godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Desember 4 2020
Home / Pemerintah / Optimalkan Pengunaan Air, Pemdes Alang Alang Caruban Bangun Jaringan Irigasi
Kades Alang alang Caruban, Zuniati (seragam dinas) bersama tim dari Dirjen SDA BBWS Brantas, dan HIPPA Tani makmur, melakukan pengecekan untuk memastikan proyek jaringan irigasi, dikerjakan sesuai perencanaan.

Optimalkan Pengunaan Air, Pemdes Alang Alang Caruban Bangun Jaringan Irigasi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa (Pemdes) Alang alang caruban, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jaringan irigasi yang dibiayai dari program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI). 

Kepala desa (Kades) Alang-alang Caruban, Zuniati, mengatakan tahun ini Pemdes Alang alang caruban, mengadakan kegiatan pembangunan jaringan irigasi, dengan panjang 250 m kanan kiri (250 m x 2 = 500 m), bangunan tersebut berlokasi di Daerah Irigasi (DI) desa Alang alang caruban.

Kades Alang alang Caruban, Zuniaati (seragam dinas) melakukan pengawasan untuk memastikan pelaksanaan proyek jaringan irigasi, berjalan baik dan sesuai perencanaan.

“Pembangunan tersebut menelan biaya Rp 195 juta, yang bersumber dari P3-TGAI dari Dirjen SDA Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (Kementrian PUPR) atau dari APBN 2020. Pelaksanaan dilapangan dikerjakan oleh Himpunan petani pemakai air (HIPPA) Tani Makmur, desa Alang alang caruban.” Kata Zuniati. Rabu (11/11/2020).

Pengerjaan dilakukan dengan skema Padat karya tunai (PKT) melibatkan warga dusun setempat, untuk pemberdayaan warga. Bangunan mulai dikerjakan pada akhir Juli 2020 dan saat ini bangunan sudah selesai 100 pesen.

“Pembangunan ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan air irigasi untuk pertanian di desa setempat. Diharapkan dengan adanya pembangunan jaringan irigasi ini dapat meningkatkan produktifitas lahan pertanian, dan bisa mengatasi kekurangan air dilahan pertanian warga.” Ujar Kades, yang sudah menjabat tiga periode ini.

Ketua HIPPA Tani Makmur, Imron, di lokasi proyek jaringan irigasi yang sudah selesai dibangun dengan program P3-TGAI 2020

Zuniati mengaku, bahwa program P3-TGAI ini sangat membantu para petani, kami berharap kepada Dirjen SDA Kementrian PUPR terus mengulirkan program ini. Karena bantuan P3-TGAI ini untuk merevitalisasi jaringan-jaringan tersier yang sebelumnya saluran irigasi dari tanah diubah dengan lapisan semen atau pasangan batu, untuk menjaga efisiensi air agar sesuai kebutuhan tidak terbuang percuma.

“Jadi program ini banyak manfaatnya, sebab jika berfungsi dengan baik bisa meningkatkan produksi padi dari ketersediaan air. Oleh karena itu Saya juga berharap desa Kami tahun berikutnya diberi kembali bantuan P3-TGAI atau bantuan sejenis, agar petani didesa kami bisa ikut serta meningkatkan ketahanan pangan nasional, dan petani bisa sejahtera.” Kata Zuniati, berharap, dapat bantuan kembali.

Atas nama pemerintah desa, dan petani Desa Alang alang caruban, saya mengucapkan terima kasih kepada Dirjen SDA Kementrian PUPR, BBWS Brantas, Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya, yang telah mengalokasikan bantuan P3-TGAI untuk desa Kami. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada, Hj Sadarestuwati anggota komisi V DPR RI yang telah mengupayakan agar desa kami memperoleh bantuan P3-TGAI.” Ucap Zuniati.

Bangunan jaringan irigasi yang sudah selesai dibangun dengan program P3-TGAI 2020

Ditempat terpisah ketua HIPPA ‘Tani Makmur’ Desa Alang alang caruban, Imron, menjelaskan bantuan P3-TGAI yang diterima Pemdes Alang alang caruban sebesar Rp 195 juta, dalam pelaksanaan proyek kita (HIPPA) Tani makmur, yang mengerjakan.

“Pengerjaan dimulai pada Juli 2020, dan pada akhir Aktober 2020 bangunan jaringan irigasi sudah selesai 100 persen, kini bangunan sudah difungsikan. Dari awal hingga akhir pengerjaan berjalan lancar, berkat kekompakan dan kerja keras HIPPA Tani makmur, Pemdes, BPD, dan dukungan warga setempat.” Kata Imron.

Imron, menambahkan, kami selaku petani sangat senang dan berterima kasih, kepada Pemdes Alang alang caruban, dan Dinas terkait, yang telah membangun jaringan irigasi untuk petani. (Ris/Snt)

Check Also

Dinilai Curang, Pelantikan Perangkat Desa Ngogri Jombang Didemo Warga

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepala desa Ngogri Kecamatan Megaluh, kabupaten Jombang, Agus Lishartatik, didemo warganya sendiri. Sabtu (28/11/2020). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!