Hukrim  

OTT Bupati Kepulauan Meranti, KPK Amanakan 25 Orang

Bupati Meranti Muhammar Adil

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Kepulauan Meranti, Riau, Muhammar Adil menjadi sorotan media setelah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT), pada Kamis (6/4/2023) malam.

Adil ditangkap bersama 25 orang lainnya, termasuk pejabat strategis dilingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan pihak swasta. OTT ini merupakan OTT perdana pada 2023.

“Sejauh ini tim KPK mengamankan 25 orang terdiri dari Bupati, Sekda, Kepala Dinas dan Badan, Kepala Bidang dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti serta ajudan Bupati dan pihak swasta. Saat ini, puluhan pihak yang terjaring OTT itu sedang dibawa dari Meranti menuju Jakarta.,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (7/4/2023).

Firli menjelaskan bahwa saat ini KPK tengah mendalami dugaan korupsi yang dilakukan Bupati Meranti Muhammad Adil, dan beserta sejumlah pejabat dan swasta.

Dia mengatakan bahwa perkara yang tengah didalami ini didominasi oleh kasus dugaan suap dan fee proyek dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bupati yang lantang menyuarakan dana bagi hasil (DBH) minyak itu juga diduga menerima potongan uang persedian (UP), ganti uang persedian (GUP), serta penerimaan lainnya pada 2021 sampai dengan 2023 yang juga disebut cukup besar.

Dalam OTT tersebut, KPK juga telah mengamankan barang bukti berupa uang yang kini jumlahnya masih dihitung.

“Mengenai jumlah uang besar atau pun kecil itu bukan utama dalam pembuktian unsur korupsi. Sedikit atau banyak sama saja itu perbuatan korupsi, bahkan menerima janji pun bila itu ada transaksi terkait penyalahgunaan jabatan sebagai penyelenggara sudah masuk kategori tindak pidana korupsi,” Tandasnya. (Bd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!