godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , November 29 2020
Home / Pemerintah / Kesenian Wayang Kulit Meriahkan Acara Ruwat Desa Jogoloyo Jombang
Penyerahan gunungan wayang, dari Kades Jogoloyo Muhlisin, kepada Kidalang Heru Cahyono S.Sn sebagai simbul dimulainya pagelaran wayang, di acara Ruwat desa Jogoloyo. Minggu malam (8/9/2019). Foto : Wahyu

Kesenian Wayang Kulit Meriahkan Acara Ruwat Desa Jogoloyo Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, mengelar acara ruwat Desa.Minggu malam (8/9/2019).  Sebagai rasa syukur kepada sang pencipta alam / tuhan.

Acaran Ruwat desa Jogoloyo. Minggu malam (8/9/2019). Foto : Wahyu

Acara tersebut dipusatkandi dusun Jogoloyo, dimeriahkan dengan hiburan pagelaran wayang kulit,  musik campur sari, dan tarian Remo khas Jawa timur-an. Acara ini juga dihadiri oleh Muspika kecamatan Sumobito, perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan warga setempat.

Ribuan masyarakat Desa Jogoloyo,  terpukau oleh gerakan lugas khas tari remo Jawa timur-an, dan masyarakat juga sangat terhiburkarena telah dimanjakan oleh tontonan pertunjukan musik Campur sari, dan pagelaran Wayang kulit oleh kidalang Heru Cahyono, S.Sn, dari sanggar seni Manunggal laras, Bareng, Jombang, dengan lakon Wirataparwa / Rojomolo gugur.Acara ini dimulai sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB pagi.

Acaran Ruwat desa Jogoloyo. Minggu malam (8/9/2019). Foto : Wahyu

Kepala desa Jogoloyo,  Muhlisin, mengatakan, kegiatan Ruwat desa ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah desa Jogologo. Kegiatan semacam ini akan tetap kami lestarikan. Mengingat hal tersebut merupakan warisan tradisi yang mengandung nilai nilai luhur dari para leluhur khususnya leluhur atau para pahlawan juga sesepuh desa yang berada di Desa Jogoloyo ini.

Tarian Remo khas Jawa timur-an, yang turut memeriahkan acara Ruwat desa Jogoloyo. Minggu malam (8/9/2019). Foto : Wahyu

“Dengan adanya pagelaran wayang ini sekaligus sebagai melestarikan kembali budaya Jawa kita dan memperkenalkannya kepada para muda-mudi, dan tak lupa juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT semoga dengan adanya acara Ruwat desa ini pembangunan desa Jogoloyo semakin maju, hasil pertanian warga juga melimpah.” Kata Muhlisin. ditemui disela-sela acara tersebut. Minggu malam (8/9/2019).

Kades Jogoloyo Muhlisin, bersama pejabat Muspika Kecamatan Sumobito, diacara Ruwat Desa Jogoloyo. Minggu malam (8/9/2019). Foto : Wahyu

Di era zaman yang minim akan budaya Adi luhur ini selain sebagai nguri-uri budaya atau melestarikan budaya lokal, sudah menjadi keharusan masyarakat Jawa dalam menjaga budaya leluhurnya.

“Hal ini sekaligus juga sebagai pengingat bahwa sebagai bangsa kita memiliki tradisi budaya yang tak kalah dengan budaya dari luar. Ke depan, saya berharap tradisi ruwat desa ini tetap dilestarikan hingga ke generasi berikutnya,” Ujar Muhlisin.

Menurutnya, acara Ruwat desa, juga sebagai bagian ungkapan terima kasih kepada Allah SWT, karena Desa Jogoloyo telah diberikan anugerah yang luar biasa, diberikan tanah yang subur. diberikan hasil bumi yang melimpah.

Kades Jogoloyo Muhlisin, bersama pejabat Muspika Kecamatan Sumobito, diacara Ruwat Desa Jogoloyo. Minggu malam (8/9/2019). Foto : Wahyu

“Mudah-mudahan dengan Ruwat desa ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah SWT, serta pembangunan didesa semakin baik dan lancar.”  Katanya.

Tah hanya itu, Ruwat desa juga kami harapkan menjadi ajang silaturahmi sesama warga, untuk mempererat tali silaturahmi antar warga. Untuk menciptakan desa Jogoloyo, yang guyup rukun dan lebih maju lagi. (Why)

Check Also

BPN Jombang Bagikan 700 Sertifikat Tanah PTSL Kepada Warga Desa Tanggungan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jombang, membagikan 700 sertifikat tanah pada warga Desa Tanggungan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!