Bupati Bengkalis Pimpin Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Kegiatan upacara bendera meperingati hari hahir Pancasila 2024. Di halaman kantor Pemkab Bengkalis. Sabtu (1/6/2024) pagi.

BENGKALIS, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Bengkalis diwakili Sekda Ersan Saputra TH memimpin upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 2024, di halaman Kantor Bupati, Sabtu. 1 Juni 2024.

Adapun peserta upacara adalah pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, fungsional, ASN, TNI, Polri, siswa SD, SMP dan SMA serta organisasi Pemuda Pancasila Bengkalis.

Dalam amanatnya, Sekda Ersan membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi. Ersan menyampaikan, Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Hari ini, 1 Juni 2024. Kita memperingati Hari Lahir Pancasila yang mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” paparnya.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tambahnya.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, Ia yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.***

Editor : JUNSRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!