godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , September 25 2021
Home / Daerah / Musim Kemarau Debit Air Sungai Musi Menurun, Sedimentasi Terus Bertambah
Sungai musi Palembang

Musim Kemarau Debit Air Sungai Musi Menurun, Sedimentasi Terus Bertambah

PALEMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dalam musim kemarauselama lebih kurang satu bulan terakhir ini, terjadipenyusutan yang tinggi permukan air Sungai Musi Palembang Sumsel, dan anak sungai lainnya.

Hal tesebut dikatakanKepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) Birendrajana menurut dia, penyusutan ini terjadi akibat musim kemarau yang melanda, bahkan penyusutan debit air cukup besar di wilayah curam. Tidak hanya debit air, sedimentasi sungai juga semakin bertambah.

“Penyusutan ini terjadi bukan cuma di Sungai Musi dan anak sungainya seperti Sungai Sekanak bahkan sungai besar Sumsel lain seperti Sungai Lematang dan anak sungainya,” katanya.

Biren menjelaskan, debit air yang menurun dan juga sedimentasi sungai yang  bertambah berdampak pada pengelohan air bersih yang dilakukan PDAM Tirta Musi Palembang.

Menurut Biren, kondisinya suatu wilayah semakin berada di hulu sungai maka akan semakin terlihat penurunannya, bisa mencapai empat meter lebih.

“Kami selaku penyediaan air baku untuk kebutuhan air bersih.  Air Baku itu yang di ambil Intake yang kemudian akan di proses lebih lanjut masuk dalam Water Treatment plant (WTP)” jelas Biren

Kendati demikian penuruan debit air Sungai Musi ini, menurut Biren, tidak akan mempengaruhi jumlah kebutuhan air bersih di Palembang.  PDAM Tirta Musi harus melakukan ektra proses pengelohan air bersih dari air baku yang disediakan melalui Intake.

“Dengan sedimentasi yang sama di saat debir air menyusut, pengelolahan air bersih harus lebih ektralagi” Ujarnya. (Jun)

Check Also

Personel Gabungan Gelar Operasi Yustisi Dan Pembagian Masker Gratis Di Pasar Pedas

Ngawi, NusantaraPosOnline.Com-Antisipasi angka penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Ngawi, personel gabungan yang terdiri dari TNI, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!