Pemdes Gempollegundi Jombang Bangun Jalan Dan TPT Dari BKK Kabupaten

Bangunan jalan aspal hotmix di Dusun Legundi - Dusun Metuk, Desa Gempollegundi yang sudah selesai dibangun dengan BKK Jombang 2022. Selasa (20/9/2022)

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Gempollegundi, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Melaksanakan pembangunan infrastruktur desa. Kali ini Pemdes Gempollegundi membangun infrastruktur jalan lingkungan berupa jalan Aspal Hotmix dan Tembok Penahan Jalan (TPJ) yang di biayai dari program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang berasal dari APBD Jombang tahun anggaran 2022.

Bangunan jalan aspal hotmix yang dibangun tersebut berlokasi di Dusun Legundi sampai Dusun Metuk dengan Volume 230 m x 2,6 m x 5 cm anggaran Rp 115  juta Sedangkan Pembangunan TPJ berada di Dusun Legundi pasangan Batu Kali dengan Volume 111m x 2,6m dengqn anggaran Rp 190 juta.

Nampak warga Desa Gempollegundi berjibaku semangat dalam melaksanakan pembangunan TPJ yang dibiayai dari BKK Jombang 2022. Selasa (20/9/2022)

Kepala Desa (Kades) Gempollegundi, Sagiyan Taruna Alip, S.Pd.i , mengatakan total pembangunan hotmix dan TPJ tersebut menghabiskan biaya Rp 305 juta, yang bersumber dari program BKK dari APBD Jombang tahun anggaran 2022.

“Pengerjaan pembangunan dilakukan secara swakelola, dan melibatkan tenaga kerja dari warga setempat. Hal ini untuk pemberdayaan masyarakat.” Kata Sagiyan. Selasa (20/9/2022).

Sagiyan menjelaskan, sebelum dibangun jalan aspal hotmix, sebelumnya jalan aspal kondisinya sudah rusak parah. Berkat BKK tahun ini, bisa di bangun jalan Aspal Hotmix.

“Pembangunan hotmix ini bertujuan, untuk meningkatkan aktifitas perekonomian warga dan jalan tersebut merupakan salah satu akses menuju sekolah, pertanian dan lain-lain. Dengan bangunan jalan yang baik, aktifitas perekonomian dan pendidikan warga bisa lancar, diharapkan bisa mensejahterakan warga setempat.” Tuturnya.

Nampak warga Desa Gempollegundi berjibaku semangat dalam melaksanakan pembangunan TPJ yang dibiayai dari BKK Jombang 2022. Selasa (20/9/2022)

Kepala Desa Gempollegundi menjelaskan, pengerjaan proyek dilakukan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Gempollegundi, pengerjaan aspal hotmix kita mulai pada Jumat (16/09/2022) saat ini sudah selesai dan untuk pembangunan TPJ sedang dalam tahap pengerjaan dengan mengambil tenaga kerja 25 dari warga setempat.

Pembangunan TPJ yang terletak di sepanjang tepi jalan lingkungan dusun Legundi, Sebelumnya TPJ itu kondisi sangat berbahaya lawan longsor, TPJ ini akses untuk membuang air per dusun kalau tidak terbangun itu akan berbahaya bagi masyarakat

“Dengan dibangunnya TPJ ini bertujuan untuk menguatkan badan jalan agar jalan tidak cepat rusak, dan tidak tergerus air saat musim hujan tiba. Selain itu pembangunan TPJ ini berfungsi untuk penataan lingkungan, dengan adanya TPJ Jalan lingkungan terlihat rapi dan kuat.” Ungkapnya.

“Saya atas nama warga dan pemerintah desa Gempollegundi, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jombang, dan dinas terkait lainya, juga mengucapkan terima kasih kepada.

Bangunan jalan aspal hotmix di Dusun Legundi – Dusun Metuk, Desa Gempollegundi yang sudah selesai dibangun dengan BKK Jombang 2022. Selasa (20/9/2022)

Heri Santoso, S.T dari Fraksi PKS dan Sri Endah Wahyuningsih Fraksi PDIP, yang sudah mengupayakan agar desa Gempollegundi mendapat bantuan BKK tahun 2022 ini.” Ucapnya.

Sementara itu Ketua TPK (Tim pengelola kegiatan) Desa Gempollegundi Sampun mengatakan.

“Kami selaku pelaksana kegiatan (TPK) telah berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan jalan aspal hotmix dan TPJ ini terlaksana dengan baik sesuai dengan RAB yang sudah ada.” Kata Sampun. Selasa (20/9/2022).

Sampun menambahkan, pengerjaan proyek dilakukan dengan cara swakelola, melibatkan warga setempat. Untuk tenaga ahli didampingi orang luar, karena untuk mendampingi pengerjaan jalan aspal ini butuh orang yang ahli, agar hasil pekerjaan bisa baik tepat mutu.

“Jadi proyek ini bisa menyerap tenaga kerja warga setempat, lumayan bisa untuk membantu warga sekitar, dalam bentuk upah kerja. Dengan bantuan upah kerja ini kan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari” Ujarnya.

Nampak warga Desa Gempollegundi berjibaku semangat dalam melaksanakan pembangunan TPJ yang dibiayai dari BKK Jombang 2022. Selasa (20/9/2022)

Sampun menambahkan, pembangunan jalan aspal hotmix dan TPJ ini mendapat sambutan baik dari warga.

“Karena proyek ini sudah lama diidam-idamkan warga. Alhamdulillah berkat bantuan program BKK dari APBD Jombang 2022 ini, keinginan warga dapat terwujud.” Ujar Sampun.  (Ris/Sin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!