Dinas PUPR Jombang Tangani 17 Ruas Jalan Rusak Melalui Program PIK

FOTO : Ilustrasi perbaikan ruas Jalan Betek - Sumobito oleh UPT PJJ Mojoagung wilayah kerja Mojoagung.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dinas PUPR Kabupaten Jombang, tahun ini melakukan perbaikan 17 ruas Kabupaten melalui program Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) yang bersumber dari APBD Jombang Tahun Anggaran 2024.

Perbaikan 17 ruas jalan dari program PIK ini, merupakan usulan dari Kecamatan. Yang diusulkan melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

Kepala Dinas PUPR Jombang, Bayu Pancoroadi mengatakan, bahwa tahun 2024 ini, pihaknya melaksanakan 44 paket perbaikan jalan milik Dinas PUPR Jombang. Dari jumlah tersebut 17 di antaranya masuk program pagu indikatif kecamatan (PIK).

“17 paket perbaikan itu, merupakan program yang diusulkan kecamatan saat Musrenbang tingkat kabupaten.” kata Bayu. Selasa (26/2/2024).

Bayu mengatakan, 17 paket yang masuk program PIK itu, tersebar hampir diseluruh kecamatan, di wilayah Kabupaten Jombang.

“PIK ini memang setiap tahun ada. Jadi 17 paket tersebut merupakan hasil Musrenbang teman-teman yang jadi prioritas, selanjutnya diajukan ke Kabupaten agar program ini didanai APBD.” terang Bayu.

Bayu merincikan, 17 paket perbaikan jalan program PIK tersebut, delapan paket merupakan pekerjaan rekonstruksi jalan dengan pagu anggaran Rp 5 miliar.

“Pekerjaan rekonstruksi jalan, tersebut meliputi ruas Denanyar-Sendangrejo, Jalak-Sumberingin, Katemas-Cupak. Ngusikan-Batas Kabupaten Mojokerto, dan Balongsari-Turipinggir Kecamatan Megaluh. Serta ruas Marmoyo Kabuh-Jipurapah Plandaan,” tuturnya.

Selanjutnya, dua paket lainnya rehabilitasi jalan ruas Kalangsemanding-Sukorejo Kecamatan Perak dan Catakgayam-Rejoslamet Kecamatan Mojowarno.

Sedangkan tujuh paket program serupa (Program PIK) merupakan pekerjaan pemeliharaan jalan, dengan pagu anggaranya Rp 2,5 miliar. Meliputi ruas jalan Plandi-Mayangan 1, Plandi-Mayangan 2 Jogoroto. Sambung Bayu.

“Karangdagangan Bandarkedungmulyo-Balongsari Megaluh, Tebel Bareng-Latsari Mojowarno, dan Peterongan-Kedungbetik Kesamben, serta ruas Tejo Mlaras-Sumobito, Betek-Murukan Mojoagung,” Ujarnya.

Ia menandaskan, untuk anggaran tersebut sudah dilakukan pembagian setiap masing-masing Kecamatan.

“Setiap kecamatan sudah diploting untuk program PIK anggarannya. Tinggal mereka memilih mana yang menjadi prioritas atau target utama untuk dilaksanakan.” Tandasnya.

Dikatakanya, perbaikan ruas jalan kabupaten yang dilakukan pihaknya, tidak hanya itu. Beberapa ruas jalan lain juga tetap menjadi prioritas. Diantaranya yakni, lanjutan peningkatan jalan Mojoagung-Mojoduwur Mojowarno, pagu anggarannya Rp 4,9 miliar. “Itu masuk program prioritas PD (Perangkat daerah).” kata Bayu.

Pemkab Jombang, Kata Bayu, terus berkomitmen untuk membangun jalan lebih baik lagi, hal ini untuk mendukung aktifitas ekonomi masyarakat, untuk memberikan kenyamanan kepada penguna jalan.

Bayu menambahkan, tahun ini Dinas PUPR Jombang, tak hanya membangun jalan. Saat ini pihaknya sedang membangun embung di Desa Wringinpitu, Kecamatan Mojowarno.

“Saat ini kami sedang menuntaskan pengerukan lahan untuk dijadikan embung. Kini pekerjaan masih berjalan. Embung ini, rencananya akan difungsikan untuk irigasi pertanian dan kolam retensi atau tampungan air. Ketika musim kemarau bisa dimanfaatkan, untuk pertanian.” Pungkasnya. ***

Pewarta : RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!