godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Pemerintah / Mensos Kunjungan Ke Magetan Tinjau Jembatan Putus Akibat Banjir

Mensos Kunjungan Ke Magetan Tinjau Jembatan Putus Akibat Banjir

MAGETAN, NusantaraPosOnline.Com-Menteri Sosial (Mensos RI) Tri Rismaharini kunjungi lokasi yang mengalami kerusakan jembatan di wilayah Kecamatan Kawedanan desa Ngunut untuk memberikan bantuan serta melihat langsung kondisi pembangunan jembatan utama penghubung antar desa tersebut pasca banjir.  Jumat  (2/4/2021).

Dalam kunjungannya Mensos RI didampingi oleh Bupati Magetan,Suprawoto, Komadan Kodim 0804/Magetan, Kapolres Magetan, Camat Kawedanan, Danramil Kawedanan, Kapolsek Kawedanan, Kepala UPTD Puskesmas Kawedanan, Kepala Desa Ngunut dan Kepala Desa Tladan.

Mensos langsung ke titik lokasi jembatan putus dan korban terdampak banjir di Desa Ngunut, Kawedanan, Magetan. Untuk mengurangi dampak lebih buruk dari banjir dan putusnya jembatan, Mensos menyarankan agar tebing sungai diperkuat dengan bronjong.

“Tadi saya sarankan menggunakan bronjong yang bisa mengurangi gesekan tanah, daripada menggunakan site pile. Bronjong itu mengikuti struktur tanah, karena kan struktur tanahnya lemah sehingga tergerus air. Jadi, inilah kearifan lokal,” kata Risma di lokasi jembatan putus Desa Ngunut.

Mensos bercerita, di zaman dahulu, masyarakat biasa menggunakan batang bambu untuk tiang jembatan. Hal itu dengan pertimbangan untuk mengantisipasi struktur tanah yang lemah. “Tapi ini sekedar saran ya. Nanti silakan dikaji lebih mendalam dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dilaporkan bahwa rencana perbaikan sarana umum akan dilakukan dalam waktu segera. Untuk langkah awal, rencananya akan dilakukan pemasangan bronjong di pinggir aliran sungai agar tanah bisa menjadi kuat.

Pada kunjungannya ke lokasi terdampak banjir Magetan, Mensos juga menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir. Bantuan logistik Kemensos kepada warga terdampak banjir berupa makanan siap saji 240 paket, makanan anak 114 paket, matras 50 paket dan kasur 50 paket dengan total nilai Rp 53.438.334.

Mensos turut menyampaikan duka mendalam kepada masyarakat terdampak. Ia berharap masyarakat tetap sabar, terus berdoa agar kondisi segera pulih seperti sedia kala dan kehidupan warga bisa segera normal.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos turut didampingi oleh Bupati Magetan, Hadi Suprawoto serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Magetan. (Edy)

Check Also

Program TMMD Reguler Ke-112 Di Desa Duyung Trawas Resmi Ditutup

MOJOKERTO, NusantaraPosOnline.Com-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-112 di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!