki penjual makanan tradisional, kopi, pedagang siomay keliling, juga ikut dibabat habis.” Ujar Safri.

Dagangan Siomay di salah satu Indomaret, di Jombang.

Safri menegaskan, kalau Pemerintah Kabupaten Jombang, masih terus mengeluarkan izin pendirian Alfamart dan Indomaret dikabupaten Jombang, ini sama saja pemerintah Kabupaten Jombang, membunuh pedagang kecil. “Untuk menyelamatkan rejeki pedagang kecil, oleh karena itulah, kami minta Pemkab Jombang, tidak lagi mengeluarkan izin baru untuk pendirian Alfamart dan Indomaret di Kabupaten Jombang.” Tegas Safri.

Ia meminta Bupati dan para anggota DPRD Jombang, bersikap tegas ikut ambil bagian untuk melindungi  dan menyelamatkan pedagang kecil “Kami berharap Bupati-Wakil Bupati, bersama Dewan jangan hanya mengurus pedagang kecil saat  Pilkada dan Pileg saja. Setelah Pilkada dan Pileg, usai pedagang kecil harus berjuang sendiri untuk bisa hidup sehari-hari.” Ujar Safri. (Ris/Snt)

Check Also

Bantuan Sapi Program UPPO Desa Plosogenuk Jombang Serat Penyimpangan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pelaksanaan bantuan sapi program UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik) tahun 2020 dari Kementrian pertanian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!