godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , Oktober 28 2020
Home / Pendidikan / Pengadaan 40 Ribu Komputer di Kemendikbud Rawan Penyimpangan
Febri Hendri

Pengadaan 40 Ribu Komputer di Kemendikbud Rawan Penyimpangan

JAKARTA (nusantaraposonline.com) – LSM Pegiat antikorupsi dari Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Hendri mengatakan pengadaan 40.000 unit komputer oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) amat berisiko. “Pengadaan laboratorium komputer yang ratusan unit saja bermasalah, apalagi puluhan ribu komputer,” ujar Febri di Jakarta, Minggu (8/1).

Sebagaimana kita ketahui Kemendikbud akan mengadakan 40.000 unit komputer di tahun 2017 ini, untuk penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). ICW tak sependapat jika pengadaan komputer hanya diperuntukkan bagi UN saja.

Febri mengatakan, Kemdikbud harus bisa menjelaskan rancangan penggunaan komputer oleh sekolah selain penggunaan untuk UN. Bahkan menurut pengamatan dia, banyak pengadaan komputer dan alat teknologi yang tidak digunakan karena berbagai hal seperti kurangnya sumber daya yang menguasai peralatan tersebut.

“Lagi pula, UN bisa saja dihapuskan jika rezim politik berganti. Jika hal itu terjadi, maka pembelian komputer menjadi sia-sia,” kata dia.

Kemendikbud menargetkan pelaksanaan UNBK untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 80 persen, Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga 40 persen. Agar target UNBK dapat terlaksana, akan dikeluarkan kebijakan ujian tidak akan serentak dilaksanakan pada hari yang sama sehingga siswa yang sekolahnya tidak memiliki komputer dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

Kemendikbud mengurangi jumlah mata pelajaran yang akan diujikan dan siswa dipersilakan memilih mata pelajaran yang disukainya. Mata pelajaran yang akan diujikan pada UN untuk jenjang SMP adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Mata pelajaran yang diuji dalam USBN, Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.

Untuk SMA mata pelajaran UN, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Untuk USBN, Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah, dan tiga mata pelajaran sesuai program studi siswa.

Untuk jenjang SMK, mata pelajaran UN Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Untuk USBN, Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Kompute. (bd)

Check Also

UN 2019 Dipercepat, Akibat Ada Pemilu Serentak

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com- Pemerintah pusat membuat keputusan memajukan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pelajar SD, SMP dan …

3 comments

  1. Yth.seluruh pimpinan kementerian pendidikan dan kebudayaan.
    Perkenalkan kami Expedisi emmylia jaya expres..
    Adalah perusahan yg punya andel penting dlm distribusi computer PSB/LEB keseluruh indonesia timur,tahun 2014/2015/2016′
    Kami ingin sampaikan kepada pemrintah,jangan ad lg perusahan jasa forwading yg maling uang negara,kami yg cukup tau byk rahasia computer bantuan,karna kami yg hadapi kendala di lap ngan pada saat distribusi,dan jangan menipu uang negara lg dlm proses distribusi komputer/brg lain ke seluruh sekolah di indonesia timur,kami lebih pahan lokasi,karna kami yg melakukan distribusi selama tender 2 tahun,tp diujung di tipu perusahan kami,bukti dr in,kami telah menahan computer LEB/PSB sebagai jaminan selama in tdk bisa membayar kami perusahan pemenang tender dan logistiknya,kami siap bantu kementrian pendidikan dlm expedisi in,kami kuasai semua daratan 14 propinsi di indonesia tengah dan timur..
    Berkenan pemerintah menghubungi kami,karna kami lebih pahan seluruh lokasi,kabupaten,kecematan ,desa seluruh indonesia timur,karna yg melakukan distribusi ke 500 lebih sekolah,kami siap memberikan penawaran jasa expedisi yg terbaik,demi uang negara tdk habis di ambil parah korupsi..trmh ksh..

  2. Marilah kita memperbaiki bangsa kita,
    Dan kami expedisi yg menguasai darat indonesia tengah,timur siap membantu negara dlm distribusi alat /brg kementerian pendidikan,karna kami yg berhasil distribusi computer LEB/PSB,
    Keseluruh 14 propinsi sampai pelosok perbatasan negara..
    Hermat kami….
    Expedisi Emmylia jaya express

  3. Yth.seluruh kementerian RI.
    Kami.Expedisi Emmylia jaya express.
    Siap membantu negar a,dlm distribusi brg brg kesuruh kawasan Indonesia tengah dan timur ,ke 14 propinsi,kami berpengalaman dlm distribusi computer kementerian pendidikan tahun 2014,2015-2016,para pemenang tender logistiknya,adalah perusahan yg menipu kami,dan untuk semua tau,bwh dlm kasus in,korupsi besar telah terjadi,kami hanya minta negara hadir,selamatkan uang neg ra ,kami siap membantu memberikan penew aran harga pengriman barang kesuruh wilayah,dengan harga terbaik,dijamin uang negara tdk ad korupsi..
    Semoga semua instansi pemerintah melihat hal in,dan kami siap membantu negara.trmh ksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!