godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Pemerintah / BPN Jombang Bagikan 839 Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Desa Mangunan
Acara penyerahan sertifikat tanah program PTSL dari BPN Jombang, kepada warga Desa Mangunan. Dikantor Desa Setempat. Selasa (26/7/2021)

BPN Jombang Bagikan 839 Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Desa Mangunan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-BadanPertanahan Nasional / Agraria dan tata ruang (BPN/ATR) Kabupaten Jombang, membagikan 839 sertifikat tanah kepada warga Desa Mangunan, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, yang mendaftarkan tanahnya melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Acara penyerahan sertifikat yang dimulai pukul 08.00 WIB dilaksanakan di kantor desa setempat. Selasa (26/1/2021).  Yang dihadiri perwakilan BPN Jombang Witono, Forkopimcab Kecamatan Kabuh, Kepala desa Mangunan Kusno bersama perangkat desa, dan warga setempat penerima manfaat program PTSL.

Perwakilan BPN Jombang Witono, menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah, kepada perwakilan warga desa Mangunan. Selasa (26/1/2021)

Perwakilan BPN Jombang Witono, dalam sambutanya ia menyampaikan bahwa sertifikat yang dibagikan hari ini sebanyak 839 bidang sertifikat. “Jumlah bidang tanah yang diusulkan desa Mangunan ke BPN Jombang melalui program PTSL sebanyak 882 bidang tanah. Yang kita bagikan hari ini sebanyak 839 bidang sertifikat, sisanya kekuranganya akan dibagikan menyusul.” Kata Witono, Selasa (26/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Witono, mengingatkan kepada warga, nantinya yang sudah menerima sertifikat mengecek kesamaan data tanah, nama disesuaikan dengan KTP. Kalau ada keliru dalam penulisan di dalam sertifikat, jangan dicoret-coret sendiri. “Silahkan datang kekantor desa, nanti Pemerintah desa akan menyerahkan ke kantor BPN Jombang untuk dilakukan pembenahan/pergantian ulang di BPN.” Kata Witono.

Menurut, Witono, sertifikat tanah yang dicoret-coret sendiri, itu tidak sah, hal ini bisa menyebabkan sertifikat cacat dan tidak berlaku. “Selain itu kami berpesan kepada warga desa Mangunan, yang menerima sertifikat tanah, agar menjaga dan menyimpan sertifikat tanah dengan baik, dan memfoto copy sertifikat sebagai arsip. Karena sertifikat tanah adalah bukti otentik, yang syah menurut hukum, atas kepemilikan tanah.” Ujarnya.

Camat Kabuh, Anjik Eko Saputro menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah, kepada perwakilan warga desa Mangunan. Selasa (26/1/2021)

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Mangunan, dan seluruh masyarakat setempat, yang telah membantu agar program  PTSL di desa Mangunan bisa berjalan lancar, program PTSL yang merupakan program pemerintah pusat sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki  secara adil dan merata. Pungkasnya.

Sementara itu Kepala desa (Kades) Mangunan, Kusno, dalam sambutanya diantaranya, ia berpesan, kepada warga yang telah menerima sertifikat tanah hari ini, agar menjaga sertifikat tanahnya dengan sebaik-baiknya. “Jangan sampai Sertifikat tanah diberikan kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab, agar tidak disalah gunakan. Karena sertifikat tanah adalah bukti kepemilikan tanah yang sah menurut hukum” Kata Kusno.

Selain itu, sertifikat tanah termasuk aset surat berharga, karena bisa dijadikan untuk jaminan pinjaman modal usaha di Bank, untuk peningkatan perekonomian.  “Meminjam uang dibank yaitu untuk modal usaha, bukan untuk foya-foya atau biaya hidup sehari-hari. Jadi banyak sekali manfaat sertifikat tanah tersebut.” Kata Kades.

Kades Mangunan, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BPN Jombang, yang telah memberikan bantuan program PTSL kedesa Mangunan. Dan telah memberikan bimbingan kepada panitia PTSL didesa, untuk kegiatan administrasi. Sehingga pelaksanaan program PTSL di Desa Mangunan dapat berjalan lancar seperti yang kita saksikan hari ini. “Dari 882 bidang tanah yang kita ajukan ke BPN Jombang, melalui program  PTSL, hari ini sudah 839 bidang tanah sertifikatnya sudah jadi dan dibagikan hari ini. Artinya pelaksanaan PTSL didesa Mangunan dapat berjalan lancar.” Kata Kades Kusno.

Kades Mangunan, Kusno, menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah, kepada perwakilan warga desa Mangunan. Selasa (26/1/2021)

Menurut Kusno, program PTSL ini sangat membantu warganya, karena prosenya mudah, dan cepat, disamping itu pengajuannya di BPN Jombang tidak dipungut biaya. Ujanya.

Usai acara sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada warga, yang ditandai dengan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis yang dilakukan Perwakilan BPN Jombang Witono, Camat Kabuh Anjik Eko Saputro, dan Kades Mangunan Kusno, kepada perwakilan warga yang ikut dalam program sertifikat tanah PTSL.

Selanjutnya dilanjutkan pembangian sertifikat kepada warga. dengan menerapkan protokol Covid-19 dengan cara membagi jadwal pembagian sertifikat menjadi dua sesi, dan wajib memakai masker serta mengatur jarak.

Sesi pertama pembagian 420 sertifikat dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB, kemudian sesi kedua pembagian 419 sertifikat, dimulai 11.00 – selesai. (Ris/Snt)

Check Also

Polres Jombang – BTN, Tandatangani MoU 400 Unit Rumah Bersubsidi Untuk Anggota Polri

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepolisian Resor Jombang (Polres Jombang) – Bank BTN (Persero) tbk dan pengembang PT Sinar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!