Pemdes Jatiduwur Jombang Realisasikan BKK Bangun Jalan Rabat Beton

Penampakan jalan rabad beton di Desa Jatiduwur, yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dengan BKK 2024. Jumat (7/6/2024). (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos/ Rurin).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Guna mendukung aktifitas ekonomi warganya, Pemerintah Desa (Pemdes) Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa timur, membangun jalan lingkungan jenis rabat beton bertulang, sepanjang 108, meter, dan lebar 4 meter.

Kepala Desa (Kades) Jatiduwur, Kabupaten Jombang, Subardi mengatakan, jalan rabat beton yang dibangun tersebut berlokasi di dusun Jatiduwur.

“Pembangunan jalan tersebut menelan biaya Rp 100 juta, yang bersumber dari program Bantuan keuangan khusus (BKK) dari APBD Jombang 2024.” Terang Subardi.

Dikatakanya, pembangunan jalan ini, berdasarkan usulan dari warga. Yang telah diusulkan melalui Musyawarah Desa (Musdes) proses musyawarah antara Pemerintah desa, Badan permusyawaratan desa (BPD), dan unsur masyarakat.

“Pembangunan ini, disambut gembira dari warga setempat. Karena warga memang sudah lama menginginkan agar jalan tersebut diperbaiki / dibangun. Karena sebelumnya, jalan tersebut sangat tidak layak. Berkat bantuan BKK tahun ini, Alhamdulillah jalan berhasil kami bangun.” Ungkap Kades Subardi.

Jalan rabad beton di Desa Jatiduwur, yang sudah selesai dikerjakan. Dibangun dengan BKK 2024. Jumat (7/6/2024). (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos/ Rurin).

Menurut Subardi, jalan yang dibangun tersebut memang sangat dibutuhkan oleh warga sekitar, dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Ia menjelaskan, pengerjaan pembangunan dilaksanakan secara swakelola oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) desa Jatiduwur. Saat ini, bangunan jalan sudah selesai terbangun 100 persen. Sudah dapat digunakan oleh warga, selaku penerima manfaat pembangunan.

“Tujuan pembangunan jalan rabat beton dari BKK 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur desa, sekaligus untuk menjawab usulan dari warga. Selain itu, juga bertujuan untuk mendukung aktifitas warga sehari-hari.” Tuturnya.

Melalui pembangunan jalan ini, sambung Subardi, diharapkan dapat melancarkan dan mendukung aktifitas warga sehari-hari, misalnya aktifitas ekonomi, pertanian, pendidikan dan lain-lain. Sehingga bisa berdampak kepada peningkatan kesejateraan warga.

Subardi menambahkan, saat ini jalan yang dibangun tersebut sudah bagus, dan layak. “Kami berharap pembangunan ini, dapat membawa banyak manfaat bagi warga.” Imbuhnya.

Suasana saat pengerjaan jalan rabat beton didesa Jatiduwur, yang dibiayai dari BKK 2024. (FOTO : Dok Koran Nusantara Pos/ Rurin).

Sementara itu, ketua TPK Desa Jatiduwur Mochammad Yaod mengatakan, pengerjaan pembangunan jalan rabat beton dari BKK tersebut, sekarang ini pekerjaan sudah rampung 100 persen.

“Untuk tenaga kerja, semuanya diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan terhadap warga. Jadi proyek BKK ini, juga menciptakan lapangan kerja bagi warga.” Kata Yaod. Jumat (7/6/2024).

Menurut Yaod, pembangunan jalan ini, mendapat sambutan positif dari warga setempat. Dari awal pengerjaan sampai selesai berjalan lancar, berkat dukungan dari masyarakat setempat.

“Semoga pembangunan jalan rabat beton, dari BKK 2024 ini, membawa kemajuan desa Jatiduwur dalam segala bidang.” Ungkapnya.***

Pewarta : RURIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!