Ekobis  

Pemkab Jombang Salurkan Bantuan Beras CPP Di Sambirejo Wonosalam

Suasana penyaluaran bantuan beras di Balai Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam. Kamis (1/2/2024).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang melaksanakan Penyerahan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) berupa beras, di Balai Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Kamis (1/02/2024).

Penyaluaran bantuan beras itu, dilakukan secara simbolis oleh Pj Bupati Jombang Sugiat, yang hadir bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Sugiat. Masing-masing Penerima Bantuan Pangan (PBP) mendapat 10 Kg beras.

Sugiat mengtakan, bahwa bantuan pangan dari Pemerintah ini dalam rangka memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah bertujuan agar rumah tangga / keluarganya memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya.

“Bantuan ini diberikan, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat, melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah.” Kata Sugiat.

Pj Bupati Jombang Sugiat, didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Jombang Yayuk Sugiat, menyerahkan secara simbolis bantuan beras, di Balai Desa Sambirejo, Kec Wonosalam. Kamis (1/2/2024).

Bantuan pangan ini merupakan bantuan pangan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional, bekerjasama dengan Perum Bulog selaku operator. Sambungnya.

Sugiat menandaskan, tujuan pemberian bantuan pangan ini sangat jelas dan terarah. Selain menjadi intervensi pemerintah untuk meringankan beban pengeluaran penerima bantuan pangan, kami juga berkomitmen dalam menangani kerawanan pangan dan kemiskinan.

Dikatakanya, upaya ini sekaligus menjadi bagian dari strategi pemerintah dalam menanggulangi inflasi di Kabupaten Jombang”, tandasnya.

“Bantuan pangan ini merupakan solusi terpadu untuk memastikan akses pangan masyarakat terjamin. Dengan adanya kolaborasi ini, kami berharap mampu memberikan rasa aman dan kesejahteraan bagi para warga.” tambahnya.

Pj Bupati pun berharap, penyaluran cadangan pangan pemerintah (CPP) berjalan dengan lancar dan penerima bantuan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pungkasnya.

Nur Kamalia, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang dalam laporanya menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Kabupaten Jombang menerima bantuan pangan sejumlah 120.963 Penerima Bantuan Pangan (PBP).

Suasana penyaluaran bantuan beras di Balai Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam. Kamis (1/2/2024).

Sedangkan pada tahun sebelumnya, yakni 2023, alokasi bantuan PBP yang diterima oleh Jombang adalah sebanyak 118.812 orang.

Secara keseluruhan, kecamatan Wonosalam mendapatkan alokasi sebanyak 4.158 PBP pada tahun 2024, sedangkan pada tahun 2023 jumlahnya mencapai 4.464 PBP.

“Desa Sambirejo mengalami peningkatan bantuan beras untuk 457 PBP pada tahun 2024, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu 2023, yang sejumlah 423 PBP. Peningkatan ini menunjukkan upaya yang terus dilakukan untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan pangan di tingkat lokal, khususnya di desa Sambirejo.” Katanya.

Dia menyebutkan, bantuan pangan ini akan disalurkan selama periode 6 bulan, mulai dari bulan Januari hingga Juni 2024. Bantuan ini berupa komoditi beras, di mana setiap PBP akan menerima alokasi sebanyak 10 kg beras.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Camat Wonosalam, Direktur Utama PT. Yasa Artha, Kepala Desa Sambirejo ***

Pewarta : DINDA PERTIWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!