godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , November 25 2020
Home / Pemerintah / Pemdes Mujoduwur Bangun TPT 400 Meter Dari Dana Bantuan Hibah Pemkab Jombang
Proyek pembangunan TPT di Desa Mojoduwur yang dibiayai dari Bantuan Keuangan khusus, dari PAPBD Jombang 2019 sebesar Rp 125 juta. Foto : Sinta

Pemdes Mujoduwur Bangun TPT 400 Meter Dari Dana Bantuan Hibah Pemkab Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Geliat pembangunan yang melibatkan ribuan warga di desa-desa di Kabupaten Jombang, Jawa timur, terlihat semarak menyusul direalisasikannya dana Bantuan keuangan khusus (BKK) atau bantuan hibah dari Pemkab Jombang tahun 2019, yang disalurkan kepada masing-masing rekening Pemerintahan Desa.

Kades Mojoduwur Imam Baihaki (tengah) berpose bersama stafnya di kantor desa Mojoduwur.

Pemerintahan Desa (Pemdes) Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, misalnya, Kepala Desa Imam Baihaki, memanfaatkan datangnya dana BKK tahun 2019 itu untuk membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi dusun Mojoduwur lor.

“Puluhan masyarakat tampak bersemangat membangun TPT di disepanjang tepi jalan jurusan menuju ketempat pemakaman umum (TPU)  di desa setempat. Pembangunan TPT itu dimaksudkan agar jalan yang ada tidak longsor atau amblas,” kata Kades Mojoduwur, Imam Baihaki kepada wartawan koran ini.

Panjang TPT yang dibangun kata Kades Mojoduwur Imam Baihaki, mencapai 400 Meter. TPT di tepi jalan menuju ke TPU. Dengan adanya pembangunan TPT tersebut mampu menahan tanah longsor atau amblas yang pada akhirnya TPT itu dapat memperkokoh badan jalan dan pondasi jalan.

Menurut Imam Baihaki, dana yang digunakan untuk membangun TPT itu bersumber dari Bantuan keuangan khusus (BKK) tahun 2019 yang bersumber dari PAPBD Jombang 2019. Sebelum membangun TPT itu, Pemdes Mojoduwur melaksanakan Musrenbangdes guna merumuskan rencana pembangunan yang dilaksanakan Tahun 2019. Kegiatan Musrenbang itu antara lain menampung aspirasi masyarakat yang menginginkan pembangunan TPT  menuju TPU.

Bangunan TPT di Desa Mojoduwur yang dibiayai dari Bantuan Keuangan khusus, dari PAPBD Jombang 2019 sebesar Rp 125 juta. Foto : Sinta

Setelah melalui proses penganggaran, akhirnya pada tahun anggaran 2019 ini pembangunan TPT sepanjang 400 Meter berhasil dilaksanakan Pemdes Mojoduwur. “Mudah-mudahan bangunan ini banyak membawa manfaat bagi masyarakat Desa Mojoduwur,” ujarnya.

Untuk melaksanakan pengawasan pekerjaan di lapangan dalam membangun TPT, Kades Mojoduwur Imam Baihaki, mempercayakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) kepada Kasun Maschut.Tenaga kerja sebanyak 15 orang semuanya diambilkan dari warga setempat, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat setempat.

“Bangunan TPT tersebut mulai dikerjakan pada Nopember 2019, saat ini bangunan sudah selesai 100 persen.” Imbuh Imam Baihaki. (Sinta/Riska)

Check Also

PT Pos Indonesia Mulai Salurkan Bansos Tunai Tahap 8, Realisasi Capai 31 Persen

Penyaluran BANSOS TUNAI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!