Kembali Makan Korban, Truk Muatan Semen Terperosok Bekas Galian Pipa Jargas di Jombang

Sebuah truk trailer muatan Semen Gresik yang yang terperosok dibekas lubang galian Jargas, depan SPBU Kecamatan Tembelang, Jombang pada Kamis (10/3/2022) sekira pukul 05.30 WIB

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Proyek Pembangunan Jaringan Gas (Jargas) bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Jombang, oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dibiayai APBN tahun 2021 di sepanjang ruas jalan Jombang – Kecamatan Ploso kembali memakan korban.

Sebuah truk trailer muatan Semen Gresik yang melaju dari arah Kecamatan Ploso menuju Jombang pada Kamis (10/3/2022) sekira pukul 05.30 WIB amblas karena ban belakang truk terperosok ke dalam lubang bekas galian yang hanya ditimbun dengan tanah oleh PT Hutama Karya selaku pelaksana pekerjaan (pemenang tender).

Choirudin sopir truk yang mengalami kecelakaan, mengatakan, kejadiannya tadi jam 05.00 subuh tadi, saat itu saya tengah melaju dari arah Kecamatan Ploso menuju Jombang Kota. Setibanya di lokasi kejadian saya minggir didepan SPBU Kecamatan Tembelang, atau menepikan kendaraan dan berhenti, untuk menemui teman saya yang sedang parkir di dalam Kawasan SPBU. Saat kendaraan berhenti, ban belakang truk sebelah kiri secara tiba-tiba amblas, karena terperosok ke lubang bekas galian.

Sebuah truk trailer muatan Semen Gresik yang yang terperosok dibekas lubang galian Jargas, depan SPBU Kecamatan Tembelang. Kamis (10/3/2022) sekira pukul 05.30 WIB

“Akibat kejadian ini truk mengalami kerusakan, dan mengalami kerugian, karena tidak bisa mengantar barang semen ketempat tujuan yaitu ke Kediri. Saya terpaksa menelpon juragan saya yang ada di Kediri, untuk mengirim truck engkel, agar barang atau semen bisa diangkut ketempat tujuan secara estapet. Saya sangat menyayangkan atas kejadian ini, karena dilokasi proyek galian tidak ada alat keselamatan jalan, atau tanda pemberitahuan bahwa dilokasi ada lubang galian gas.” Kata Choirudin sopir truk dilokasi kejadian. Kamis (10/3/2022).

Baca Juga :

Untuk diketahui Proyek Pembangunan Jaringan Gas (Jargas) bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Jombang, adalah milik Kementerian ESDM yang dibiayai dari APBN tahun 2021, dan dikerjakan oleh PT Hutama Karya selaku pemenang tender. Proyek ini seharusnya dikerjakan selama 7 bulan, dan harus selesai sebelum akhir tahun 2021 lalu.

Namun karena pekerjaan galian pemasangan pipa Jargas bumi untuk rumah tangga dikerjakan asal-asalan oleh PT Hutama Karya (PT HK), pada sekitar pertengahan Januari 2022 terpaksa lubang bekas galian dibongkar paksa oleh Dinas PU Propinsi Jatim. Lubang bekas galian saluran Jargas yang baru dikerjakan PT HK, dibongkar atau dilakukan pengalian kembali, dan dilakukan penimbunan kembali. Dan sampai hari ini Kamis 10 Maret 2022 pekerjaan pembongkaran bekas galian Jargas terus dilakukan.

Anehnya pekerjaan pembongkaran lubang bekas galian pipa Jargas ini, terpantau dilapangan diduga dikerjakan oleh orang-orang dalam dari Dinas PU Provinsi Jawa timur.

Terkait hal ini PT Hutama Karya saat hendak dimintai konfirmasi di kantornya yang ada di Perumahan Jombang Permai Jombang,

ternyata para pekerja sudah tidak ada lagi di Jombang. “Kantor sini sudah sepi, sudah jarang ditempati. Karena sekarang PT HK, sudah pindah mengerjakan pekerjaan di Tuban.”  Kata seorang perempuan, yang biasa mengantar katering di kantor HK Di Perumahan Jombang permai Jombang. (Ris/Snt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!